6 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Beragam manfaat daun sirih dan efek sampingnya

6 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Daun sirih, yang telah lama diakui dalam pengobatan tradisional, menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang menarik. Artikel ini akan menjelajahi manfaat kesehatan yang terkait dengan penggunaan daun sirih, dari sifat anti-mikroba hingga potensinya sebagai antiseptik alami.

Namun, sementara banyak orang menggembar-gemborkan kebaikan daun sirih, kita juga akan menyelidiki efek samping yang mungkin terkait dengan penggunaannya, termasuk potensi reaksi alergi atau dampak negatif lainnya yang perlu dipertimbangkan sebelum memanfaatkannya dalam pengobatan atau perawatan kesehatan.

Simak informasi kandungan daun sirih, manfaat daun sirih dan efek samping daun sirih dari Yummy App berikut ini.

Kandungan Daun Sirih

ilustrasi daun sirih (flickr.com/sandsan)
ilustrasi daun sirih (flickr.com/sandsan)

Dilansir dari hellosehat, sirih (Piper betle L.) merupakan tanaman merambat yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Fungsi daun sirih melibatkan penggunaannya sebagai penyedap makanan atau bahan obat herbal yang sering ditanam di lingkungan rumah.

Jenis daun sirih meliputi sirih hijau, sirih merah, sirih gading, sirih perak, sirih bulu, sirih Irian, dan sirih hitam.Masyarakat umumnya menanam sirih hijau sebagai tanaman hias dan obat herbal, mengingat sebagian besar daunnya terdiri dari air (85-90%) dengan kandungan kalori rendah (44 kalori per 100 gram) dan lemak (0,4-1%).

Daun sirih juga mengandung berbagai nutrisi seperti protein (3%), iodin (3,4 mcg), natrium (1,1-4,6%), vitamin A (1,9-2,9 mg), asam nikotinat (0,63-0,89 mg), vitamin B1 (13-70 mcg), dan vitamin B2 (1,9-30 mcg). Minyak atsiri dalam daun sirih memiliki sifat antibakteri yang berasal dari senyawa fenolik dan turunannya.

6 Manfaat Daun Sirih

ilustrasi daun sirih (flickr.com/shaepulanwar)
ilustrasi daun sirih (flickr.com/shaepulanwar)

1. Potensi menurunkan gula darah

Studi menunjukkan bahwa minum air rebusan daun sirih dapat membantu mengurangi kadar gula darah, terutama pada individu yang baru saja didiagnosis dengan diabetes tipe 2.

Manfaat daun sirih untuk diabetes ini berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi, yang dapat mengurangi stres oksidatif dan mengatasi ketidakseimbangan hormon insulin yang menjadi penyebab kerusakan sel-sel tubuh. Daun sirih sebaiknya digunakan sebagai pelengkap pengobatan diabetes utama dan tidak sebagai pengganti.

2. Menurunkan kolesterol

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, daun sirih kaya akan antioksidan. Dalam tubuh, eugenol, suatu jenis antioksidan, bekerja melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan berbagai penyakit kronis. 

Daun sirih juga diyakini memiliki potensi mengurangi total lemak dalam darah, mengakibatkan penurunan trigliserida, kolesterol LDL, dan lemak jahat dalam tubuh. Efek menurunkan kolesterol ini bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit seperti hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung.

3. Mempercepat penyembuhan luka bakar

Manfaat daun sirih yang lainnya adalah akselerasi penyembuhan luka, terutama luka bakar, yang terkait dengan kandungan antioksidan. Saat seseorang mengalami luka bakar, stres oksidatif tinggi dapat menghambat proses penyembuhan. Dengan polifenolnya, daun sirih memiliki potensi sebagai antiseptik yang melindungi dari infeksi kuman.

4. Membantu mengatasi depresi

Penelitian menunjukkan bahwa daun sirih dapat membantu mengontrol gejala depresi yang terkait dengan rendahnya kadar serotonin di otak. Sebuah studi dalam jurnal Current Research in Neuroscience (2012) bertujuan memeriksa efek terapi antidepresan dari ekstrak etanol daun sirih. 

Percobaan pada 48 tikus dewasa menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanol 100 mg memiliki efek antidepresan dengan meningkatkan hormon serotonin.

5. Mempertahankan kesehatan saluran pencernaan 

Rebusan daun sirih memiliki potensi untuk meningkatkan produksi lendir pada usus dan lambung, yang dapat efektif mencegah terbentuknya luka pada dinding-dinding usus dan lambung. Manfaat daun sirih membantu mengurangi nyeri lambung, meredakan gejala GERD, serta melindungi usus dari racun dan radikal bebas yang berbahaya. 

Selain itu, manfaat daun sirih juga terlihat dalam kemampuannya menetralkan pH lambung, sehingga mampu meredakan masalah maag, asam lambung naik, dan rasa sakit yang disebabkan oleh perut kembung.

6. Menambah stamina

Diketahui bahwa mengunyah daun sirih dan biji pinang dapat meningkatkan stamina. Karena biji pinang mengandung berbagai zat aktif yang bekerja serupa dengan nikotin, alkohol, dan kafein untuk merangsang tubuh menghasilkan hormon adrenalin. 

Manfaat daun sirih dapat meningkatkan fokus, kewaspadaan, dan energi karna adanya kenaikan hormon.

Baca Juga: 8 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

3 Efek Samping Daun Sirih

ilustrasi daun suruh (flickr.com/jessegrayman)
ilustrasi daun suruh (flickr.com/jessegrayman)

Manfaat daun sirih memiliki potensi besar dalam menjaga kesehatan tubuh, tetapi perlu diingat bahwa penggunaannya sebagai pengobatan alternatif dapat menyebabkan beberapa efek samping.

1. Pemicu kanker

Mengunyah campuran daun sirih, biji pinang, kapur, dan tembakau secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker mulut dan tenggorokan, seperti yang disampaikan oleh penelitian dari World Health Organization Regional Office for the Western Pacific.

2. Luka di mulut

Bahan-bahan yang terkandung dalam sirih bersifat keras dan dapat menyebabkan luka di mulut. Kebiasaan menyirih yang sulit dihentikan dapat mempercepat munculnya efek buruk dan sulit untuk ditangani, bahkan menyebabkan kaku pada mulut dan rahang.

3. Tidak aman untuk ibu hamil

Penggunaan daun sirih belum sepenuhnya dianggap aman untuk ibu hamil. Rekomendasi dari WHO dan ahli kesehatan masyarakat adalah agar ibu hamil menghindari menyirih, karena beberapa penelitian menunjukkan potensi perubahan genetik pada DNA janin dan risiko kelahiran bayi dengan berat badan di bawah normal.

Baca Juga: 9 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Jadi, meskipun ada beberapa manfaat daun sirih seperti meredakan batuk, mengatasi mimisan, dan melindungi saluran pencernaan, penting untuk memahami dan mempertimbangkan potensi efek samping yang mungkin terjadi.

Meskipun ada banyak hal positif dari manfaat daun sirih, penggunaan berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi atau alergi pada beberapa individu. Untuk mendukung gaya hidup sehat, yuk instal aplikasi Yummy untuk mendapatkan resep makanan bergizi secara praktis!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Atik Rusmiyati

Atik Rusmiyati

Jamu Kunyit Asam Sirih

Jamu Kunyit Asam Sirih

(5.0)

5 langkah

5.2 rb

Artikel Lainnya di nutrisi