​10 Manfaat Kombucha Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya di Rumah

​Minuman yang bisa membunuh racun di tubuh!

​10 Manfaat Kombucha Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya di Rumah

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Kombucha erat kaitannya dengan minuman teh. Kombucha sering kali dijadikan tambahan pada minuman lainnya. Namun, pasti di antara kamu ada yang masih bertanya-tanya, apa sebenarnya kombucha itu? Apakah kombucha benar-benar minuman teh?

Sederhananya, kombucha adalah minuman fermentasi yang dibuat dengan menambahkan bakteri dan ragi ke dalam minuman teh, baik itu teh hijau ataupun teh hitam dan dicampur lagi dengan gula. Meskipun terbuat dari bahan sederhana, kombucha punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Apa saja sih manfaat kombucha bagi kesehatan kita? Sebelum mengetahui manfaat kombucha, lihat dulu penjelasan singkat tentang kombucha di bawah ini ya, sobat Yummy!

Apa itu kombucha?

Kombucha ternyata sudah ada sejak 2.000 tahun yang lalu. Minuman ini pertama kali dibuat di China dan kemudian menyebar ke negara lain, seperti Jepang dan Rusia. Akhirnya, kombucha menjadi sangat populer di Eropa pada awal abad ke-20. Bahkan, penjualan kombucha di Amerika Serikat sempat meningkat karena reputasi kombucha yang dikenal sebagai minuman sehat dan bisa menambah energi.

Lalu, apa itu kombucha? Kombucha adalah minuman fermentasi yang dibuat dengan campuran teh, gula, bakteri, dan ragi. Bakteri dan asam yang ada pada ragi akan  membentuk lapisan tipis di atas cairan yang disebut juga sebagai scoby kombucha. Nah, scoby kombucha ini juga bisa kamu gunakan lagi untuk memfermentasi lebih banyak kombucha.

Sekarang, bagaimana hasil dari fermentasi tadi? Semua bahan tersebut disatukan dan menghasilkan kandungan cuka, vitamin B, dan sejumlah senyawa kimia lainnya. Cita rasanya yang mirip seperti soda dengan hint asam seperti cuka, inilah yang menjadi ciri khas dari kombucha.

Manfaat kombucha

Manfaat kombucha
Flickr

Selain memiliki rasa yang unik, kombucha juga sering diklaim dapat membantu mencegah dan mengelola kesehatan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan manfaat kombucha yang mirip dengan prebiotik yang ada pada yogurt.

Minuman ini dianggap sebagai sumber potensial probiotik atau organisme hidup yang dapat menyeimbangkan dan melancarkan pencernaan. Seperti yang kita tahu, sistem pencernaan adalah bagian krusial yang juga menentukan kesehatan tubuh kita.

Kombucha juga mengandung antioksidan yang bisa membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh. Karena itu, kombucha akhirnya dipercaya dapat melawan dan mencegah beberapa penyakit. Kali ini, Yummy App sudah merangkum manfaat kombucha bagi kesehatan tubuhmu. Yuk, simak!

1. Sumber potensial prebiotik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kombucha dibuat dengan cara fermentasi beberapa bahan, seperti teh, gula, ragi, dan bakteri. Selama proses ini, ragi akan membentuk film seperti jamur di permukaan cairan.

Gumpalan ini merupakan simbiosis bakteri dan ragi yang hidup dan bisa digunakan untuk memfermentasi kombucha baru. Proses fermentasi ini akan menghasilkan asam asetat yang juga ditemukan di dalam cuka dan beberapa senyawa lainnya.

Selain itu, di dalam kombucha ini terdapat beberapa spesies bakteri asam laktat yang mungkin memiliki fungsi prebiotik. Probiotik sendiri berperan untuk memberi bakteri sehat bagi usus. Bakteri ini juga terkenal dapat menyehatkan tubuh dari beberapa aspek, seperti pencernaan, peradangan, hingga penurunan berat badan. 

2. Memiliki manfaat seperti teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman yang paling sehat di dunia. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung senyawa bioaktif seperti polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan  dalam tubuh.

Saat kamu meminum kombucha yang berasal dari teh hijau, maka kamu akan mendapatkan beberapa manfaat yang sama dengan kamu meminum teh hijau, apa saja? Contohnya, tubuhmu bisa membakar kalori, mengurangi lemak perut, mengurangi kadar kolesterol, membantu mengontrol gula darah, dan lainnya.

3. Mengandung antioksidan

Antioksidan adalah zat yang bisa melawan radikal bebas pada tubuh. Banyak ilmuwan yang percaya kalau kamu makan makanan dan minuman yang mengandung antioksidan memiliki manfaat yang lebih besar bagi kesehatan dibandingkan ketika kamu meminum suplemen antioksidan. 

Nah, kombucha adalah minuman yang terbuat dari teh hijau yang memiliki efek antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuhmu.

4. Dapat membunuh bakteri

Salah satu zat yang muncul ketika proses fermentasi kombucha adalah asam asetat yang biasanya ada pada cuka. Seperti polifenol dalam teh, asam asetat juga dapat membunuh banyak mikroorganisme yang berpotensi akan mengganggu kesehatan tubuhmu. 

Kombucha yang terbuat dari teh hitam dan teh hijau memiliki sifat anti bakteri yang sangat kuat, hal ini bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab infeksi. Selain itu, sifat antibakteri ini juga dapat menekan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan. 

5. Dapat mengurangi resiko penyakit jantung 

Seperti yang kita tahu, penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbesar di dunia. Beberapa penelitian mengatakan kalau orang yang senang minum teh hijau memiliki kecenderungan terkena resiko penyakit jantung 31% lebih rendah. Hal ini juga mungkin berlaku bagi kamu yang gemar meminum kombucha.

6.  Membantu meringankan diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 sudah menjangkit sebanyak 450 juta orang di seluruh dunia. Penyakit ini biasanya ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi dan resistensi insulin.

Kombucha yang terbuat dari teh hijau kemungkinan besar memiliki manfaat yang sama dengan teh hijau yang dapat menurunkan gula darah. Faktanya, peminum teh hijau memiliki resiko 18% lebih rendah terkena penyakit diabetes.

7.  Melindungi tubuh dari resiko kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak di dunia. Kanker biasanya ditandai dengan adanya mutasi sel atau pertumbuhan sel yang tidak terkendali di dalam tubuh. Kandungan polifenol yang bersifat antikanker pada kombucha ini diperkirakan dapat memblokir mutasi gen dan pertumbuhan sel kanker sekaligus dapat mematikan sel kanker.

8. Lebih sehat jika dibuat dengan benar

Kombuca mengandung prebiotik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.Pastikan untuk membeli kombucha yang tidak menggunakan gula tambahan. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, lho.

Namun, ketika kamu memutuskan untuk membuat kombucha sendiri, pastikan untuk mempersiapkan semua bahan dengan benar. Pastikan juga kombucha yang kamu buat tidak terkontaminasi bahan lain untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. 

Cara membuat kombucha di rumah

description
Ilustrasi kombucha (unsplash.com/timolivermetz)

Saat kamu ingin membuat kombucha, kamu memerlukan scoby (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast). Scoby merupakan ‘ibu’ dari fermentasi kombucha yang nantinya akan melindungi kombucha dari kontaminasi debu dan kotoran.

Kamu bisa membeli scoby yang sudah jadi secara online atau di toko offline. Tapi, kamu juga bisa membuat scoby sendiri. Bagaimana caranya? Yuk, simak caranya di bawah ini.

Bahan membuat scoby:

  • 7 gelas (1,6 L) air 
  • ½ cangkir (100 g) gula putih 
  • 4 kantong teh hitam
  • 1 cangkir (240 mL) unpasteurized (kombucha tanpa dipasteurisasi)

Perlengkapan untuk membuat scoby:

  • Wadah kaca atau keramik besar (harus bisa menampung setidaknya 1 galon (3,7 L))
  • Kain tanpa rongga (filter kopi, handuk kertas, serbet, kain keju)
  • Karet gelang
  • Panci besar untuk air mendidih

Cara membuat scoby:

  1. Panaskan air hingga mendidih untuk membuat teh manis. Matikan api dan larutkan gula ke dalamnya.
  2. Tambahkan kantung teh dan biarkan terendam selama 20 menit atau sampai air mendingin.
  3. Biarkan teh mendingin menjadi suhu kamar. Kamu bisa menyiasati langkah ini dengan hanya merebus air sebanyak 2 gelas air untuk melarutkan gula dan teh selama 20 menit. Setelah itu, kamu bisa menambahkan air dingin sebanyak 5 gelas. Ini bisa membuat teh manis yang kamu buat lebih cepat dingin.
  4. Tuang teh manis ke dalam toples dan tuangkan kombucha yang tidak difermentasi.
  5. Tutupi toples dengan kain serapat mungkin. Jangan sampai ada rongga yang bisa dilalui oleh serangga. Kencangkan penutup kain tersebut dengan karet gelang.
  6. Letakkan toples di tempat yang gelap, tenang, dan bersuhu 21-24 derajat celcius. Diamkan selama 4 minggu atau hingga scoby sudah berukuran ½ cm.
  7. Setelah scoby terbentuk, biarkan scoby berada pada cairan fermentasi agar tetap hidup.

Itulah beberapa manfaat kombucha dan tahapan membuat kombucha yang bisa kamu coba lakukan di rumah. Gimana? Tertarik untuk mencoba kombucha? Selain rasanya yang unik, kamu juga bisa merasakan manfaat kombucha bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Es Teh Hijau Lemon Mint

Es Teh Hijau Lemon Mint

(5.0)

6 langkah

978

Artikel Lainnya di nutrisi