12 Peralatan Dapur yang Berguna untuk Investasi Jangka Panjang

Wajib punya bagi pemula

12 Peralatan Dapur yang Berguna untuk Investasi Jangka Panjang

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Memasak memang perlu alat bantu untuk mengolah bahan mentah menjadi makanan. Akan tetapi, apakah semua peralatan dapur harus wajib dimiliki? Menurut Yummy App, jawabannya tidak.

Faktanya, memilih peralatan dapur justru menjadi kunci efektivitas memasak di kemudian hari. Ini berarti, kamu harus selektif membeli alat masak apa saja yang harus diutamakan demi mencegah belanja di luar kebutuhan. 

Nah, dari sekian alat masak di pasaran, berikut yang bisa jadi investasi karena berguna sepanjang waktu.

1. Wajan Anti Lengket

Memasak dengan minyak panas
ilustrasi memasak dengan minyak panas (unsplash.com/consiousdesign)

Proses memasak tidak akan jauh-jauh dari menumis bumbu atau memanggang dengan sedikit minyak. Kedua aktivitas itu bisa dilakukan dengan baik oleh wajan anti lengket. Peralatan dapur ini termasuk alat yang paling sering digunakan karena sifatnya yang multifungsi. 

Seperti namanya yang anti lengket, wajan ini tidak membutuhkan banyak minyak untuk memasak. Kelebihan lainnya adalah mudah dibersihkan, karena bahan-bahan makanan tidak menempel di wajan. 

Saat membeli wajan anti lengket, lebih fleksibel jika memilih yang berdiameter paling besar. Pastikan juga terbuat dari bahan anti karat seperti stainless steel atau keramik.

2. Panci

cara merebus ceker agar empuk tanpa presto
ilustrasi merebus ceker (freepik.com/valeria_aksakova)

Peralatan dapur esensial yang tidak bisa ditawar adalah panci atau saucepan. Akan ada saat di mana kamu ingin memasak sayur sop, opor, atau bubur, dan hanya panci yang bisa menampung volume makanan cair itu. 

Sebaiknya ambil panci berukuran sedang karena ideal untuk mayoritas jenis hidangan. Panci yang terlalu kecil akan menyulitkan saat kamu ingin merebus dalam jumlah banyak. 

Selain memperhatikan ukuran, kamu perlu selektif mempertimbangkan kualitas bahan panci yang menentukan kelebihan dan kekurangannya. Misal panci dari besi cor terkenal sebagai penghantar panas yang baik, tapi bisa berkarat jika tak terawat. 

Sementara panci dari stainless steel sifat konduktornya kurang ideal tapi memiliki ketahanan yang awet. Jadi, silakan pertimbangkan ya!

3. Pisau Koki yang Tajam

pisau koki untuk memotong salmon
ilustrasi pisau koki untuk memotong salmon (pexels.com/Huy Phan)

Kalau kamu mengira pisau hanyalah benda tajam yang bisa mengiris sayur dan daging, ada baiknya untuk memperluas standar. Memilih pisau yang tepat akan membantu proses memasak jadi lebih nyaman dan mudah. 

Jenis pisau serba guna yang direkomendasikan adalah pisau koki. Sebagai peralatan dapur yang paling sering digunakan, pisau koki adalah investasi terbaik karena memiliki kualitas yang terjamin. 

Ukurannya yang berkisar antara 6-14 inci memberi keleluasaan bagi kamu untuk memilih yang pas digenggaman. Semakin kamu terbiasa dengan berat dan keseimbangan pisau, semakin cepat kamu bisa mengiris dan mencincang selama persiapan memasak.

4. Talenan yang Kokoh

ilustrasi menggunakan talenan saat memotong
ilustrasi menggunakan talenan saat memotong (freepik.com/stockking)

Agar bisa memarkan rempah-rempah dan membuat potongan dengan ketebalan yang diinginkan, kamu butuh talenan yang bisa diandalkan. Dibandingkan plastik atau karet, talenan dari kayu lebih kokoh dan tahan banting. 

Perhatikan juga kualitas dan ketebalan kayu, pilih talenan yang antijamur. Talenan dengan ukuran sedang cenderung besar akan ideal untuk mencincang bahan-bahan. Sebaiknya kamu membeli beragam talenan, guna menyesuaikan jenis bahan pangan dan tidak terjadi kontaminasi silang antara yang mentah dan matang.

5. Spatula

ilustrasi spatula silikon
ilustrasi spatula silikon (pexels.com/Matthias Zomer)

Peralatan dapur yang harus diinvestikan orang yang berminat memasak adalah spatula. Alat itu bisa berfungsi untuk menggoreng hingga mengaduk makanan di wajan.

Berbagai jenis spatula dibuat dengan peruntukan yang berbeda. Misal spatula dari stainless bentuknya ramping dan cocok untuk menggoreng, atau spatula kayu yang lebih padat dan tidak akan menggores permukaan teflon. 

Jenis spatula yang cukup fleksibel adalah berbahan silikon. Spatula silikon lebih tahan panas dan elastis, jadi bisa menjangkau sudut lengkung wajan secara maksimal. Ada baiknya kamu sesuaikan dengan wajan yang kamu miliki.

6. Sendok Sayur

ilustrasi sendok sayur untuk menuang sup
ilustrasi sendok sayur untuk menuang sup (freepik.com/Freepik)

Tak boleh ketinggalan, sendok sayur termasuk peralatan dapur yang idealnya dimiliki setiap rumah. Pasalnya, saat ingin mengambil kuah makanan, kamu butuh alat yang cekung dan bulat seperti sendok sayur.

