7 Manfaat Ikan Marlin untuk Kesehatan

Simak beragam manfaat ikan marlin untuk kesehatan

7 Manfaat Ikan Marlin untuk Kesehatan

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Hai, Sobat Yummy! Siapa di sini yang suka makan ikan, khususnya ikan marlin? Ikan marlin adalah jenis ikan laut yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Ikan marlin merupakan ikan laut besar dengan tubuh ramping, paruh panjang yang runcing, dan sirip punggung tinggi. Mereka tersebar di perairan hangat dan tropis di seluruh dunia dan sering menjadi target pemancingan sport karena perlu 'pertarungan' yang cukup sengit untuk mendapatkan mereka.

Secara ekologis, ikan marlin juga penting karena berperan sebagai predator puncak yang membantu menjaga keseimbangan populasi ikan lainnya di ekosistem laut. Namun, di sisi lain, ikan marlin juga enak dan mudah dimasak dengan berbagai cara.

Dalam artikel ini, Yummy App akan membahas 7 manfaat mengonsumsi ikan marlin untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Ikan Marlin

Kandungan Nutrisi Ikan Marlin
(bradleysfish.com)

Ikan marlin kaya akan nutrisi penting. Berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin D, vitamin B12 dan omega-3 dapat ditemukan dalam ikan marlin. Ikan marlin juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang bagus untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh kita.

Melansir website All-Fish, dalam 100 gram fillet daging ikan marlin terdapat nutrisi sebagai berikut:

  • Nilai kalori (kalori) 507 kJ / 121 kkal
  • Lemak 3,2 gram
  • Asam lemak jenuh 0 gram
  • Karbohidrat 0 gram
  • Gula 0 gram
  • Protein 23,4 gram
  • Garam 0,6 gram.

Manfaat Ikan Marlin

ikan marlin
Ilustrasi ikan marlin (angari.org/Hannes Ribbner)

Ikan marlin memiliki banyak nutrisi yang nyatanya memberikan banyak manfaat bagi tubuh. untuk cek apa saja manfaat yang diberikan, simak rangkuman Yummy App di bawah ini, yuk!

1. Manfaat ikan marlin untuk jantung

Ikan marlin adalah sumber omega-3 yang baik. Omega-3 adalah asam lemak yang telah terbukti menguntungkan bagi kesehatan jantung. Mengonsumsi ikan marlin dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner yang merupakan penyebab utama kematian di dunia.

2. Manfaat ikan marlin untuk kesehatan mata

Omega-3 pada ikan marlin juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Makan ikan marlin secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mengurangi risiko gangguan mata yang disebabkan oleh usia, seperti degenerasi makula.

3. Manfaat ikan marlin untuk perkembangan otak

Ikan marlin juga mengandung asam docosahexaenoic (DHA), sejenis omega-3 yang bermanfaat bagi kesehatan otak, khususnya dalam perkembangan otak pada bayi dan anak-anak. Selain itu, DHA juga telah ditemukan dapat memperlambat penurunan fungsi otak pada orang dewasa.

Baca Juga:  10 Resep Ikan Tongkol Enak, Praktis Mudah Dibuat 

4. Manfaat ikan marlin untuk kesehatan tulang

masakan dari fillet daging ikan marlin
Ilustrasi masakan dari fillet daging ikan marlin (shop.pier38fishmarket.com)

Ikan marlin kaya akan vitamin D, nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang. Vitamin D membantu tubuh kita menyerap kalsium dan fosfor, dua mineral penting untuk kesehatan tulang. Oleh karena itu, konsumsi ikan marlin dapat membantu menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

5. Manfaat ikan marlin untuk kesehatan kulit dan rambut

Ikan marlin adalah sumber yang baik untuk protein, vitamin D, dan omega-3. Semua nutrisi ini adalah elemen penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Mengkonsumsi ikan marlin secara teratur dapat membantu menjaga kulit dan menguatkan rambut Sobat Yummy.

6. Manfaat ikan marlin untuk kesehatan pencernaan

Ikan marlin mengandung protein yang mudah dicerna, menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan. Ikan marlin juga rendah kalori, yang membuatnya ideal untuk diet seimbang.

7. Manfaat ikan marlin untuk sistem kekebalan tubuh

Ikan marlin kaya akan selenium, mineral penting yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas. Dengan konsumsi ikan marlin secara teratur, sistem kekebalan tubuh kita akan selalu terjaga.

Baca Juga: 10 Resep Ikan Kembung Berbagai Olahan, Mudah Dibuat!

Seperti yang Sobat Yummy lihat, ikan marlin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Jadi jangan ragu untuk menambahkan ikan marlin dalam diet Sobat Yummy. Semakin banyak mengonsumsi ikan marlin, semakin banyak manfaat yang kita dapatkan. Selamat mencoba resep ikan marlin dan tetap sehat!

Jika ingin mengetahui informasi lebih banyak lagi mengenai kuliner dan nutrisi dari beragam hidangan, yuk unduh Yummy App.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ummu Alfard

Ummu Alfard

Marlin Goreng Tepung Sambal Dabu

Marlin Goreng Tepung Sambal Dabu

(5.0)

5 langkah

407

Laila Dawud

Laila Dawud

Pao Ikan Simpel Tanpa Tang Mien

Pao Ikan Simpel Tanpa Tang Mien

(5.0)

50 mnt

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi