​10 Manfaat Cuka Apel, untuk Diet hingga Mengurangi Risiko Kanker

Ragam manfaat dari cuka apel yang wajib kamu tahu!

​10 Manfaat Cuka Apel, untuk Diet hingga Mengurangi Risiko Kanker

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Cuka apel sempat menjadi tren di dunia skincare. Banyak yang merasakan manfaatnya untuk meredakan bruntusan.

Tapi manfaatnya rupanya bukan hanya itu, lho! Di artikel kali ini, Yummy App akan menjelaskan 10 manfaat cuka apel untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Apa saja, ya?

1. Menurunkan berat badan

menimbang berat badan
ilustrasi menimbang berat badan (unsplash.com/i yunmai)

Kalau kamu sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, Yummy App merekomendasikan mengkonsumsi cuka apel sebagai bagian dari program dietmu.

Banyak studi ilmiah yang telah membuktikan bahwa cuka apel berguna untuk meningkatkan rasa kenyang. Selain itu, cuka apel dapat menurunkan asupan kalori pada tubuh sebanyak 275 kalori.

2. Mengurangi bau kaki

merendam kaki
ilustrasi merendam kaki (unsplash.com/Rune Enstad)

Masalah bau pada badan sering menjadi masalah yang sulit di atas bagi beberapa orang. Bau badan maupun bau kaki biasanya akibat dari produksi keringat tubuh yang menyebabkan munculnya bakteri maupun jamur secara berlebihan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan campuran 1/2 cangkir cuka apel dan air hangat. Usapkan pada badan atau gunakan untuk merendam kaki.

3. Membantu atasi infeksi jamur

infeksi jamur pada kulit kuku
ilustrasi infeksi jamur pada kulit kuku (unsplash.com/Alexander Grey)

Selain mengatasi masalah jamur yang menyebabkan bau pada badan, cuka apel juga dapat mengatasi infeksi jamur pada bagian tubuh lain. Contohnya adalah jamur penyebab keputihan yang sering dialami perempuan. Kamu bisa mengatasinya dengan menambahkan cuka apel sebanyak 1 1/2 cangkir pada bak mandi selama 3 hari.

4. Atasi sembelit

sakit perut
ilustrasi sakit perut (pexels.com/Sora Shimazaki)

Gangguan pencernaan seperti sembelit, bisa sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Untuk itu, kamu bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi cuka apel cukup sebanyak satu sendok makan. Probiotik yang terkandung pada cuka apel berguna untuk menjaga kesehatan usus dan organ pencernaan lain.

5. Sebagai disinfektan luka alami

membalut luka dengan plester
ilustrasi membalut luka dengan plester (unsplash.com/Diana Polekhina)

Luka terbuka berisiko infeksi karena bakteri yang akan mudah menempel pada luka tersebut. Yummy App menyarankan untuk menggunakan cuka apel sebagai disinfektan. Hal ini dikarenakan, kandungan cuka apel dapat menghambat hingga membunuh bakteri-bakteri yang menempel.

Baca Juga: 8 Manfaat dan Cara Mengolah Kacang Kedelai yang Kaya Protein

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

reminder jaga kesehatan tubuh
ilustrasi reminder jaga kesehatan tubuh (unsplash.com/Total Shape)

Kamu juga bisa mengkonsumsi cuka apel sebagai pengganti suplemen atau vitamin harian. Cukup dengan satu sendok teh cuka apel tiap harinya, sistem kekebalan tubuhmu akan semakin kuat.

Cuka apel sendiri sudah kaya akan vitamin yang dapat memperkuat sistem kekebalan pada tubuh. Sehingga, kamu akan mudah terhindar gejala-gejala penyakit seperti pilek, sakit tenggorokan, dan sinus.

7. Menjaga kadar gula darah

peralatan cek kesehatan
ilustrasi obat dan peralatan cek kesehatan (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Cuka apel memiliki kandungan yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes. Kandungan inilah yang akan membantu kadar gula darah terjaga pada batas normal.

Namun, Yummy App menyarankan penderita diabetes yang masih mengkonsumsi obat untuk berkonsultasi pada dokter dulu apabila ingin diimbangi dengan konsumsi cuka apel.

8. Mencegah kolesterol

glucose meter, alat cek kadar gula darah
ilustrasi glucose meter, alat cek kadar gula darah (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Selain menjaga kandungan gula darah, cuka apel juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat yang terkandung pada tubuh. Hal ini dikarenakan, cuka apel mengandung asam asetat yang dapat menormalkan kadar kolesterol yang berbahaya untuk tubuh. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari gangguan organ yang biasa disebabkan oleh komplikasi dislipidemia.

9. Meredakan gejala kenaikan asam lambung

mual dan sakit perut
ilustrasi mual dan sakit perut (freepik.com/8photo)

Kondisi kenaikan asam lambung terjadi ketika aliran asam lambung kembali dari perut ke kerongkongan. Gejala yang ditunjukkan biasanya antara lain bersendawa, mual, dan mulas.

Dengan mengkonsumsi cuka apel, kamu dapat meredakan gejalanya. Cukup dengan minum larutan sesendok teh cuka apel dengan 200 ml sebelum makan.

10. Mengurangi risiko kanker

pita kanker
ilustrasi pita kanker (unsplash.com/Angiola Harry)

Cuka apel rupanya juga bisa mengurangi risiko kanker. Hal ini dikarenakan, cuka apel memiliki kandungan yang dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, sari cuka apel juga dapat memperlambat tumor ganas bertumbuh. Meski begitu, manfaat yang satu ini masih memerlukan penelitian yang berskala lebih besar untuk dipahami lebih jauh.

Itulah beberapa manfaat cuka apel yang berguna untuk kesehatan kulit, organ, dan seluruh tubuh secara umum. Meski begitu, hati-hati mengkonsumsi cuka apel lebih dari 2 sendok makan dalam sehari, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, ya. Kamu bisa menggunakannya lebih dari itu untuk penggunaan luar seperti untuk merendam kaki atau mandi. 

Penulis: Embun Nadha Pawestri

Baca Juga: 10 Manfaat Susu Almond untuk Ibu Hamil, Bantu Cegah Depresi

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Sriwidi

Sriwidi

Infused Water Nanas Cuka Apel Madu

Infused Water Nanas Cuka Apel Madu

(5.0)

5 langkah

2.4 rb

Ayu Aura

Ayu Aura

Jelly Apel Cokelat

Jelly Apel Cokelat

(5.0)

60 mnt

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi