5 Makanan Sumber Protein Hewani untuk Nutrisi Optimal

Temukan sumber protein hewani yang dibutuhkan tubuh

5 Makanan Sumber Protein Hewani untuk Nutrisi Optimal

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Protein hewani faktanya merupakan salah satu asupan gizi yang berperan krusial dalam mendukung pertumbuhan dan pemulihan tubuh. Menurut Kemenkes, protein hewani mengandung asam amino esensial yang lebih lengkap daripada protein nabati. Selain itu, protein nabati juga mudah diserap oleh tubuh serta mampu memperbaiki jaringan tubuh. 

Protein hewani dikenal sebagai sumber nutrisi yang lengkap dan memiliki efek yang menyehatkan tubuh. Oleh karena itu, Yummy App merangkum lima makanan sumber protein hewani terbaik untuk nutrisi tubuh Sobat Yummy. Yuk, simak!

1. Daging tanpa lemak

daging tanpa lemak untuk ibu hamil muda
ilustrasi daging tanpa lemak (freepik.com)

Daging tanpa lemak ada di posisi atas sebagai sumber protein hewani yang sangat berlimpah. Dalam 3 ons penyajian daging tanpa lemak, Sobat Yummy bisa mendapatkan hingga 18 gram protein. Sangat cocok sebagai menu utama untuk memenuhi kebutuhan protein harian.

Tak hanya itu, daging juga diperkaya akan beragam vitamin dan mineral. Degan mengonsumsi daging sapi tanpa lemak, Sobat Yummy ikut membantu menjaga metabolisme tubuh dan massa otot.

2. Susu

ilustrasi minum susu sapi
ilustrasi minum susu sapi (freepik.com/freepik)

Susu dan berbagai produk olahannya adalah sumber protein hewani yang baik. Mengandung kalsium dan vitamin D, susu dan produk olahannya akan membantu mencegah terjadinya osteoporosis.

Selain itu, sebagai sumber kalsium, susu juga baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Dengan mengonsumsi secangkir susu dengan kadar lemak 1 persen, tubuh akan memperoleh protein sebanyak 8 gram beserta 103 kalori. 

Baca Juga: 7 Manfaat Telur Ayam Kampung, Ciri, dan Bedanya dengan Ayam Negri

3. Telur

ilustrasi telur ayam
ilustrasi telur ayam (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Telur merupakan makanan sehat yang kaya akan protein hewani yang mudah dicerna oleh tubuh. Sebutir telur memiliki kurang lebih 7 gram protein, 78 kalori, dan berbagai vitamin serta mineral penting lainnya. Telur juga cocok dijadikan menu sarapan untuk menjaga energi sepanjang hari.

4. Ikan

ilustrasi daging ikan salmon
ilustrasi daging ikan salmon (freepik.com/yastremskaolga)

Berbagai jenis ikan laut dan tawar juga dapat menjadi sumber protein hewani yang baik. Di dalam 1 ons ikan, terdapat asupan protein sekitar 6,5 gram. Selain itu, ikan juga kaya akan omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak.

5. Makanan laut lainnya

seafood makanan yang mengandung zat bezi
ilustrasi aneka seafood (pexels.com/Francesco Ungaro)

Udang, kerang, dan makanan laut lainnya juga memiliki kandungan protein hewani yang berlimpah. Dalam 100 gram udang, misalnya, terdapat 24 gram protein. Sering-sering mengkonsumsi makanan laut dapat membantu memenuhi kebutuhan protein tubuh.

Tak hanya protein saja, tiap-tiap makanan laut juga mengandung beragam manfaat baik yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kandungan antioksidan dalam udang yang mampu mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Ikan Segar dan Berkualitas Baik

Protein hewani memang jauh lebih dari sekadar protein. Melalui protein hewani ini, Sobat Yummy tidak hanya mendapatkan asupan protein, tetapi juga nutrisi lainnya seperti vitamin dan mineral yang sangat penting untuk tubuh. Jadi, cobalah variasikan menu makan dengan berbagai makanan sumber protein hewani di atas untuk nutrisi tubuh yang optimal.

Nah, jika Sobat Yummy ingin mengetahui lebih banyak lagi, yuk, unduh Yummy App dan temukan beragam informasi terkait.

Penulis: Bella Charina Putri

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Heny Rosita

Heny Rosita

Udang Rebus Seledri

Udang Rebus Seledri

(5.0)

5 langkah

recooks-0
Welly Herlina

Welly Herlina

Susu Jahe

Susu Jahe

(5.0)

10 mnt

1.1 rb

Artikel Lainnya di nutrisi