10 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Beragam manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh

10 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Jika mencari buah yang kaya manfaat bagi kesehatan, maka alpukat adalah jawabannya. Buah dengan nama latin Persea Americana ini tidak hanya enak, tetapi juga membawa sejumlah keuntungan bagi tubuh. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai manfaat luar biasa dari alpukat untuk kesehatan Sobat Yummy.

Mulai dari menjaga berat badan hingga kesehatan jantung, mari kita selami manfaat yang tersembunyi dalam buah hijau berlemak ini. Dan jangan lupa, ikuti terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang khasiat luar biasa dari buah alpukat. Jangan lewatkan informasi penting ini!

Kandungan Alpukat

ilustrasi alpukat (pexels.com/anne)
ilustrasi alpukat (pexels.com/anne)

Dilansir dari halodoc, berikut adalah rangkuman nutrisi dan vitamin yang ditemukan dalam satu buah utuh alpukat, dengan berat sekitar 201 gram:

  • Energi: 322 kkal
  • Lemak sehat: 33 gram
  • Protein: 4 gram
  • Karbohidrat: 17 gram
  • Serat: 14 gram
  • Vitamin C: Mencakup sekitar 22% kebutuhan harian
  • Riboflavin: Mencakup sekitar 20% kebutuhan harian
  • Vitamin E: Mencakup sekitar 28% kebutuhan harian
  • Vitamin K: Mencakup sekitar 35% kebutuhan harian
  • Niacin: Mencakup sekitar 22% kebutuhan harian
  • Asam pantotenat: Mencakup sekitar 56% kebutuhan harian
  • Pyridoxine: Mencakup sekitar 30% kebutuhan harian
  • Folat: Mencakup sekitar 41% kebutuhan harian
  • Magnesium: Mencakup sekitar 14% kebutuhan harian
  • Kalium: Mencakup sekitar 21% kebutuhan harian
  • Tembaga: Mencakup sekitar 42% kebutuhan harian
  • Mangan: Mencakup sekitar 12% kebutuhan harian

Satu buah alpukat memiliki sejumlah nutrisi yang tinggi, termasuk lemak sehat, serat, dan berbagai vitamin serta mineral yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Tepat dengan Mudah

10 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

ilustrasi alpukat (pexels.com/tarynelliott)
ilustrasi alpukat (pexels.com/tarynelliott)

Kandungan nutrisi yang melimpah dalam buah alpukat menjadikannya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beragam kebaikan buah bernama latin Persea Americana ini yang baik untuk tubuhmu dan juga anggota keluargamu.

1. Menjaga Berat Badan

Alpukat mengandung serat dan karbohidrat, memastikan perasaan kenyang lebih tahan lama. Meski memiliki lemak, buah alpukat tidak memicu peningkatan berat badan karena lemak yang ada termasuk jenis yang baik.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat alpukat berperan dalam mengatur tekanan darah, terutama sangat baik bagi mereka yang menderita diabetes. Meskipun memiliki karbohidrat, indeks glikemik pada alpukat sangat rendah sehingga tidak mempengaruhi gula darah. 

3. Pencegahan Sembelit

Kondisi sembelit terjadi karena kurangnya asupan serat atau kekurangan cairan tubuh. Untuk mengatasinya, penting untuk memenuhi kebutuhan serat dan minum minimal dua liter air setiap hari. Buah alpukat bisa menjadi salah satu sumber serat.

4. Pengendalian Tekanan Darah

Selain serat dan lemak sehat, alpukat kaya akan kalium yang membantu mengontrol tekanan darah serta mencegah hipertensi. Kalium juga berperan dalam menjaga detak jantung agar tetap stabil.

5. Kesehatan Mata

Alpukat mengandung antioksidan seperti zeaxanthin dan lutein yang penting untuk kesehatan mata. Menjalani konsumsi alpukat secara teratur dalam jumlah yang tepat dapat mengurangi risiko masalah penglihatan saat lanjut usia.

Baca Juga: Yuk, Catat! Cara Agar Alpukat Cepat Matang dan Tidak Busuk

6. Kesehatan Jantung

Manfaat alpukat juga berkaitan dengan kesehatan jantung. Nutrisi dan vitamin yang terdapat di dalamnya membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.

7. Pencegahan Osteoporosis

Bagi wanita, manfaat alpukat terutama berguna dalam mencegah osteoporosis. Asupan 201 gram alpukat dapat memenuhi kebutuhan vitamin K hingga 35 persen harian. Vitamin K memiliki peran penting dalam menjaga kepadatan dan kesehatan tulang.

8. Pencegahan Kanker

Kanker merupakan ancaman serius, dan alpukat diketahui mengandung folat yang mampu mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, lambung, pankreas, dan serviks. Kandungan fitokimia dan karotenoidnya memiliki sifat antikanker, meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut.

9. Kesehatan Mental

Buah alpukat kaya akan folat, yang dapat mengurangi risiko depresi. Folat berperan dalam mencegah penumpukan homosistein yang dapat mengganggu aliran nutrisi ke otak.

10. Kesehatan Janin

Manfaat alpukat untuk kehamilan sangat besar karena kandungan asam folatnya yang tinggi, sangat penting untuk perkembangan janin.

Baca Juga: 15 Resep Olahan Alpukat yang Sehat, Nikmat dan Bikin Nagih

Dengan segala manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, buah alpukat menjadi pilihan yang cerdas untuk dimasukkan dalam pola makan sehari-hari. Jangan lewatkan untuk mengeksplorasi berbagai resep enak yang menggunakan alpukat sebagai bahan utama dengan mengunduh Yummy App sekarang juga.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Mita Puspita Kurniawan

Mita Puspita Kurniawan

Juice Alpukat

Juice Alpukat

(5.0)

10 mnt

632

Artikel Lainnya di nutrisi