10 Resep Minuman Hangat untuk Penghangat di Saat Hujan

Kenali 11 resep minuman hangat khas Indonesia berikut ini ya

10 Resep Minuman Hangat untuk Penghangat di Saat Hujan

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Ketika angin dingin berhembus kencang, tidak ada yang lebih nikmat daripada mencicipi minuman hangat. Indonesia dikenal kaya akan variasi minuman hangat yang sedap dan mudah dibuat. Beberapa bahkan diakui memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah 12 resep minuman hangat favorit yang bisa kamu coba di rumah.

Wedang Jahe

wedang jahe
ilustrasi wedang jahe (pexels.com/cupofcouple)

Wedang Jahe adalah minuman hangat khas Jawa yang terbuat dari jahe yang direbus. Sedap dan hangat, minuman ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan dan pernafasan, terutama selama musim dingin atau hujan.

Bahan-bahan:

  1. 1 ruas Jahe
  2. 15 gr Gula Merah
  3. 1 sdm Susu Kental Manis
  4. 300 ml Air

Cara membuat:

  1. Mulailah dengan mengupas jahe dan memanggangnya hingga aroma khas jahe tercium, kemudian geprek jahe tersebut. Setelah itu, masukkan jahe yang sudah digeprek bersama air dan gula merah ke dalam sebuah panci. Rebus campuran tersebut sampai air mendidih dan gula merah larut sepenuhnya.
  2. Setelah rebusan jahe mendidih dan gula telah larut, saring campuran tersebut untuk memisahkan jahe dari airnya.
  3. Persiapkan gelas saji. Tuangkan susu kental manis ke dalam gelas.
  4. Tambahkan air jahe yang telah disaring ke dalam gelas yang berisi susu kental manis. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Setelah tercampur rata, sajikan minuman ini selagi masih hangat.
  6. Nikmati kehangatan dan kemanisan minuman jahe ini sebagai penutup yang sempurna atau sebagai teman bersantai.

Baca Juga: 10 Manfaat Wedang Jahe untuk Kesehatan

Wedang Ronde

Wedang ronde isi kacang, jahe, dan ronde
ilustrasi wedang ronde (flickr.com/Irina M.)

Wedang Ronde adalah minuman manis dan hangat dengan bola-bola tepung ketan di dalamnya. Biasanya dikonsumsi dengan potongan jahe, minuman ini juga dikenal dapat menghangatkan tubuh dan meningkatkan stamina.

Bahan-bahan:

  1. 250gr tepung ketan
  2. 1/2 sdm gula pasir
  3. Air hangat secukupnya ( lupa tidak ditakar )
  4. 1/2 sdt garam
  5. 5 lbr daun pandan ikat simpul
  6. 2 biji serai
  7. 4 biji jahe (sesuai selera)
  8. 5 biji cengkeh
  9. 7 biji kapulaga
  10. 1 sdt klabat
  11. 1 biji kayu manis
  12. 3 biji bunga lawang
  13. 3 cabe jawa
  14. 700ml air
  15. Boleh pakai kacang tumbuk
  16. Kolang kaling secukupnya
  17. Sobekan roti tawar secukupny
  18. Kacang tanah sangrai tanpa kulit secukupnya

Cara membuat:

  1. Mulai dengan mencampurkan tepung dan tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna makanan sesuai dengan selera. Ambil masing-masing bagian adonan, lalu isi dengan pilihan isi seperti wijen, kacang, atau gula merah. Anda juga bisa menggunakan selai kacang atau wijen yang sudah disangrai dan ditumbuk, dicampur dengan sedikit margarin dan gula sebagai pemanis.
  2. Setelah mengisi adonan, didihkan air dalam sebuah panci besar. Masukkan bola-bola adonan yang telah diisi ke dalam air mendidih dan rebus hingga mereka mengambang di permukaan air, tanda bahwa mereka telah matang.
  3. Sementara itu, rebus bahan-bahan untuk kuah dalam panci terpisah sampai mendidih, lalu matikan api.
  4. Siapkan mangkuk untuk penyajian. Tata bola-bola ronde yang sudah matang dalam mangkuk, lalu siram dengan kuah panas. Sekarang ronde siap untuk dinikmati.

