Filosofi dan Manfaat Salad Yu Sheng bagi Kesehatan

Simbol perayaan Imlek yang sarat pengharapan

Filosofi dan Manfaat Salad Yu Sheng bagi Kesehatan

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Salad bukan hanya sekadar makanan yang enak dan segar, tetapi juga bisa menjadi sumber nutrisi penting bagi tubuh. Salah satunya adalah yu sheng, sebuah salad khas Imlek yang kaya akan manfaat.

Salad yu sheng merupakan salah satu makanan khas Imlek yang terdiri dari ikan mentah, sayuran, dan saus plum. Hidangan ini tidak hanya lezat tetapi juga sarat akan filosofi. Di mana menyantap yu sheng bersama keluarga melambangkan harapan untuk tahun yang lebih baik.

Yu sheng disajikan di tengah meja dan dikonsumsi dengan cara yang unik. Anggota keluarga mengaduk salad ini bersama-sama dengan sumpit, mengangkatnya tinggi-tinggi sambil mengucapkan harapan, menandakan dimulainya tahun baru yang penuh berkah.

Di samping filosofinya yang mendalam, salad yu sheng juga menyimpan kebaikan untuk tubuh. Apa saja manfaat salad yu sheng? Berikut uraiannya.

Khasiat Kesehatan Yu Sheng

Salad Yu Sheng kaya akan manfaat kesehatan berkat komponennya yang beragam, di antaranya:

1. Sayuran dan buah

Yu sheng biasanya terdiri dari sayuran lobak, wortel, timun kyuri, yang dipadukan dengan ubi ungu dan buah-buahan seperti mangga muda dan jeruk Bali. Kombinasi bahan makanan ini mengandung kaya vitamin, serat, dan antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas.

Sayuran pada salad yu sheng merupakan sayuran segar yang direndam dalam air es selama beberapa saat. Cara ini dapat menjaga keutuhan gizi pada sayuran. Kamu juga bisa menambahkan sedikit garam dan gula supaya semakin sedap.

2. Rempah

Jahe putih dan merah tidak hanya menambah sensasi rasa herbal, tetapi juga memiliki senyawa antibakteri yang mengurangi risiko infeksi dari ikan mentah. Rempah lain seperti wijen hitam dan biji labu menyediakan kalsium, antioksidan, dan asam lemak omega yang mendukung kesehatan jantung.

3. Ikan

Sementara itu, ikan mentah, seperti salmon, yang sering digunakan dalam yu sheng, kaya akan asam lemak omega-3 yang mendukung kesehatan jantung.

4. Saus Plum

Menambah rasa dominan pada salad, saus plum yang dibuat dengan sedikit gula dapat menyehatkan jantung berkat kandungan kaliumnya.

Baca Juga: 7 Makanan Imlek Khas Singapura Paling Enak

Itulah beberapa manfaat salad yu sheng yang perlu kamu ketahui. Salad ini bukan hanya lezat, tetapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan salad yu sheng dalam menu makanan sehari-harimu.

Jangan lupa untuk download Yummy App di ponsel kamu, untuk melihat berbagai resep, makanan, dan berbagai minuman lainnya!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

Artikel Lainnya di nutrisi