​15 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Janin

​Buah ini bisa menambah asupan nutrisi selama masa kehamilan

​15 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Janin

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Buah-buahan adalah salah satu makan yang mengandung banyak sekali nutrisi. Makanan ini sering kali dimasukkan ke berbagai menu makanan saat seseorang menjalankan pola hidup sehat. Buah-buahan kaya akan nutrisi, seperti vitamin, serat, dan mineral penting bagi tubuh. 

Tanpa pengecualian, buah-buahan juga sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil. Berbagai kandungan nutrisi pada buah dapat membantu pertumbuhan janin lebih sempurna di dalam perut ibu. Contohnya, beta karoten yang dapat membantu perkembangan jaringan sel dan janin, vitamin C untuk perkembangan tulang dan gigi, asam folat untuk perkembangan otak, dan manfaat lainnya. 

Berikut Yummy App merangkum beberapa buah yang bagus untuk ibu hamil selama masa kehamilan. Dicatat yuk, Sobat Yummy!

1. Mangga

Buah mangga matang dan olahannya
ilustrasi buah mangga (pexels.com/arunthomas)

Sistem imun ibu dan janin bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi buah mangga. Buah ini juga mengandung vitamin A yang dapat mengurangi resiko diare dan infeksi saluran pernapasan.

2. Pisang

Buah pisang berkulit kuning
ilustrasi buah pisang (pexels.com/annabondarenko)

Salah satu buah yang kaya akan nutrisi adalah buah pisang. Buah berkulit kuning ini memiliki kandungan nutrisi, seperti asam folat, vitamin C vitamin B6, kalium (potassium), dan magnesium. Kandungan nutrisi tersebut bisa membantu perkembangan otak hingga menjaga janin dari cacat tabung saraf. 

Buah pisang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi satu kali sehari selama trimester pertama. Hal ini dikarenakan pisang dapat meminimalisir rasa mual karena tidak seimbangnya cairan dalam tubuh. 

3. Apel

Tiga buah apel
ilustrasi buah apel (pexels.com/gustavofrong)

Saat hamil, ibu perlu memelihara dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Buah apel bisa memberikan kebutuhan tersebut. Kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan zinc. Kandungan nutrisi tadi dipercaya dapat mengurangi resiko asma dan eksim saat janin lahir.

4. Jeruk

Dua buah jeruk
ilustrasi buah jeruk (pexels.com/gustavofring)

Jeruk merupakan buah dengan sumber vitamin C yang sangat tinggi. Buah ini bisa mengurangi rasa mual pada ibu hamil saat trimester pertama. Selain itu, buah jeruk juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membangun jaringan sel pada janin.

5. Alpukat

Potongan buah alpukat yang sudah matang
ilustrasi buah alpukat (pexels.com/gustavofring)

Alpukat yang gurih memiliki kandungan nutrisi yang sangat luar biasa, seperti serat, zat besi, magnesium, dan potassium. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak sehat, jenis lemak ini aman sekali dikonsumsi ibu hamil. 

6. Pir

Buah pir berkulit kuning
ilustrasi buah pir (pexels.com/gustavofring)

Pir merupakan buah yang kaya akn serat yang dapat mengurangi resiko sembelit pada ibu hamil. Selain kaya serat, pir juga merupakan sumber vitamin C, zat besi, folat, dan magnesium yang baik untuk perkembangan janin.

Baca Juga: 13 Makanan Sehat Kaya Nutrisi untuk Ibu Hamil

7. Ceri

Semangkuk buah ceri merah
ilustrasi buah ceri (pexels.com/polinatankilevitch)

Kandungan nutrisi pada ceri, seperti vitamin C dan melatonin yang dapat membantu siklus tidur ibu dan membantu perkembangan otak janin. Ceri juga merupakan buah rendah kalori, lho! Sebelum memakan buah ini, pastikan kamu tidak alergi terhadap buah ceri, ya!

8. Kiwi

Potongan buah kiwi hijau
ilustrasi buah kiwi (pexels.com/magdaehlers)

Ibu hamil memerlukan asupan makanan yang kaya akan serat untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Kiwi adalah buah yang mengandung serat yang tinggi dengan tambahan nutrisi lainnya, seperti vitamin C, vitamin E, vitamin A, potassium, fosfor, magnesium, dan asam folat. 