Wedang Uwuh

wedang uwuh
Ilustrasi wedang uwuh (blibli.com/Jadi Satu Toko)

Mengandung berbagai bahan alam seperti temulawak, daun sereh, kayu manis, dan empon-empon lainnya, Wedang Uwuh menjadi salah satu minuman hangat yang baik untuk kesehatan dan stamina.

Bahan-bahan:

  1. 3 lembar kayu secang
  2. 2 butir kapulaga
  3. 3 butir cengkeh
  4. 500 ml air
  5. 2 ruas jari jahe, geprek
  6. 1 sdm gula batu
  7. 4 cm kayu manis

Cara membuat:

  1. Mulai dengan merebus air hingga mendidih. Setelah itu, tambahkan semua bahan dari wedang uwuh kecuali gula batu ke dalam air mendidih tersebut.
  2. Biarkan bahan-bahan tersebut direbus hingga air berubah warna. Setelah itu, masukkan gula batu dan teruskan perebusan hingga gula sepenuhnya larut. Setelah gula larut, matikan api.
  3. Setelah api dimatikan, tuangkan wedang uwuh yang masih panas ke dalam gelas saji. Anda bisa menyaringnya terlebih dahulu jika ingin menghilangkan ampas.
  4. Sajikan wedang uwuh ini selagi hangat untuk mendapatkan kehangatan dan khasiat yang maksimal dari minuman ini.

Baca Juga: 15 Macam Wedang Khas Jawa Tengah, Hangatnya Berkhasiat!

Bajigur

Bajigur
Ilustrasi Bajigur (yummy.co.id/Retno Lisiawati)

Cita rasa manis dan hangat dari Bajigur sangat cocok dinikmati di saat-saat santai. Minuman khas Bandung ini terbuat dari campuran santan, gula merah dan kopi.

Bahan-bahan:

  1. 2-3 ruas jari jahe
  2. 8 buah cengkeh
  3. 1 batang serai
  4. 2 lembar daun pandan
  5. 1 keping gula merah ukuran besar
  6. 65 ml santan instan kara
  7. 500 ml air

Cara membuat:

  1. Pertama, bakar jahe sampai aromanya tercium kuat, yang menandakan bahwa jahe sudah siap untuk digunakan.
  2. Setelah jahe dibakar, geprek jahe tersebut untuk memperkuat pelepasan aromanya.
  3. Siapkan sebuah panci dan masukkan jahe yang sudah digeprek, tambahkan cengkeh, serai, dan daun pandan. Rebus semua bahan ini hingga air mendidih dan aroma rempah-rempah mulai tercium.
  4. Setelah aroma rempah tercium, tambahkan irisan gula jawa ke dalam rebusan. Biarkan gula larut sepenuhnya, kemudian masukkan santan dan aduk hingga tercampur rata.
  5. Siapkan gelas saji. Tuang bajigur ke dalam gelas melalui saringan untuk memisahkan ampas rempah, sehingga hanya cairannya yang masuk ke dalam gelas.
  6. Sajikan bajigur yang telah disiapkan selagi hangat untuk dinikmati kehangatannya.

Bandrek

resep bandrek asli
ilustrasi minuman bandrek (yummy.co.id/Laila Fitria)

Bandrek adalah minuman hangat khas Sunda yang memadukan campuran jahe, serai, kayu manis, gula merah, dan santan. Selain menghangatkan tubuh, Bandrek juga baik untuk sistem pencernaan.

Bahan-bahan:

  1. 50 gr jahe geprek
  2. 5 butir cengkeh
  3. 1 batang kayu manis
  4. 1 batang serai geprek
  5. 2 lembar daun pandan
  6. 50 gr gula merah
  7. 500 ml air
  8. 1/4 sdt garam

Cara membuat:

  1. Mulailah dengan menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Tuangkan air ke dalam panci, tambahkan gula merah dan sedikit garam, lalu panaskan hingga air mendidih dan gula sepenuhnya larut.
  2. Setelah gula larut, masukkan berbagai rempah ke dalam panci. Rebus dengan api sedang hingga campuran kembali mendidih dan aroma rempah mulai menyebar.
  3. Setelah rebusan mencapai titik mendidih dan aroma rempah tercium kuat, saring cairan tersebut ke dalam wadah lain untuk memisahkan rempah dari airnya.
  4. Tuangkan minuman yang telah disaring ke dalam gelas saji.
  5. Sajikan minuman hangat yang telah disiapkan, nikmati kehangatan dan aroma rempah yang khas.

