Harus Berapa Gelas Minum Air Putih Diminum Saat Puasa?

Ada tips minum saat puasa tanpa merasa kembung

Harus Berapa Gelas Minum Air Putih Diminum Saat Puasa?

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Saat puasa, kita menahan rasa lapar dan dahaga dari dini hari hingga malam tiba. Umumnya seseorang membutuhkan sebanyak 2 liter air di dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan cairan di dalam tubuh yang sudah terbuang melalui urine akan tergantikan dengan cairan yang baru. Maka, asupan air yang cukup akan menghindarkan tubuh terkena dehidrasi.

Selain itu, beberapa manfaat lain dari mengkonsumsi air putih adalah untuk meningkatkan produktivitas, mendetoks tubuh, menangkal sakit kepala, dan menjaga metabolisme tubuh. Lalu, bagaimana saat kita sedang berpuasa? Apakah tubuh kita akan mengalami dehidrasi?

Tenang, Yummy App sudah merangkum tips dan jumlah air putih yang harus kamu minum saat puasa. Simak penjelasannya di bawah ini ya, Sobat Yummy!

​Apakah 8 gelas air putih saat puasa cukup untuk menghidrasi tubuh?

Menuangkan air ke dalam gelas
Ilustrasi menuangkan air ke dalam gelas (freepik.com/freepik)

Apakah ketika bulan puasa kita bisa memenuhi kebutuhan air dalam tubuh? Pasti akan berat jika kamu harus minum 2 liter air hanya dalam dua waktu, yaitu waktu sahur dan berbuka. Padahal, aktivitas umat muslim di bulan puasa tidak ada bedanya seperti waktu lain.

Berapa gelas air putih ya yang harus kamu minum agar tubuh tidak mudah lelah? Perlu kamu tahu sebelumnya, kalau rasa lelah yang timbul ketika beraktivitas di bulan puasa bukan hanya karena kamu kurang minum. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan kelelahan adalah asupan makanan yang kurang bergizi dan bernutrisi. 

Ketika air yang kamu minum masuk ke dalam tubuh, tugas air tersebut adalah menyerap makanan dan membawanya ke dalam sel-sel tubuh. Makanya, makanan yang bergizi dan air adalah hal penting yang harus diperhatikan ketika sahur dan berbuka.

Menurut Kemenkes Indonesia, tubuh tetap membutuhkan air sebanyak 2 liter sehari di bulan puasa. Jika di jadikan dalam takaran gelas, kamu perlu mengkonsumsi sebanyak 8 gelas air per harinya. Namun, takaran ini bisa bertambah jika kamu memiliki aktivitas yang lebih banyak setiap harinya. 

Ketika berpuasa juga kamu perlu memperhatikan minuman yang dikonsumsi. Ada baiknya membatasi teh dan kopi terlebih dahulu. Kedua minuman tersebut memiliki sifat asam yang bisa saja menyebabkan perut tidak nyaman, apalagi bagi kamu yang sensitif akan kafein.

Sebagai gantinya, konsumsi lebih banyak air putih atau jus dari buah dan sayur segar untuk menambah nutrisi dalam tubuh selama puasa. 

Tips minum 8 gelas air putih saat puasa

Minum air putih
ilustrasi perempuan minum segelas air putih (freepik.com/pressfoto)

Delapan gelas air putih ternyata sama takarannya dengan 2 liter air. Jumlah inilah yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas sehari-hari dan menyerap nutrisi makanan dalam tubuh. Tapi ketika berpuasa, kita tidak punya banyak waktu untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut. 

Hal yang tidak mungkin juga kalau mengkonsumsi 2 liter air dalam satu waktu. Lalu, apakah ada tips untuk mengkonsumsi 8 gelas air putih tanpa merasa kembung?

Menurut Kemenkes Indonesia, kita bisa memenuhinya jika memperhatikan timeline yang tepat untuk mengkonsumsi air putih saat puasa. Kamu bisa minum segelas gelas air putih di 8 waktu yang berbeda, berikut ini pembagian waktunya:

  • 1 gelas sebelum tidur
  • 1 gelas setelah bangun sahur
  • 1 gelas selepas sahur
  • 1 gelas saat berbuka puasa
  • 1 gelas setelah salat Magrib
  • 1 gelas setelah makan malam
  • 1 gelas setelah salat Isya
  • 1 gelas setelah salat Tarawih

Nah, itulah jumlah air putih yang tepat untuk tubuhmu di bulan puasa. Kamu bisa mengikuti tips minum air putih di atas supaya tidak terasa kembung saat puasa atau shalat tarawih. Jangan lupa juga untuk makan makanan yang bergizi agar tubuh kamu tidak mudah lelah saat beraktivitas setiap hari. Semoga membantu!

Baca Juga: ​60 Resep Buat Buka Puasa dan Sahur Selama Sebulan Penuh

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

izsaiz

izsaiz

Es Blewah

Es Blewah

(5.0)

5 langkah

567

Artikel Lainnya di nutrisi