7 Rekomendasi Makanan yang Aman untuk Sariawan

​Mengunyah dengan nyaman meski sedang sariawan

7 Rekomendasi Makanan yang Aman untuk Sariawan

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Meski sariawan cenderung bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari tanpa treatment apapun, namun rasa sakitnya sering kali bikin nggak nyaman. Selain sulit makan dan mengunyah, saat berbicara pun terasa perih.

Rasa sakit ini dapat menurunkan selera makan yang akan berdampak pada penurunan asupan nutrisi harian. Untuk itu, kamu perlu memilih makanan-makanan yang nyaman dikonsumsi agar tubuh tetap mendapat suplai energi.

Berikut Yummy App rekomendasikan daftar makanan untuk sariawan yang aman dikonsumsi agar kamu tidak perlu meringis setiap kali mengunyah. Jangan biarkan rasa sakitnya menghambat asupan gizimu, ya.

1. Bubur

1. Bubur

Bubur bisa dijadikan salah satu pilihan makanan saat sedang mengalami sariawan. Teksturnya yang lembut tidak akan membuat mulut melakukan gerakan mengunyah ekstra.

Namun, perhatikan juga isian pada bubur. Kombinasikan bubur dengan lauk pendamping yang bertekstur lembut seperti jamur. Kamu juga bisa menggunakan potongan ayam atau daging yang dipotong kecil-kecil atau dipotong halus.

Beragam pilihan bubur bisa dinikmati mulai dari bubur ayam, bubur khas Manado dengan khas labu kuning dan kemangi, hingga bubur manis seperti bubur candil atau bubur sumsum.

2. Oats

2. Oats

Oatmeal juga dapat membantumu makan dengan nyaman berkat teksturnya yang lembut. Apalagi oatmeal juga sangat mudah disajikan. Kreasikan juga oatmeal dengan tambahan buah-buahan yang bertekstur lembut agar lebih enak.

3. Yogurt

3. Yogurt

Jika ada makanan yang nyaman dikonsumsi bagi penderita sariawan sekaligus mampu mempercepat kesembuhan, yogurt adalah jawabannya. Kandungan kalsium yang cukup ideal pada yogurt, dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

Yogurt juga sangat mudah ditemukan, sehingga ada baiknya untuk mengonsumsi secara rutin saat sariawan. Yogurt bisa dikombinasikan dengan buah-buahan seperti pisang, stroberi, ataupun bluberi.

4. Salmon

4. Salmon

Protein juga tetap wajib masuk sebagai asupan bagi tubuh. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah ikan salmon.

Salmon memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi dan mampu mempercepat proses pemulihan. Jadi, selain makan dengan nyaman, sariawan juga akan lekas membaik.

Salmon bisa dikukus dengan tambahan bumbu pilihan agar rasanya lebih enak. Bisa disantap langsung atau bersama makanan lembut lainnya seperti bubur dan makanan hangat berkuah.

5. Sayuran hijau

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau juga menjadi salah satu makanan untuk sariawan yang cukup nyaman dikonsumsi. Selain itu, sayuran juga dapat membantu percepatan penyembuhan pada sariawan. Kamu bisa memilih sayuran hijau yang kaya vitamin D seperti brokoli, bayam, selada.

Kamu bisa mengolahnya dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis dengan sedikit minyak hingga teksturnya lembut dan lunak. Pastikan untuk tidak menumis terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang atau menguap, ya.

6. Makanan berkuah

6. Makanan berkuah

Sering kali nafsu makan jadi berkurang saat sariawan. Cobalah untuk membuat sup atau makanan hangat berkuah kaldu yang akan membangkitkan kembali selera makanmu. Rasa hangatnya juga akan membantu meredakan tenggorokan yang terasa tidak nyaman saat sariawan.

7. Alpukat, pisang, dan pepaya

7. Alpukat, pisang, dan pepaya

Selain nikmat, mudah didapat, dan mudah diolah menjadi bahan makanan, ketiga buah ini mengandung nutrisi yang cukup kompleks. Terlebih kandungan vitamin dan serat yang dimiliki ketiga buah ini dapat membantu proses pencernaan dan sumber antioksidan yang baik. 

Alpukat memiliki kandungan vitamin B5, B6, dan vitamin E. Sementara pisang mengandung vitamin C yang populer dengan efek antioksidannya.

Selain vitamin C, di dalam pisang juga terkandung vitamin B6, B9, B2, dan B3, yang memiliki beragam manfaat seperti produksi hemoglobin dan pembentukan sel darah merah, serta pemeliharaan sistem saraf dan kulit.

Tekstur buah yang lembut dan mudah dikunyah tentu akan sangat membantu mengurangi rasa perih para penderita sariawan ketika mengonsumsinya.

Pilihan makanan untuk sariawan di atas, selain membuatmu nyaman saat makan ketika mengalami sariawan, juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhanmu. Selain itu, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi air putih agar tubuh selalu terhidrasi, ya!

Penulis: Ikhsanny Novira Ishlah

Baca Juga:  15 Resep Olahan Alpukat yang Nikmat dan Menyehatkan, Bikin Nagih! 

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Zunita Salim

Zunita Salim

Grilled Salmon Oregano

Grilled Salmon Oregano

(3.0)

7 langkah

777

Artikel Lainnya di nutrisi