Macam-macam Zat Gizi yang Wajib Ada dalam Makanan

Jalani hidup berkualitas dengan mengonsumsi gizi seimbang

Macam-macam Zat Gizi yang Wajib Ada dalam Makanan

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Mengutip pernyataan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F. Moeloek, masalah kesehatan yang paling umum dialami oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah kurang tinggi badan (stunting), kekurangan gizi, obesitas, dan anemia.

Permasalahan tersebut berangkat dari permasalahan tidak terpenuhinya gizi seimbang yang seharusnya dimiliki seseorang untuk dapat dikategorikan ke dalam kondisi tubuh yang sehat dan ideal. Dan tentu saja hal tersebut berkaitan pula pada kondisi perekonomian seseorang untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan.

Tapi jauh dari itu, sudahkah Sobat Yummy tahu apa saja gizi seimbang yang diperlukan untuk tubuh? Setiap makanan yang kita konsumsi setiap harinya memiliki kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh, namun yang perlu menjadi perhatian adalah apakah setiap unsur gizi tersebut sudah merata atau belum.

Kementrian Kesehatan dalam PMK No. 28 Tahun 2019 menentukan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang diperlukan bagi tubuh manusia terdiri atas 8 unsur zat gizi yang wajib dikonsumsi dan wajib ada dalam makanan sehari-hari.

Unsur-unsur tersebut terdiri atas energi, protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, air, dan serat.

Untuk contoh makanan dari masing-masing unsur tersebut bisa dilihat di bawah ini ya, Sobat Yummy!

1. Energi

1. Energi
iStockphoto.com

Energi dihitung dari aktivitas fisik berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin. Setiap orang memiliki kebutuhan energi yang berbeda berdasarkan tiga faktor tersebut. Penting untuk mengonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan kalori harian.

2. Protein

Protein merupakan unsur penting yang mendukung pertumbuhan dan regenerasi sel tubuh, serta menjadi sumber energi. Protein terdiri dari protein nabati dan juga hewani. Kita dianjurkan untuk mengonsumsi kedua jenis protein tersebut setiap harinya.

Contoh makanan protein nabati adalah kacang-kacangan seperti tahu, tempe, atau jenis kacang lainnya. Sementara protein hewani terdiri dari daging-dagingan, susu, dan juga telur.

Namun, hindari memasak protein dengan suhu tinggi karena dapat merusak proteinnya. Sebaiknya, mengolah sumber protein adalah dengan dipanggang atau dikukus.

3. Karbohidrat

Karbohidrat adalah zat gizi yang memiliki peran penting dan paling utama bagi tubuh. Berdasarkan struktur kimia, terdapat karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Kedua sumber karbohidrat ini tentunya dapat dengan mudah dijumpai pada makanan sehari-hari yang kita konsumsi.

Karbohidrat sederhana menghasilkan glukosa atau yang lebih dikenal dengan gula. Glukosa sangat penting bagi sel-sel di tubuh, terutama otak karena berfungsi menghasilkan energi. Contoh makanannya adalah nasi putih.

Sementara karbohidrat kompleks memiliki serat dan rantai gula yang lebih panjang dibandingkan karbohidrat sederhana sehingga akan lebih lama untuk diserap tubuh. Hal ini akan menciptakan rasa kenyang lebih lama, sehingga cocok dikonsumsi bagi yang sedang melakukan diet. 

Dibanding karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks memiliki indeks glikemik (IG) yang lebih rendah. IG merupakan kandungan yang dapat meningkatkan kadar glukosa darah sehingga lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah seperti karbohidrat kompleks, terutama bagi penderita diabetes. Contoh makanannya adalah: beras merah, gandum, quinoa, jelai, kacang merah, kacang lentil, dan jagung.

Baca Juga: Karbohidrat Kompleks dan Contoh Makanannya

4. Lemak

Lemak merupakan cadangan energi yang melindungi organ tubuh yang terdiri dari lemak jenuh dan lemak tidak jenuh.

Lemak jenuh dapat mengganggu fungsi tubuh di antara karena dapat menggumpalkan darah sehingga mengganggu peredaran darah di dalam tubuh. Banyak ditemukan pada produk hewani seperti daging merah, mentega, dan susu murni.

Sementara lemak tidak jenuh memiliki kandungan kolesterol LDL yang lebih sedikit dibandingkan lemak jenuh. Lemak jenuh dapat meningkatkan antibodi dan menurunkan risiko serangan jantung. Lazim ditemukan pada produk nabati seperti minyak sayur, alpukat, kacang-kacangan, dan juga terdapat pada ikan-ikanan.

5. Serat

Serat berguna dalam menjaga dan mendukung proses pencernaan. Penting agar mengonsumsi makanan berserat seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan serelia. Beberapa buah yang mengandung serat tinggi di antaranya adalah; pepaya, pisang, sirsak, dan apel. 

Sementara untuk sayur-sayuran, yang bisa kamu konsumsi ada wortel, brokoli, buncis, dan daun kelor.

6. Vitamin

Vitamin memiliki peranan penting untuk tubuh dapat berfungsi dengan baik. Dengan kadar vitamin yang tepat, imun dan daya tahan tubuh akan terjaga dan metabolisme tubuh pun akan menjadi lancar.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi seimbang, beberapa makanan yang mengandung vitamin baik bagi tubuh bisa kamu temukan pada banyak jenis sayuran maupun buah-buahan.

7. Mineral

Mineral juga terdapat dalam banyak jenis sayuran dan buah-buahan. Fungsinya tak lain ialah untuk membantu menjaga fungsi sel di tubuh. Jika kebutuhan mineral atau vitamin lewat makanan sehari-hari belum terpenuhi, kamu bisa mengonsumsi vitamin atau tablet tambahan dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan.

8. Air

Memastikan tubuh mendapatkan cairan yang cukup setiap harinya merupakan hal yang wajib kamu lakukan! Agar seluruh unsur gizi di atas dapat diproses dengan baik, kamu juga perlu memastikan tubuhmu terhidrasi dengan cukup.

Umumnya untuk orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi 2 liter air dalam sehari atau setara dengan 8 gelas per hari.

Itulah 8 unsur zat gizi yang wajib dipenuhi beserta contoh makanannya. Pemenuhan gizi seimbang sangat diperlukan agar tubuh dapat bekerja optimal dan kita dapat menjalani hidup yang lebih berkualitas.

Selain memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, jangan lupa dibarengi dengan aktivitas fisik seperti berolahraga ya, Sobat Yummy!

Penulis: Ikhsanny Novira Ishlah

Baca Juga: 10 Pilihan Sayuran yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Quinoa Salad With Grilled Chicken

Quinoa Salad With Grilled Chicken

(4.8)

35 mnt

6.0 rb

Artikel Lainnya di nutrisi