​10 Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan 2024 

​Mulai dari kesehatan hingga bayar zakat!

​10 Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan 2024 

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Tak terasa, bulan Ramadan sudah didepan mata, ya. Bulan suci umat Islam ini memiliki makna yang sangat dalam bagi kehidupan spiritual mereka. Salah satu yang wajib ditunaikan di bulan Ramadan adalah ibadah puasa. Bukan hanya menahan haus dan lapar, puasa juga mengharuskan umat muslim menahan nafsu dan memperbanyak ibadah. 

Sebelum kamu memulai berbagai rangkaian ibadah di bulan suci Ramadhan, ada baiknya untuk mempersiapkan diri lahir dan batin. Selain harus memulai bulan Ramadhan dengan hati yang bersih, kamu juga harus mempersiapkan fisikmu agar tetap bugar selama menjalani puasa.

Nah, untuk membantu persiapan Ramadan yang perlu kamu lakukan, Yummy App sudah merangkum berbagai persiapan menyambut bulan Ramadan 2024 di bawah ini. Yuk, simak Sobat Yummy!

1. Membayar hutang puasa tahun lalu

perempuan muslim berhijab
ilustrasi perempuan muslim (freepik.com)

Ketika umat muslim melakukan puasa Ramadan, beberapa orang boleh tidak menjalankan puasa karena alasan tertentu. Contohnya, untuk wanita hamil, wanita haid, seseorang yang sakit, dan orang yang berada di perjalanan jauh. Maka dari itu, keringanan yang diberikan ini akan di bayar dengan puasa lagi dilain waktu. 

Membayar hutang puasa atau qadha puasa hukumnya adalah wajib. Jadi, pastikan untuk memasukan membayar hutang puasa dalam persiapan menyambut bulan Ramadan kamu ya. Namun, jika kamu tidak sanggup atau ada keterbatasan untuk qadha puasa, kamu bisa membayarnya dengan cara Fidyah.

Fidyah adalah denda yang wajib umat muslim bayar untuk menggantikan ibadah yang wajib dilakukan, salah satunya adalah puasa. Fidyah ini dilakukan dengan cara memberikan bahan pokok sebesar satu mud beras (675 gram) kepada satu fakir miskin untuk satu hari puasa yang ditinggalkan. 

2. Persiapan harta untuk zakat

sekantung gandum
ilustrasi membayar zakat dengan beras atau gandum (freepik.com)

Persiapan menjelang bulan Ramadan yang selanjutnya adalah persiapan untuk melakukan zakat. Bukan hanya untuk kebutuhan sehari-hari. Harta yang harus kamu persiapkan juga untuk kewajiban membayar zakat fitrah. 

Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan untuk setiap umat muslim yang mampu secara materil. Pembayaran zakat fitrah ini selalu dilakukan pada bulan suci Ramadan hingga menjelang Idul Fitri. Jika kamu tergolong orang yang mampu, maka harta yang harus kamu sisihkan senilai 2,5 kg atau 3,5 kg beras.

3. Menahan diri dan memaafkan sesama

pertemanan dan menjalin silaturahmi perempuan hijab
ilustrasi menjalin silaturahmi (freepik.com)

Hal penting lainnya yang harus kamu lakukan dalam persiapan menyambut bulan Ramadan adalah hati yang bersih. Bulan yang penuh dengan ampunan ini akan memberikan kamu banyak pahala jika berbuat baik. Maka dari itu, sebelum Ramadhan datang biasakan untuk bermaaf-maafan dengan saudara maupun kerabat. Tingkatkan juga kegiatan yang baik sehingga dapat meningkatkan keimanan dan makna berpuasa di bulan Ramadan.

4. Coba untuk mulai bangun tidur lebih awal

perempuan bangun tidur
ilustrasi perempuan bangun tidur (pexels.com/Thirdman)

Salah satu godaan bagi orang yang berpuasa adalah susah untuk bangun sahur. Meskipun butuh waktu untuk terbiasa dan demi meminimalisir kesiangan saat sahur, coba untuk bangun lebih awal di hari sebelumnya. Biarkan tubuhmu beradaptasi dengan kegiatan barumu sebulan kedepan. 

Baca Juga: 6 Tips Aman Puasa untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

5. Perbanyak ibadah dan ilmu agama

perempuan mengaji al quran
ilustrasi perempuan mengaji (freepik.com)

Selain mulai untuk menahan diri dan memaafkan sesama, kamu juga perlu memperbanyak ibadah dan belajar banyak ilmu. Meskipun beribadah dan menuntut ilmu sudah menjadi kewajiban, tapi alangkah lebih baiknya lebih kamu tingkatkan.

Contohnya, dengan membaca kitab suci setiap hari, memberi santunan anak yatim, dan membaca berbagai literatur yang berkaitan dengan bulan suci Ramadan. Dengan cara ini, ibadah puasa kamu akan jauh lebih bermakna.

6. Mulai memperhatikan konsumsi air

minum air putih
ilustrasi minum air putih (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ketika berpuasa, cairan tubuh akan membutuhkan hidrasi yang sama seperti hari-hari yang lain. Jika kamu termasuk orang yang susah untuk minum air putih, coba untuk membiasakan diri mengkonsumsi 2 liter air sehari dari sekarang.

Minum air putih saat puasa mungkin akan sedikit tricky. Tapi, kamu bisa mengikuti jadwal minum air putih seperti berikut:

  • 1 gelas sebelum tidur;
  • 1 gelas setelah bangun sahur;
  • 1 gelas selepas sahur;
  • 1 gelas saat berbuka puasa;
  • 1 gelas setelah salat Magrib;
  • 1 gelas setelah makan malam;
  • 1 gelas setelah salat Isya;
  • 1 gelas setelah salat Tarawih;

Baca Juga: Berapa Gelas Air Putih yang Harus Diminum Saat Puasa?

7. Olahraga agar selalu bugar

jogging pagi
ilustrasi jogging (pexels.com)

Kesiapan fisik juga diperlukan saat kamu memasuki bulan suci Ramadan. Olahraga kecil seperti jalan dan bersepedah bisa jadi pilihan untuk bulan puasa. Luangkan waktu 30 menit sehari untuk olahraga setiap harinya agar badan tetap fit selama Ramadan. Nah, agar kamu terbiasa, coba untuk lakukan olahraga dari sekarang.

Selain olahraga, jangan lupa untuk cek kesehatan secara berkala. Jika kamu memiliki penyakit seperti hipertensi, diabetes, asam lambung dan lainnya coba untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran yang pas dengan kondisi tubuh. 

8. Mempersiapkan kebutuhan puasa

pasangan sedang belanja
ilustrasi pasangan sedang belanja (pexels.com/Jack Sparrow )

Puasa tidak menghalangi seseorang beraktivitas seperti biasa. Dengan kesibukanmu setiap harinya, akan lebih baik jika kamu mempersiapkan segala kebutuhan puasa mulai dari sekarang.

Coba buat list keperluan seperti, sayur, buah, bumbu, dan lauk pauk yang kamu butuhkan selama sebulan ada beberapa minggu kedepan. Setelah itu, kamu bisa berlanja kebutuhanmu beberapa hari sebelum Ramadan tiba. Cara ini bisa menghemat waktumu dan kamu bisa beraktivitas dengan tenang.

9. Membuat menu sahur dan berbuka

resep dan bahan-bahan masakan
ilustrasi resep dan bahan-bahan masakan (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Hal tersulit saat berpuasa bisa jadi adalah membuat menu sahur dan berbuka. Tapi, hal ini bisa kamu atasi dengan mencicil list menu makanan untuk sahur dan berbuka di bulan sebelumnya, lho!

Pilih makanan yang mudah dibuat dan memiliki kandungan air yang banyak. Untuk menu sahur dan makanan pastikan dengan karbohidrat baik untuk berbuka agar energimu terisi kembali.

10. Mempersiapkan hampers lebaran untuk kerabat

bertukar hampers lebaran
ilustrasi bertukar hampers lebaran (pexels.com/RODNAE Productions)

Hal yang bisa kamu persiapkan sebelum Ramadan datang adalah memikirkan ide hampers untuk Idul Fitri. Beberapa orang menjalankan tradisi membagikan hampers kepada orang terkasih saat lebaran.

Jika kamu salah satunya, memikirkan ide hampers dari jauh hari akan membuat hampersmu semakin menarik. Bukan cuma itu, kamu juga bisa lebih fokus beribadah nantinya. 

Nah, itulah beberapa persiapan menyambut bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan. Semoga tips tadi membantu ya, Sobat Yummy. Selamat berpuasa!

Baca Juga: ​5 Tips Olahraga Saat Puasa Tanpa Bikin Badan Lemas

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Dapur Nisa

Dapur Nisa

Sambal Goreng Buncis Lebaran #JagoMasakMinggu11

Sambal Goreng Buncis Lebaran #JagoMasakMinggu11

(4.9)

6 langkah

5.0 rb

Artikel Lainnya di tips