5 Makanan Penyebab Vertigo yang Perlu Diwaspadai

Yuk, lebih hati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman!

5 Makanan Penyebab Vertigo yang Perlu Diwaspadai

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Tahukan kamu, ternyata vertigo bukanlah sebuah penyakit, melainkan symptoms (gejala) yang menandakan adanya masalah kesehatan yang mendasarinya.

Dikutip dari Medical News Today, vertigo adalah sensasi pusing yang berputar. Di mana, seseorang merasa ruangan dan lingkungan sekitarnya bergoyang atau berputar-putar disekelilingnya. 

Vertigo juga dapat terjadi bersamaan maupun menimbulkan gelala lain, seperti sakit kepala, mual, muntah, hingga telinga berdenging. Sensasi pusing dan berputar yang dirasakan penderita vertigo dapat berlangsung dalam rentang waktu yang berbeda-beda pada tiap orang, tergantung pada penyebabnya.

Umumnya, gejala vertigo terjadi karena adanya masalah pada telinga bagian dalam atau otak. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan seseorang terkena vertigo, salah satunya yaitu makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Berikut 5 makanan penyebab vertigo yang perlu Sobat Yummy waspadai serta cara-cara mengatasi gejala vertigo. Simak penjelasannya, ya!

1. Makanan Tinggi Gula

Permen sebagai produk dengan kandungan gula tinggi
ilustrasi permen (pixabay.com/Daria-Yovleva

Hal pertama yang perlu diwaspada agar terhindar dari vertigo yaitu makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi. Makanan dan minuman yang tinggi gula dapat meningkatkan volume cairan dan tekanan cairan di dalam telinga, yang dapat memicu vertigo dan sakit kepala.

Sebagai antisipasi, ada baiknya untuk membatasi asupan gula harianmu agar tidak lebih dari 50 gram sehari, atau setara dengan 4 sendok makan.

2. Makanan Tinggi Garam

Makanan kaleng makanan yang awet tanpa kulkas
ilustrasi makanan kaleng (unsplash.com/murielle hunt)

Dikutip dari Livestrong, mengonsumsi garam berlebih dapat menyebabkan retensi air (kelebihan air) pada tubuh, yang mempengaruhi keseimbangan dan tekanan cairan. Kelebihan garam pada makanan juga dapat mengganggu mekanisme keseimbangan di telinga bagian dalam, yang dapat memicu terjadinya vertigo.

Untuk itu, hindari makanan dengan kandungan garam yang tinggi seperti keripik, makanan kalengan, makanan cepat saji, acar, atau popcorn. 

3. Kafein

Minuman bersoda
ilustrasi minuman bersoda (unsplash.com/amandajudd)

Selain kopi dan teh, makanan dan minuman seperti cokelat, minuman energi, dan minuman bersoda juga memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi.

Konsumsi kafein yang tinggi, menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Dehidrasi membuat  cairan di dalam tubuh menjadi tidak seimbang yang memicu gejala vertigo. Selain itu, kafein yang berlebih juga dapat meningkatkan sensai berdenging di telinga.

Baca Juga: 8 Manfaat Coklat untuk Kesehatan Tubuh, Jenis dan Tipsnya

4. Alkohol

makanan yang harus dihindari saat sedang batuk
ilustrasi minuman beralkohol (freepik.com/tirachardz)

Mengonsumsi alkohol dapat memicu berbagai penyakit, termasuk vertigo. Mengutip dari Healthy Hearing, alkohol dapat mengubah volume dan komposisi cairan di telinga bagian dalam, sehingga menimbulkan rasa pusing dan ketidakseimbangan yang memperburuk gejala vertigo. Alkohol juga menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan ketidakseimbangan cairan dalam tubuh.

5. Makanan dengan Tiramin

Yoghurt dengan taburan granola dan strawberry
ilustrasi yoghurt (pixabay.com/poncephotography)

Tiramin merupakan senyawa organik yang umum ditemukan dalam makanan seperti hati ayam, yoghurt, daging yang diawetkan, atau buah-buahan tropis.

Umumnya, tiramin terbilang aman untuk dikonsumsi. Namun, pengaruh tiramin pada tubuh tiap orang bisa berbeda-beda. Konsumsi tiramin berlebih juga dapat memicu migrain dan kondisi lain yang beresiko menimbulkan gejala vertigo. 

Cara Mengatasi Vertigo

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja jenis makanan penyebab vertigo, kan? Selanjutnya, kamu juga perlu mengetahui cara mengatasi vertigo agar bisa berantisipasi di kemudian hari. 

Berikut beberapa cara mengatasi vertigo yang bisa dilakukan:

1. Tetap tenang dan atur napas

Saat sedang mengalami vertigo, usahakan untuk tetap tenang dan cobalah untuk duduk atau berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi. Pejamkan mata sambil menarik napas dalam, untuk mengurangi gejala mual dan sensasi berputar.

2. Jaga asupan cairan dalam tubuh

Kamu juga perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Tubuh yang mengalami dehidrasi dapat memicu vertigo hingga memperburuk gejala vertigo.

Selain air putih, cobalah untuk mengonsumsi teh jahe. Pasalnya, teh jahe dapat membantu meredakan gejala mual dan muntah pada penderita vertigo.

3. Berlatih fokus pada satu objek

Pada gejala vertigo ringan, kamu bisa mengatasinya dengan melatih fokus dan konsetrasi. Caranya, saat mengalami vertigo cobalah untuk memfokuskan padangan pada satu objek yang ada di sekitarmu.

4. Jangan bangun tidur dengan tergesa

Untuk mencegah vertigo muncul saat bangun tidur, jangan bangun dari tempat tidur secara mendadak. Bangun secara perlahan, mulai dari posisi duduk dan tahan setidaknya satu menit, baru berdiri dari tempat tidur untuk melanjutkan aktivitasmu.

Selain cara-cara di atas, perhatikan juga makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Selain menghindari 5 jenis makanan penyebab vertigo di atas, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan yang dapat membantu memperbaiki bahkan menghilangan gejala vertigo, seperti kuning telur, tuna, kacang-kacangan, jahe, dan sayur-sayuran. 

Merujuk pada WebMD, salah satu penelitian menunjukkan penderita vertigo berkaitan dengan kurangnya kadar vitamin D pada tubuh. Maka dari itu, pastikan kamu memperoleh asupan vitamin D yang cukup, baik dari makanan maupun sinar matahari.

Itulah 5 makanan penyebab vertigo serta cara-cara mengatasinya. Perhatikan lagi konsumsi makanan serta pola hidup Sobat Yummy, agar tetap sehat dan tehindar dari gejala vertigo, ya.

Jika kamu ingin menemukan resep, nutrisi, maupun rekomendasi kuliner lainnya. Kamu bisa download Yummy App! Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Penulis: Citra Irhamna

Baca Juga: ​Makanan Sumber Vitamin D Tinggi, Bukan Cuma Suplemen!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

nayla ulinnuha

nayla ulinnuha

Wedang Jahe Kunyit Serai

Wedang Jahe Kunyit Serai

(5.0)

10 mnt

1.8 rb

Artikel Lainnya di nutrisi