15 Sayuran Segar yang Kaya Vitamin A, Perbanyak Konsumsinya Yuk!

​Bukan cuma ikan dan telur yang mengandung vitamin A, lho

15 Sayuran Segar yang Kaya Vitamin A, Perbanyak Konsumsinya Yuk!

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Vitamin A dikenal sebagai nutrisi penting yang dapat meningkatkan penglihatan, pertumbuhan, pembelahan sel, sistem reproduksi, hingga kekebalan tubuh. Vitamin A juga memiliki sifat antioksidan, yang mana zat ini dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Setiap harinya manusia perlu mendapatkan asupan vitamin A. Menurut beberapa penelitian, anak usia di atas 4 tahun memerlukan sekitar 450–500 IU, sedangkan orang dewasa memerlukan 600–650 IU vitamin A per hari. Namun, ada perbedaan jumlah vitamin A yang dibutuhkan wanita menyusui dan hamil, yakni 900–950 IU, karena mereka cenderung membutuhkan asupan vitamin A lebih banyak.

Lalu, dari mana saja kita bisa mendapatkan vitamin A? Sebenarnya, vitamin A tertinggi bisa kamu temui di minyak hati dan ikan, telur, hingga susu. Tapi bukan cuma itu, vitamin A juga bisa kamu dapatkan di beberapa sayuran.

Nah, berikut beberapa pilihan sayuran dengan kandungan vitamin A yang bisa kamu konsumsi setiap harinya.

1. Ubi

ubi kaya vitamin A
ilustrasi ubi (pexels.com/Jess Loiterton)

Salah satu sayur yang mengandung vitamin A adalah ubi. Sayuran ini memiliki kandungan beta-karoten yang bisa meminimalisir terjadinya AMD atau age-related macular degeneration.

Kalau kamu punya ubi jalar di rumah, coba hidangkan sayuran ini dengan cara dibakar. Karena dengan proses ini ubi jalar dapat menghasilkan sekitar 1403 mcg vitamin A, lho!

2. Brokoli

brokoli rebus
ilustrasi brokoli rebus (pexels.com/Cats Coming)

Sayuran hijau yang satu ini juga termasuk sayur yang mengandung vitamin A. dalam satu tangkai brokoli, kamu bisa mendapatkan sekitar 60 mcg vitamin A, lho! Siapa nih penggemar brokoli?

3. Wortel

3. Wortel
ilustrasi wortel (pexels.com/Rachel Claire)

Wortel merupakan sayur yang memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi. Ada sekitar 450 mcg vitamin A di dalam setengah cangkir wortel mentah. Faktanya, wortel adalah sayuran yang mengandung vitamin A untuk kesehatan mata yang paling terkenal dibandingkan sayuran lainnya.

4. Bayam

semangkuk bayam
ilustrasi semangkuk bayam (freepik.com/racool_studio)

Sayuran hijau lainnya yang memiliki kandungan vitamin A adalah bayam. Di setiap setengah cangkir bayam terdapat sebanyak 573 mcg kandungan vitamin A yang akan kamu dapatkan. Wah, ternyata sayur murah meriah ini bisa menopang kebutuhan vitamin A harian, ya.

5. Okra

sayur okra
ilustrasi sayur okra (freepik.com/evening_tao)

Bentuknya yang mirip seperti pare ini ternyata merupakan sayuran rendah kalori dan kaya serat. Tapi kamu tahu nggak, sih? Ternyata dalam 100 gram sayur okra terdapat sekitar 716 IU. lho! Biasanya sayuran ini dihidangkan secara mentah sebagai lalapan untuk beberapa orang.

Baca Juga: Sumber Vitamin K pada Makanan Sehari-hari, Apa Saja?

6. Kale

sayur kale
ilustrasi sayur kale (pexels.com/Eva Bronzini)

Kale atau yang sudah dimasak menyediakan sebanyak 681 mcg vitamin A. Dalam 100 gram kale, terdapat sebanyak 9990 IU yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian. Sayur ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi, mangan, kalsium,hingga kalium yang baik untuk kesehatanmu.

