7 Jenis Teknik Potongan Sayur yang Jarang Diketahui Namanya

Hayo, kamu sudah pernah dengar teknik berikut, belum?

7 Jenis Teknik Potongan Sayur yang Jarang Diketahui Namanya

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Sayuran adalah jenis makanan yang berasal dari tumbuhan dan memiliki kadar air yang tinggi. Beberapa di antaranya dapat dikonsumsi mentah tanpa perlu dimasak.

Namun, ada juga beberapa jenis sayuran yang memerlukan proses pengolahan sebelum dikonsumsi seperti direbus atau dikukus. Tujuan untuk memaksimalkan kandungan gizi yang terkandung di dalamnya atau untuk meningkatkan cita rasa dari sayuran tersebut.

Nutrisi yang Terkandung dalam Sayur-sayuran

Berbagai macam sayuran
ilustrasi sayur-mayur (pexels.com/Cottonbro Studio)

Melansir dari Kemkes, beberapa jenis sayuran dapat langsung dikonsumsi mentah, sementara yang lain memerlukan proses pengolahan seperti direbus atau dikukus untuk meningkatkan nilai gizinya atau untuk meningkatkan rasa.

Contohnya, bayam mengandung vitamin A, K, C, folat, dan mineral seperti zat besi, kalsium, dan magnesium. Brokoli kaya vitamin C, K, A, dan serat. Wortel mengandung vitamin A (beta-karoten), K, C, dan kalium. Tomat memiliki vitamin C, A, K, kalium, serta antioksidan lycopene. Semua jenis sayuran ini harus diolah dengan baik untuk menjaga nutrisi dan manfaat kesehatan yang dapat diberikan.

Baca Juga: 10 Resep Infused Water untuk Detox dan Meningkatkan Imunitas

Macam-macam Potongan Sayur

berbagai macam sayur-mayur
ilustrasi sayuran (pexels.com/Viktoria Slowikoska)

Potongan sayur adalah salah satu kunci dalam menciptakan masakan yang menarik, enak, dan menggugah selera. Selain memberikan nilai estetika pada hidangan, potongan sayur yang tepat juga mempengaruhi tekstur dan cara masakan berbaur dengan bahan lain.

Di dunia kuliner, terdapat berbagai macam potongan sayur yang sering digunakan dalam berbagai masakan. 

1. Potongan dadu (Cubes)

Potongan dadu adalah potongan sayur berbentuk kotak dengan sisi yang sama panjang. Ukuran dadu bisa bervariasi, mulai dari yang kecil sekitar 1 cm hingga yang besar sekitar 2,5 cm.

Potongan dadu biasanya digunakan dalam sup, sauté, tumis, atau dalam masakan seperti ratatouille. Potongan dadu memberikan tekstur yang merata dan pas saat dimasak.

2. Potongan julienne

Potongan julienne adalah potongan sayur yang tipis dan panjang seperti korek api. Potongan ini bisa dilakukan dengan tangan atau menggunakan alat khusus julienne peeler.

Sayuran seperti wortel, lobak, atau paprika sering dipotong julienne dan digunakan sebagai hiasan atau dalam salad. Potongan julienne memberikan sentuhan cantik dan kriuk dalam hidangan.

3. Potongan serong (Bias)

Potongan serong adalah potongan sayur yang dipotong dengan sudut miring. Teknik potongan ini sering digunakan pada sayuran seperti wortel atau kentang.

Potongan serong memberikan tampilan yang unik dan elegan pada masakan, dan juga membantu mempercepat waktu masak karena permukaan yang lebih luas memungkinkan sayuran matang lebih cepat.

4. Potongan chiffonade

Salah satu contoh sayuran hijau
ilustrasi sayuran (pexels.com/Anna Guerrero)

Chiffonade adalah teknik potongan sayur berupa daun-daunan yang digulung dan dipotong tipis-tipis membentuk lembaran serupa serpihan.

Sayuran seperti bayam, selada, atau daun basil sering dipotong chiffonade dan digunakan dalam sup, sauté, atau sebagai hiasan hidangan.

Baca Juga: 7 Tips Masak Ikan Bakar agar Bumbunya Meresap, Sudah Tahu Resepnya?

5. Potongan batang (Matchsticks)

Potongan batang adalah potongan sayur yang mirip julienne, tetapi lebih tebal dan pendek seperti korek api. Sayuran seperti wortel atau bawang bombay sering dipotong batang dan digunakan dalam tumis atau hidangan lain yang memerlukan tekstur renyah dan garing.

6. Potongan florettes

Potongan florettes adalah potongan sayur berbentuk bunga-bunga kecil seperti brokoli atau kembang kol. Potongan ini sering digunakan dalam rebusan atau ditumis dengan saus. Potongan potongan memberikan tampilan menarik dan variasi tekstur pada masakan.

7. Potongan lintang (Round)

Potongan lintang adalah potongan sayur berbentuk bundar dan tipis. Sayuran seperti bawang bombay sering dipotong lintang dan digunakan dalam tumis atau sebagai hiasan hidangan.

Potongan sayur yang tepat dapat meningkatkan nilai estetika dan memberikan variasi tekstur pada masakan. Selain itu, teknik potong sayur yang benar juga mempengaruhi cara masakan berbaur dengan bahan lainnya.

Dengan menguasai berbagai macam potongan sayur ini, kamu bisa menciptakan hidangan yang lebih menarik dan lezat dalam dapur kamu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Boiling adalah Teknik Memasak Basah, Pahami Cara dan Tipsnya!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Vhita Hani

Vhita Hani

Brownies Lumer #KURCEPCEMILANANAK

Brownies Lumer #KURCEPCEMILANANAK

(5.0)

60 mnt

192

Artikel Lainnya di tips