6 Cara Mengurangi Rasa Pedas pada Makanan atau Masakan 

Biar ga mubazir, guys!

6 Cara Mengurangi Rasa Pedas pada Makanan atau Masakan 

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Memasak adalah momen bereksperimen dengan aneka bahan makanan. Saat mengikuti suatu resep pun, memasak bisa mendatangkan kejutan tak terduga seperti rasa masakan yang hambar, terlalu asin, atau terlalu pedas. 

Kalau itu terjadi, kamu tidak perlu bersusah hati. Sebab, ada banyak cara mengurangi rasa pedas pada masakan, termasuk ketika makanan sudah siap saji.

Tip ini memerlukan bahan tambahan yang berfungsi sebagai penyeimbang rasa. Nah, rincian beragam cara mudah mengurangi rasa pedas akan dijelaskan berikut!

1. Gunakan susu dan produk olahannya

susu dan produk olahannya
ilustrasi susu dan produk olahannya (freepik.com)

Sudah sejak lama susu digunakan untuk mengatasi rasa terbakar di lidah akibat mengonsumsi makanan pedas. Meminum susu terbukti bisa meredakan sensasi panas yang tertinggal di mulut dan perut. 

Nah, untuk alasan yang sama, kita juga dapat memanfaatkan susu sebagai cara mengurasi rasa pedas pada makanan. Rasa pedas menyengat ini sebenarnya berasal dari zat kimia bernama capsaicin yang sering ditemukan pada cabai.

Capsaicin bekerja dengan cara mengikat lidah dan menyebabkan sensasi nyeri yang diartikan sebagai rasa pedas. Di sisi lain, susu dan produk olahannya mengandung protein bernama casein yang mampu mencegah capsaicin melakukan tugasnya. 

Jadi, susu bisa menetralkan rasa pedas makanan dengan baik. Kalau makanan berkuahmu terlalu pedas, kamu bisa tambahkan susu atau krim kental. Namun, kalau jenis hidangannya kering, kamu dapat memilih mentega atau keju sebagai penawar pedasnya.

2. Campur dengan pemanis tambahan

ilustrasi gula pasir
ilustrasi gula pasir (freepik.com/jcomp)

Cara mengurangi rasa pedas pada makanan yang sudah mahsyur ampuh adalah dengan menggunakan pemanis tambahan. Kamu bisa memilih antara gula pasir, gula merah, hingga madu. 

Ketiganya adalah bahan yang kerap dicampur aneka hidangan, termasuk sambal yang terkenal pedas. Gula merah atau aren bisa memberikan rasa yang alami terhadap masakan. 

Namun, jika kamu benar-benar butuh pemanis yang sangat efektif, gula pasir dan madu cocok jadi pilihan. Jangan lupa untuk menambahkan pemanis sedikit demi sedikit, agar makanan tidak berubah menjadi terlalu manis. 

3. Beri makanan asam

Tomat, salah satu jenis sayur yang tidak bisa masuk kulkas
ilustrasi tomat (pixabay.com/Lernestorod)

Selanjutnya, kamu pun bisa memanfaatkan rasa asam sebagai cara mengurangi rasa pedas pada makanan.

Aneka bahan pangan yang bisa menjadi kandidat potensial adalah jeruk nipis, lemon, cuka, asam jawa, hingga tomat. Rasa kecut dari bahan tersebut bisa meringankan rasa pedas yang mendominasi makanan. 

Bila makanan yang terlalu pedas itu berkuah, maka air asam jawa atau cuka bisa melebur baik dengan kuahnya. Sebaliknya, untuk tumisan bisa memakai perasan jeruk nipis atau saus tomat yang lebih sedikit kandungan airnya. 

Saat menambahkan makanan asam, jangan lupa untuk dicicipi agar rasanya tidak terlampau kecut.

Baca Juga: Jangan Panik Dulu, Ini 5 Cara Ampuh Siasati Makanan yang Terlalu Asin!

4. Tambahkan bahan masakan

ilustrasi teknik menumis dalam masak
ilustrasi teknik menumis dalam masak (pexels.com/Kampus Production)

Pada dasarnya, cara mengurangi rasa pedas pada makanan yang paling aman adalah dengan menambahkan bahan masakan yang rasanya netral.

Bahkan ini juga berlaku untuk makanan yang dibeli dari luar, loh. Misalnya seblak yang terlalu pedas, kamu bisa tambahkan sayur kesukaan atau frozen food

Selain itu, menambahkan kaldu yang bisa mengencerkan makanan juga bisa efektif mengurangi pedas karena sajian porsinya menjadi lebih banyak. Trik ini sangat cocok untuk hidangan seperti sup, semur, atau makanan berkuah lain. 

5. Pertimbangkan selai kacang

ilustrasi selai kacang
ilustrasi selai kacang (unsplash.com/Olga Nayda)

Makanan tinggi lemak seperti selai kacang dan kacang-kacangan juga bisa membantu melarutkan minyak dalam capsaicin. Alhasil, bumbu makanan bisa terasa kurang nendang dan meredam rasa pedas. 

Kamu bisa menambah sesendok selai kacang untuk melihat bagaimana perubahannya pada rasa makanan. Jika khawatir rasanya terlalu legit, sebaiknya gunakan bubuk kacang tanah yang rasanya lebih gurih. 

6. Nikmati dengan sumber karbohidrat

menu makan dengan nasi putih
ilustrasi menu makan dengan nasi putih (freepik.com)

Bagaimana jika kamu merasa makananmu sudah sangat enak kecuali rasa pedasnya, dan itu membuatmu enggan mengotak-atik lagi? 

Well, ada cara sederhana untuk menyiasati itu. Sesimpel dengan menyajikan sumber karbohidrat untuk menjadi pasangan makanan pedas. 

Menaruh sedikit nasi di setiap suapan dapat membantu mengatur tingkat kepedasan lebih baik. Sumber karbo lain seperti roti, pasta, atau kentang juga opsi menarik karena rasanya hambar. 

Memasangkan dengan sesuatu yang bertepung dan tawar bisa menjadi cara mengurangi rasa pedas pada makanan yang mudah dan cepat. 

Dengan menggunakan bahan tambahan seperti susu, gula, hingga saus tomat, makanan yang terlalu pedas jadi bisa terselamatkan. Cara mengurangi rasa pedas pada makanan termasuk gampang, tapi tidak boleh digampangkan. 

Hal penting yang perlu diingat adalah takaran saat menambahkan bahan, agar rasanya bisa lebih dikendalikan. Jangan sampai makanan yang semula pedas, rasanya jadi tidak keruan!

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Pedas di Tangan dengan Cepat dan Ampuh

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Alvina Sartikawati

Alvina Sartikawati

Seblak Kuah Pedas

Seblak Kuah Pedas

(4.8)

5 langkah

5.0 rb

Artikel Lainnya di tips