7. Lobak Hijau

lobak hijau
ilustrasi lobak hijau (pexels.com/A Rama Krishna)

Lobak hijau atau turnip adalah salah satu sayur bervitamin A yang jika dimasak, dalam 100 gram lobak ini akan menyediakan sebanyak 381 mcg vitamin A. Kamu bisa mengolah lobak hijau menjadi aneka sajian sedap dengan ikuti resepnya di Yummy App, nih.

8. Parsley

daun parsley
ilustrasi daun parsley (freepik.com/azerbaijan-stockers)

Parsley atau peterseli adalah sayuran yang juga mengandung beta-karoten dan vitamin A yang tinggi. Dalam 100 gram peterseli ada sebanyak 8424 IU vitamin A, lho!

9. Paprika Merah Manis

paprika merah
ilustrasi paprika merah (freepik.com/8photo)

Si merah ini ternyata masuk ke dalam golongan sayur bervitamin A. Siapa sangka, ternyata setengah cangkir paprika merah mentah akan memberikan kamu sebanyak 117 mcg vitamin A lho!

10. Selada

selada
ilustrasi selada (freepik.com/topntp26)

Selain mengandung fosfor, zat besi, hingga kalsium selada juga mengandung vitamin A yang cukup tinggi, lho. Bayangkan saja, di dalam 100 gram selada ada sebanyak 7405 IU vitamin A. Bernutrisi banget, kan?

11. Seledri

seledri
ilustrasi seledri (pexels.com/Mike Jones)

Sama seperti sayur hijau sebelumnya, seledri juga masuk ke daftar sayur yang mengandung vitamin A. Selain itu, seledri juga mengandung berbagai jenis antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, hingga flavonoid.

Nggak heran kalau sayuran ini sering banget dijadikan bahan dasar untuk mengobati permasalahan kulit.

12. Asparagus

asparagus
ilustrasi asparagus (freepik.com/racool_studio)

Sayuran batang ini punya manfaat yang nggak kalah hebat. Asparagus mengandung berbagai sumber vitamin, salah satunya adalah vitamin A.

Selain itu, sayuran ini juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas di tubuh. Yuk, mulai coba makan asparagus dari sekarang.

13. Labu

labu kuning
ilustrasi labu (freepik.com/topntp26)

Sayuran bercita rasa manis satu ini ternyata mengandung vitamin A dan C yang tinggi. Di dalam 100 gram labu, ada sebanyak 8513 IU vitamin A. Bahkan, dengan memakan labu dapat meningkatkan imun tubuh hingga dapat mencegah infeksi.

14. Tomat

tomat merah
ilustrasi tomat merah (freepik.com/dashu83)

Tomat adalah sayuran yang memiliki kadar air yang tinggi. Tomat juga memiliki rasa manis dan asam yang khas.

Diketahui kalau tomat ini adalah sayuran yang kaya akan vitamin C. Tapi nggak itu saja, di dalam tomat juga terkandung vitamin A yang baik untuk menjaga imun tubuhmu.

15. Kacang Polong

kacang polong
ilustrasi kacang polong (freepik.com/racool_studio)

Siapa yang suka makan kacang polong? Kabar baik, kebutuhan vitamin A untuk tubuhmu bisa terpenuhi dengan kacang jenis ini. Sebab, di setiap 100 gram kacang polong terdapat sebanyak 765 IU vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata.

Nah, itulah beberapa sayur yang bisa kamu konsumsi untuk menambah asupan vitamin A harian. Semoga informasi ini membantu, ya.

Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: ​15 Pilihan Makanan yang Mengandung Vitamin C, Bagus untuk Imun Tubuh!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nawang

Nawang

Ayam Jamur Asparagus

Ayam Jamur Asparagus

(5.0)

10 langkah

771

Artikel Lainnya di nutrisi