Susu Jahe

susu jahe
Ilustrasi susu jahe (yummy.co.id/Heny Rosita)

Susu Jahe adalah minuman hangat dengan kombinasi rasa gurih dan pedas dari susu dan jahe. Pilihan ideal jika kamu sedang mencari minuman hangat yang berbeda.

Bahan-bahan:

  1. 3 cm jahe merah
  2. 1 sachet susu kental manis
  3. 1 sdm gula pasir
  4. 300 ml air

Cara membuat:

  1. Awali dengan menggeprek jahe yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian, masukkan jahe tersebut ke dalam panci yang berisi air.
  2. Panaskan panci di atas kompor hingga air mulai mendidih. Setelah air mendidih, tambahkan gula pasir ke dalam panci dan aduk terus hingga gula sepenuhnya larut.
  3. Setelah gula larut, matikan api kompor. Langsung tambahkan susu kental manis ke dalam campuran jahe dan aduk hingga tercampur rata.
  4. Tuang campuran jahe dan susu yang sudah matang ke dalam gelas saji.
  5. Sajikan minuman ini selagi masih hangat untuk menikmati kehangatan dan kelezatannya.

Bir Pletok

Bir pletok betawi
Ilusrasi bir pletok (iStockphoto.com)

Bir Pletok, minuman tradisional Betawi, sangat unik. Meskipun disebut 'bir', Bir Pletok sebenarnya adalah minuman yang non-alkohol yang terbuat dari campuran jahe, serai, dan daun pandan.

Bahan-bahan:

  1. 1 ruas jahe
  2. 1 batang serai
  3. 1 lembar daun pandan
  4. Kayu secang secukupnya
  5. ¼ buah pala
  6. 4 butir cengkeh
  7. ½ sdt merica butiran
  8. Kayu manis secukupnya
  9. 1 liter air
  10. 4 - 5 sdm gula pasir

Cara membuat:

  1. Mulai dengan merebus air bersama jahe yang sudah digeprek dan gula pasir hingga mendidih. Sementara itu, siapkan bahan-bahan rempah lainnya seperti secang, pandan, merica, cengkeh, serai geprek, kayu manis, dan pala, dengan mencucinya bersih terlebih dahulu.
  2. Setelah air mendidih, tambahkan semua bahan rempah yang telah disiapkan ke dalam panci, yaitu secang, serai, daun pandan, kayu manis, pala, cengkeh, dan merica. Rebus terus hingga air berubah warna dan aroma rempah-rempah menjadi kuat.
  3. Setelah rebusan rempah mencapai kepekatan dan aroma yang diinginkan, angkat panci dari api. Saring rebusan untuk memisahkan rempah dari airnya, dan siapkan air rebusan untuk disajikan.
  4. Jika ingin menikmati minuman hangat, sajikan langsung setelah menyaring. Untuk versi dingin, biarkan rebusan dingin terlebih dahulu.
  5. Setelah rebusan dingin, tambahkan es batu ke dalam gelas sebelum menuangkan rebusan untuk menikmati versi dingin dari minuman ini.

Kopi Jahe

Kopi Jahe
Ilustrasi Kopi Jahe (yummy.co.id/Fadil's Kitchen)

Kopi Jahe, kombinasi lezat dari kopi dan jahe, adalah minuman hangat yang bisa menghangatkan tubuh, memberikan energi dan menentramkan pikiran.

