Apa Itu Makanan Fungsional? Pengertian, Jenis, dan Manfaat Bagi Tubuh

Panduan lengkap mengenai makanan fungsional bagi tubuh

Apa Itu Makanan Fungsional? Pengertian, Jenis, dan Manfaat Bagi Tubuh

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Makanan fungsional tidak hanya memberikan asupan nutrisi bagi tubuh, tapi juga memiliki fungsi kesehatan tertentu. Mari telusuri lebih lanjut apa itu makanan fungsional, jenis-jenis dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh hanya di Yummy App. Yuk, simak selengkapnya!

Apa itu makanan fungsional?

Kalau Sobat Yummy pernah mendengar istilah makanan fungsional, mungkin Sobat Yummy bertanya-tanya apa sebenarnya makanan fungsional itu? Menurut European Commission Concerted Action on Functional Food Science in Europe (FUFOSE), makanan fungsional adalah makanan yang terbukti bisa memberikan satu atau lebih manfaat untuk tubuh seperti menjaga kebugaran dan mengurangi risiko penyakit.

Makanan fungsional juga memiliki beberapa istilah lain, yaitu Health food, Functional food, Nutraceutical, dan masih banyak lagi. Makanan fungsional yang diproses secara alami atau pengolahan tertentu juga mempunyai fungsi untuk menjaga ketahanan imun tubuh.

Jenis-jenis makanan fungsional

makanan fungsional
Ilustrasi makanan fungsional (pexels.com/Ella Olsson)

Makanan fungsional dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bahan dan cara pengolahan.

1. Berdasarkan sumber makanan

Sumber makanan fungsional terbagi menjadi dua jenis yakni sumber makanan nabati yang berasal dari tumbuhan dan sumber makanan hewani yang berasal dari hewan. Contoh sumber makanan nabati adalah bayam, tomat, kacang-kacangan, dsb. Sedangkan contoh sumber makanan hewani adalah daging ayam, daging sapi, ikan, dsb.

2. Berdasarkan cara pengolahan

Ada makanan fungsional alamiah yang dapat langsung dimakan, seperti sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan. Ada juga makanan fungsional hasil proses secara tradisional, seperti tape, bandrek, dan lainnya. Kemudian, ada juga makanan fungsional hasil proses secara modern, antara lain jus kemasan, sosis, roti kemasan, dsb.

Manfaat bagi tubuh

Seorang perempuan sedang makan sayur
Ilustrasi makan sayur (freepik.com/drazenzigic)

Makanan fungsional memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Makanan ini dapat membantu melawan berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Selain itu, makanan fungsional juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh, meningkatkan fungsi otak, dan membantu menjaga berat badan ideal. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi makanan fungsional harus seimbang dengan asupan nutrisi lainnya dan tidak bisa menggantikan obat-obatan medis.

Baca Juga: Apa itu Makanan Sehat? Ketahui 7 manfaat makanan sehat!

Contoh makanan fungsional

kacang-kacangan sebagai contoh makanan fungsional
Ilustrasi kacang-kacangan sebagai contoh makanan fungsional (pexels.com/Marta Branco)

1. Sayuran

Ada banyak contoh makanan fungsional yang bisa kita temukan sehari-hari. Sebut saja brokoli, yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu melawan sel kanker. Selain itu, ada juga bayam, bunga kol, sawi, dan masih banyak lagi.

2. Buah-buahan

Buah menjadi salah satu makanan fungsional yang sangat praktis untuk dikonsumsi dan mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Beberapa buah-buahan yang dapat Sobat Yummy konsumsi, yakni pisang, jeruk, apel, pir, kiwi, dan sebagainya.

3. Makanan laut

Makanan laut telah dikenal akan nutrisinya yang tinggi. Oleh karena itu, makanan laut juga dapat digolongkan sebagai makanan fungsional. Mulai dari ikan, udang, kerang, hingga cumi-cumi, tak hanya bermanfaat bagi tubuh tetapi juga memiliki rasa yang sangat lezat.

4. Makanan fermentasi

Tempe adalah salah satu contoh makanan fungsional hasil proses, yang mengandung probiotik untuk kesehatan usus. Selain tempe, ada juga kimchi, kombucha, tape, dan sebagainya.

5. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Contoh dari biji-bijian yang disarankan untuk dikonsumsi antara lain, oats, nasi cokelat, buckwheat, dan whole grain. Sedangkan untuk kacang-kacangan, Sobat Yummy dapat mengonsumsi almond, kacang tanah, kacang mede, dan pistachios.

Dua jenis makanan tersebut sama-sama mempunyai kandungan yang baik bagi tubuh.

Baca Juga: 5 Makanan Sumber Protein Hewani untuk Nutrisi Optimal

Jadi, itulah pengertian, jenis-jenis, manfaat, dan contoh makanan fungsional bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi makanan fungsional, manusia tidak hanya mendapatkan asupan nutrisi, tapi juga dapat memanfaatkan fungsi kesehatannya. Percayalah, menjaga kesehatan tubuh itu penting dan makanan fungsional bisa menjadi salah satu cara yang bisa Sobat Yummy manfaatkan.

Nah, jika Sobat Yummy ingin mengetahui lebih banyak lagi, yuk, unduh Yummy App dan temukan beragam informasi terkait.

Penulis: Bella Charina Putri

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Puding Buah-Buahan

Puding Buah-Buahan

(5.0)

120 mnt

391

Artikel Lainnya di nutrisi