5 Tips Menyimpan Kue Lebaran agar Tetap Renyah dan Lezat

Gak ada lagi kue lebaran melempem dengan cara simpan ini

5 Tips Menyimpan Kue Lebaran agar Tetap Renyah dan Lezat

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Lebaran tidak lengkap tanpa kehadiran kue-kue manis yang menggiurkan. Namun, tantangan sebenarnya adalah bagaimana cara menyimpan kue-kue tersebut agar tetap renyah dan fresh meski disimpan dalam durasi waktu yang lama.

Tidak perlu bingung, berikut ini Yummy bagikan tips menyimpan kue lebaran yang mudah dan praktis. Pasti tetap gurih meski sudah berhari-hari setelah lebaran.

1. Kenali jenis kuenya

resep kue kastengel 1 kg lumer
ilustrasu kue kastengel (yummy.co.id)

Pertama, penting untuk kamu mengenali jenis kue yang akan kamu simpan. Setiap jenis kue memiliki karakteristik dan cara penyimpanan yang berbeda-beda.

Misalnya, kue kering seperti nastar atau kastengel bisa tahan lebih lama jika disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Sedangkan, kue basah seperti klepon atau lapis legit harus disimpan di dalam kulkas dan dikonsumsi dalam waktu beberapa hari.

2. Gunakan wadah kedap udara

kue kering lebaran
ilustrasi kue lebaran (flickr.com/ikacake)

Menggunakan wadah kedap udara sangat efektif untuk menjaga kue tetap fresh selama periode waktu yang panjang. Wadah kedap udara akan membantu menjaga kue dari kelembapan udara dan penyebaran bakteri yang bisa merusak rasa dan tekstur kue.

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan MPASI Tanpa Kulkas, Penting Diketahui

3. Simpan di dalam freezer

stok makanan anak kos tanpa kulkas (flickr.com/vitaminpenggemuk)
stok makanan anak kos tanpa kulkas (flickr.com/vitaminpenggemuk)

Selain menggunakan wadah kedap udara, penyimpanan di dalam freezer juga bisa menjadi opsi untuk membantu menjaga kualitas kue. Terutama untuk kue basah, penyimpanan di dalam freezer mampu membuat kue tersebut bertahan hingga beberapa minggu.

Sebelum dikonsumsi, biarkan kue yang dikeluarkan dari freezer mencapai suhu ruangan terlebih dahulu untuk rasa yang optimal.

4. Manfaatkan silica gel

silica gel untuk menyimpan makanan
ilustrasi silica gel (flickr.com/Reza Almanda)

Silica gel adalah silikon dioksida yang terbuat dari natrium silikat. Fungsinya untuk menyerap kelembapan di dalam wadah, sehingga bisa membantu menjaga kue tetap renyah. 

Pastikan kamu memilih silica gel yang berlabel food grade agar terjamin keamanannya. Lalu, jangan lupa untuk menggantinya secara berkala, ya.

5. Jauhkan dari sinar matahari secara langsung

kue kering di cooling rack
ilustrasi cooling rack (unsplash.com/American Heritage Chocolate)

Penyimpanan kue di tempat yang terkena sinar matahari langsung akan membuat kue menjadi cepat lembek dan melempem. Oleh karena itu, simpanlah kue di tempat yang sejuk dan kering, serta jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

Baca Juga: 3 Tips dan Cara Menyimpan Ayam di Kulkas Agar Tetap Segar

Terakhir, selalu pastikan untuk memeriksa kualitas kue secara berkala, ya. Jika kamu mencium bau tidak sedap atau melihat tanda-tanda adanya jamur, segeralah buang kue tersebut.

Dengan mengikuti tips menyimpan kue lebaran di atas, kue di rumah kamu akan selalu renyah dan lezat hingga setelah lebaran, deh!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Lyliput Kitchen's

Lyliput Kitchen's

Strawberry Cheese Cookies

Strawberry Cheese Cookies

(5.0)

8 langkah

474

Artikel Lainnya di tips