Bahan-bahan:

  1. 1 sdt kopi bubuk
  2. 1 ruas jari jahe
  3. 1 sdm krim kental manis
  4. 250 ml air

Cara membuat:

  1. Mulai dengan mencuci, mengupas, dan mengiris tipis jahe. Untuk rasa yang lebih kuat, jahe bisa juga diparut. Kemudian, rebus jahe yang telah disiapkan sampai air mendidih dan aroma jahe yang wangi tercium.
  2. Gunakan air rebusan jahe yang masih panas untuk menyeduh kopi. Jika tidak menggunakan drip, seduh kopi secara konvensional kemudian saring untuk memisahkan ampasnya.
  3. Setelah kopi tersedia, tambahkan krim kental manis ke dalam kopi jahe untuk memberikan rasa manis dan tekstur yang kaya.
  4. Aduk kopi jahe dengan krim kental manis sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Nikmati kopi jahe ini selagi masih panas untuk merasakan kombinasi rasa yang hangat dan menggugah selera.

Teh Talua

Teh Talua
https://www.yummy.co.id/resep/teh-talua-khas-minang

Teh Talua, minuman tradisional Minangkabau, adalah campuran teh dengan telur ayam dan sedikit gula. Teh ini bisa jadi minuman hangat yang menarik dan berbeda.

Bahan-bahan:

  1. 1 butir kuning telur ayam kampung
  2. 1 sdm gula pasir
  3. 1/4 sdt vanili bubuk
  4. Sejumput garam
  5. Secukupnya susu kental manis
  6. 1 sdt susu coklat bubuk untuk topping
  7. 1 iris jeruk nipis
  8. 1 sdm teh bubuk (black tea) original, jangan pakai yang ada rasa
  9. Secukupnya air panas mendidih

Cara membuat:

  1. Mulai dengan memasukkan kuning telur, gula, vanili, dan garam ke dalam gelas. Gunakan mixer untuk mengocok campuran ini hingga mengembang dan menjadi ringan.
  2. Sementara itu, seduh teh dengan menggunakan air yang telah mendidih sampai mendapatkan warna cokelat pekat.
  3. Setelah teh selesai diseduh, saring teh tersebut langsung ke dalam gelas yang berisi campuran telur yang telah dikocok tadi.
  4. Tambahkan susu kental manis ke dalam gelas, sesuaikan jumlahnya sesuai dengan selera tingkat kemanisan yang diinginkan.
  5. Sebagai penyelesaian, taburkan susu bubuk dan coklat bubuk di atas minuman sebagai topping.
  6. Sebelum minuman ini dinikmati, tambahkan perasan jeruk nipis dan aduk rata untuk memberikan sentuhan akhir.
  7. Teh Talua kini siap untuk dinikmati. Nikmati kombinasi rasa yang unik dari teh, susu, dan jeruk nipis yang menyegarkan.

Cokelat Hangat Berempah

Cokelath hangat berempah
https://www.yummy.co.id/resep/cokelat-hangat-berempah

Cokelat Hangat adalah minuman favorit banyak orang. Rasanya yang khas dan manis dapat membantu menghangatkan tubuh dan menenangkan pikiran.

Bahan-bahan:

  1. 1 sachet minuman coklat bubuk
  2. Seruas jahe
  3. 1 buah kayu manis
  4. 3 butir cengkeh
  5. 300 ml air matang

Cara membuat:

  1. Mulai dengan menyiapkan dan memotong rempah-rempah yang diperlukan. Parut jahe, lalu masukkan jahe parut ke dalam panci bersama dengan sereh dan cengkeh.
  2. Tambahkan air ke dalam panci yang berisi jahe, sereh, dan cengkeh. Panaskan hingga mendidih.
  3. Sementara air mendidih, siapkan gelas dan masukkan bubuk minuman cokelat ke dalamnya.
  4. Setelah air rebusan rempah mendidih, saring dan tuangkan air tersebut ke dalam gelas yang sudah berisi bubuk cokelat.
  5. Aduk campuran air rebusan rempah dan bubuk cokelat di dalam gelas hingga rata.
  6. Sajikan minuman ini selagi masih hangat.

Demikianlah 12 resep minuman hangat khas Indonesia yang bisa kamu buat di rumah saat musim dingin. Selain mudah dibuat, minuman hangat ini juga punya khasiat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Yuk cobain membuat salah satunya!

Baca Juga: 6 Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Heny Rosita

Heny Rosita

Kopi Jahe Creamy

Kopi Jahe Creamy

(5.0)

10 mnt

381

Artikel Lainnya di kuliner