Layaknya spatula, ada banyak jenis material yang digunakan untuk sendok sayur. Mulai dari silikon, stainlesssteel, hingga kayu. Kamu juga bisa menemukan set spatula dan sendok sayur yang dijual dalam bundle. Pastikan untuk memilih sendok kayu dengan gagang agak panjang, agar terhindar dari tersengat uap panas.  

Baca Juga: Perbedaan Chopper dan Blender yang Wajib Kamu Ketahui!

7. Cobek dan Ulekan

ilustrasi cobek dan ulekan
ilustrasi cobek dan ulekan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Meski sudah tersedia banyak bumbu instan, tapi kelezatan bumbu yang diulek pakai tangan sudah diakui lebih unggul oleh banyak orang. Bumbu yang dihaluskan dengan ulekan mengeluarkan sari-sari rempah sehingga punya cita rasa khas.

Dalam hal ini cobek dari batu memberikan hasil ulekan lebih lembut, sebab tekanan dari peralatan dapur itu bisa lebih mantap. Namun, cobek batu memang lebih berat dibandingkan dari kayu atau tanah liat. Jika mengutamakan sisi portabel, kedua jenis terakhir lebih cocok untukmu.

8. Chopper

chopper elektrik
ilustrasi chopper (youtube.com/Maspion)

Alternatif dari peralatan dapur untuk menghancurkan rempah-rempah selain cobek adalah food chopper. Alat ini bisa beroperasi secara manual atau dengan bantuan energi listrik. 

Alasan mengapa kamu perlu berinvestasi pada food chopper adalah itu bisa digunakan untuk beragam kebutuhan. Selain menghaluskan bumbu, food chopper mampu menggiling daging dan membuat adonan bakso. 

Dibandingkan blender, food chopper bisa beroperasi tanpa tambahan air. Sehingga bahan-bahan yang kering tetap bisa dihaluskan tanpa mengubah teksturnya.

9. Pisau Kupas

ilustrasi pisau kupas
ilustrasi pisau kupas (pexels.com/Denise Nys)

Sebagus apa pun pisau koki, itu punya keterbatasan ketika digunakan mengupas bahan berbentuk lonjong atau bulat. Buat kamu yang ingin praktis dengan hasil kupasan yang bersih, tidak ada ruginya untuk membeli pisau kupas atau peeler.

Peralatan dapur ini sangat nyaman dipakai mengupas kulit wortel, timun, kentang, hingga apel. Ada banyak bentuk dari produk peeler, termasuk material pegangannya. 

Meski pisau kupas yang seluruhnya terbuat dari stainless steel lebih kokoh, tapi tangan bisa sakit karena sudutnya lebih tajam. Sementara pegangan peeler dari karet bisa memberikan kenyamanan lebih baik.

10. Saringan Minyak Goreng

ilustrasi saringan minyak goreng berisi kentang
ilustrasi saringan minyak goreng berisi kentang (pexels.com/Leonardo Luz)

Saat mengangkat gorengan dari wajan, kamu pasti membutuhkan saringan untuk meniriskan minyaknya. Nah, ada banyak jenis saringan dengan tingkat kerapatan lubang yang berbeda-beda.

Saringan dengan jaring yang halus bisa dipakai untuk membersihkan remahan bumbu atau tepung yang bercampur minyak goreng di wajan. Sementara saringan dengan bentuk cekung setengah lingkaran bisa dimanfaatkan untuk menyerok makanan. 

Kegunaan saringan tidak hanya untuk masakan yang digoreng, sebab kamu butuh peniris dari makanan yang direbus. Sebut saja mi instan goreng, pasta, 

11. Gunting dapur

gunting dapur sayuran
ilustrasi gunting dapur (pixabay.com/stux)

Umumnya saat sedang pesta barbeku, irisan daging panggang akan dipotong menjadi seukuran satu suapan. Peralatan dapur yang fix kamu perlukan adalah gunting khusus yang bisa memotong dengan cekatan.

Berbeda dengan gunting biasa, gunting dapur dirancang untuk melakukan tugas ringan hingga berat tanpa masalah. Mulai dari memotong sayur, mengiris daging, menghilangkan sisik ikan hingga membuka tutup kaleng.  

Menyimpan gunting ini akan mempermudah pekerjaan di dapur, misal sesederhana memotong cabai di atas panci secara langsung. Jadi, kamu gak perlu repot-repot pakai talenan.

12. Parutan

ilustrasi menggunakan parutan
ilustrasi menggunakan parutan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalau kamu berpikir alat ini hanya untuk memarut keju cheddar, maka kamu salah besar. Parutan dengan banyak sisi dan ukuran lubang bisa melakukan multitasking, lho.

Misal sisi lubang paling besar bisa untuk memarut wortel seukuran korek api. Sisi lubang yang berukuran sedang bisa memarut keju, dan sisi lubang terkecil untuk menghaluskan bawang putih. 

Sentuhan terakhir berupa parutan kulit jeruk juga cocok sekali dengan peralatan dapur satu ini. Bentuknya yang besar dan pegangan yang kuat bisa membuat pengalaman memasak lebih nyaman.

Setiap peralatan dapur punya fungsi masing-masing, tapi itu tak berarti kamu harus punya semuanya sekarang. Beberapa alat masak esensial sebaiknya diprioritaskan. Selain bisa memudahkan pekerjaan, peralatan dapur tersebut selalu berguna di hampir semua hidangan. 

Baca Juga: 21 Alat Membuat Kue yang Penting Dimiliki oleh Pemula hingga Mahir

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Fitria

Laila Fitria

Iga Bakar Saos BBQ

Iga Bakar Saos BBQ

(5.0)

9 langkah

365

Artikel Lainnya di tips