Selain dapat merawat kesehatan sistem pencernaan, fosfor pada kiwi dapat membantu penyerapan zat besi dan mengurangi resiko pembekuan darah. Kiwi juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh karena mengandung berbagai vitamin.

9. Jambu biji

Dua buah jambu biji
ilustrasi buah jambu biji (pexels.com/amirulislam)

Jambu biji sangat berkhasiat untuk janin dan ibu hamil. Buah ini kaya akan isoflavon, karotenoid, polifenol, vitamin C, hingga vitamin E. manfaat dari buah ini adalah untuk menyehatkan sistem pencernaan tubuh ibu dan menguatkan perkembangan sistem saraf bayi. 

10. Pomegranate

Buah pomegranate atau delima merah
ilustrasi buah pomegranate (pexels.com/timamiroshnichenko)

Pomegranate atau delima merah mengandung kalsium, folat, zat besi, protein, antioksidan, dan vitamin C. kandungan nutrisi tadi dapat meningkatkan imun tubuh, menurunkan tekanan darah, hingga mencegah janin lahir cacat.

11. Strawberry

Buah strawberry merah mengandung vitamin A
ilustrasi buah strawberry (pexels.com/tranletuan)

Buah bercita rasa asam manis ini mengandung nutrisi mangan dan potasium yang membantu pertumbuhan tulang pada janin. Strawberry juga mengandung vitamin C, asam folat, antioksidan, serat, kalium, dan kalsium yang baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil.

12. Semangka

Potongan buah semangka merah
ilustrasi buah semangka (pexels.com/lisafotios)

Semangka merupakan buah yang kaya akan kandungan air dan nutrisi penting bagi ibu dan janin. Beberapa nutrisi pada semangka, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, magnesium, dan potassium ini dapat meredakan rasa mulas, meredakan kram otot, dan bengkak pada kaki dan tangan ibu. 

13. Anggur

Buah anggur berkulit ungu
ilustrasi buah anggur (pexels.com/darinabelonogova)

Anggur bisa dijadikan camilan sehat selama kehamilan. Kandungan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin K, folat, antioksidan, pektin, hingga serat mampu membantu perubahan biologis selama kehamilan. Selain itu, antioksidan dari anggur ini juga dapat memperkuat fungsi jantung dan menangkal radikal bebas dalam tubuh. 

14. Lemon

Sepotong buah lemon kuning
ilustrasi buah lemon (pexels.com/dominikaroseclay)

Jeruk bercita rasa asam ini sangat menyegarkan saat dimakan atau dijadikan minuman squash. Kandungan nutrisi pada lemon, seperti serat, vitamin C, zat besi, protein, fosfor dapat melancarkan pencernaan dan mengurangi rasa mual. Selain itu, lemon juga bisa membuang racun pada tubuh dan membantu tubuh ibu hamil tetap terhidrasi.

15. Kurma

Semangkuk buah kurma
ilustrasi buah kurma (pexels.com/azerbajian_stockers)

Buah yang bagus dikonsumsi untuk ibu hamil terakhir adalah buah kurma. Buah yang identik dengan bulan ramadhan ini mengandung nutrisi, seperti asam folat dan zat besi yang mampu mencegah cacat lahir, resiko terkena anemia, meningkatkan kualitas ASI, dan mencegah pendarahan setelah melahirkan.

Itu dia beberapa buah yang baik dikonsumsi ibu hamil. Buah-buahan di atas sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian selama masa kehamilan.

Kamu juga bisa mengolah buah di atas menjadi salad buah atau jus segar dengan recook berbagai resep olahan buah di Yummy App. Semoga bermanfaat ya, Sobat Yummy!

Baca Juga: ​4 Cara Simpel Membuat Salad Buah yang Enak dan Praktis

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Dawud

Laila Dawud

Soes Selai Cherry #JagoMasakMinggu2Periode3

Soes Selai Cherry #JagoMasakMinggu2Periode3

(5.0)

6 langkah

298

Artikel Lainnya di nutrisi