​5 Perbedaan Tenderloin dan Sirloin, Mana yang Lebih Enak?

​Benarkah tenderloin daging yang paling mahal?

​5 Perbedaan Tenderloin dan Sirloin, Mana yang Lebih Enak?

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Ketika membeli steak, pastinya kamu sering dihadapkan dengan pilihan antara tenderloin dan sirloin, bukan? Terkadang beberapa orang kesulitan untuk membedakan dua jenis daging tersebut. Padahal tenderloin dan sirloin memiliki perbedaan dari segi rasa, kelembutan, hingga waktu yang dibutuhkan untuk memasak.

Nah, supaya kamu lebih menikmati steak yang akan dipesan, simak perbedaan antara tenderloin dan juga sirloin di bawah ini, yuk.

Apa itu daging tenderloin?

tenderloin dan sirloin
ilustrasi tenderloin dan sirloin (flickr.com/ju-hyoungpark)

Siapa yang tidak kenal dengan tenderloin dan sirloin? Dua bagian daging ini sangat populer di dunia steak karena memiliki kualitas terbaik. Tidak heran banyak orang yang membanding-bandingkan kelezatan dari dua daging ini. Tapi, sebenarnya apa itu tenderloin dan sirloin?

Tenderloin adalah bagian daging dari otot lonjong yang juga disebut dengan psoas major. Otot ini memanjang di sepanjang tulang belakang tepat di belakang ginjal dan dari sekitar tulang pinggul hingga tulang rusuk ke-13. 

Daging bagian ini sangat empuk dikarenakan bagian otot lonjong ini tidak digunakan untuk beraktivitas seperti daging sirloin. Selain itu, tenderloin juga terbalut dengan lemak ginjal atau suet yang dapat digunakan dengan cara yang sama seperti lemak babi. 

Sejauh ini, tenderloin adalah bagian daging sapi yang paling empuk. Ditambah lagi dengan ukurannya yang kecil menjadikan tenderloin ini lebih mahal dari sirloin.

Apa itu daging sirloin

Daging sirloin adalah daging yang memiliki lebih banyak lemak yang memberikan rasa sempurna saat diolah. Daging sirloin ini adalah salah satu potongan dari pinggang daging yang membentang dari tulang rusuk ke-13 hingga ke ujung tulang pinggul.

Sirloin berada jauh ke belakang mendekati kaki belakang sapi. Di mana otot akan lebih banyak bekerja di sana. 

Nah, sirloin biasanya akan dipisahkan menjadi dua bagian, yaitu bagian pinggul atas dan bawah. Daging sirloin yang bagian atas akan terlihat lebih ramping dan juga beraroma. Sedangkan sirloin yang bagian bawah terlihat lebih tebal dan sangat cocok untuk dipanggang. 

Perbedaan sirloin dan tenderloin, mana yang lebih gurih?

jenis daging sapi
ilustrasi berbagai macam jenis daging sapi (flickr.com/windfriedmosler)

Supaya kamu bisa lebih memahami perbedaan antara tenderloin dan sirloin, berikut Yummy App sudah merangkum 5 perbedaan tenderloin dan sirloin yang mudah dikenali. Yuk, disimak!

1. Perbedaan bagian tubuh

Tenderloin atau bagian has dalam diambil dari bagian tengah badan sapi. Sementara sirloin berasal dari bagian pinggul sapi yang mendekati ke kaki belakang sapi dan mengelilingi tenderloin.

Sedangkan daging sirloin dimulai dari ujung tulang rusuk hingga ke bagian terluar dari tulang rusuk. Inilah alasannya kenapa sirloin disebut juga sebagai daging luar atau outer meat. 

2. Perbedaan kandungan lemak

Kedua jenis daging ini memiliki tingkat lemak yang berbeda. Meskipun sirloin terbungkus oleh lemak, namun ternyata daging jenis ini lebih rendah lemak.

Apalagi daging sirloin bagian atas. Di dalam 200 gram sirloin atas mengandung sebanyak 16 gram lemak saja. Sementara sirloin bagian bawah mengandung sebanyak 2 gram lemak.

Berbeda dengan sirloin, tenderloin mengandung lebih banyak lemak. Di dalam 200 gram tenderloin mengandung sebanyak 36 gram lemak. 

3. Perbedaan tingkat kelembutan tenderloin dan sirloin

Untuk tingkat kelembutan, jika kamu menyukai daging yang memiliki tekstur halus dan lembut kamu bisa memilih tenderloin untuk diolah. Tekstur lembut pada daging tenderloin ini dikarenakan otot pada bagian tengah sapi hampir tidak pernah digunakan untuk beraktivitas.

Sementara sirloin adalah daging yang penuh dengan otot yang sering digunakan untuk beraktivitas oleh sapi. Makanya, tekstur daging jenis ini lebih keras dan alot.

4. Perbedaan rasa tenderloin dan sirloin

Untuk perbedaan dari segi rasa, tenderloin sendiri lebih memberikan rasa yang lebih gurih dan berair saat diolah. Namun, tenderloin harus kalah telak jika dibandingkan dengan sirloin. Tenderloin lebih terkenal karena teksturnya yang lembut dan mudah digigit.

Lain halnya dengan sirloin, meskipun kandungan lemak pada sirloin ini lebih sedikit, tapi rasa daging sirloin ini lebih kuat. 

5. Perbedaan waktu untuk memasak tenderloin dan sirloin

Bagaimana dengan cara mengolahnya? Apakah tenderloin dan sirloin membutuhkan waktu yang sama saat diolah? Jawabannya, tidak. 

Sirloin yang memiliki tekstur keras membutuhkan waktu memasak yang lebih lama. Dua cara mengolah sirloin yang membuat dagingnya cepat empuk, yaitu dikukus dan dipanggang. 

Sementara itu, tenderloin yang memiliki tekstur lembut ini membutuhkan waktu yang lebih singkat saat diolah. Meskipun begitu, jangan memasak tenderloin terlalu lama ya. Hal ini akan menyebabkan daging tenderloin menjadi kering.

Nah, itulah beberapa perbedaan tenderloin dan sirloin yang wajib kamu tahu. Cek dan recook berbagai resep daging tenderloin dan sirloin di aplikasi Yummy App, yuk. Semoga membantu, Sobat Yummy!

Baca Juga: 9 Olahan Daging Sapi Terenak ala Yummy App

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Eva Wijaya

Eva Wijaya

Tenderloin Steak Coriander #RabuEkstraPoin

Tenderloin Steak Coriander #RabuEkstraPoin

(4.2)

6 langkah

1.2 rb

Artikel Lainnya di tips