​11 Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Asam Urat, Kamu Harus Tahu!

​Makanan mengandung purin wajib kamu hindari!

​11 Makanan Ini Wajib Dihindari Penderita Asam Urat, Kamu Harus Tahu!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Pola makan yang sehat sangat dianjurkan untuk penderita asam urat. Ada beberapa pantangan yang harus diperhatikan ketika kamu membuat menu makanan setiap harinya. Contohnya, seseorang yang menderita asam urat pantang untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi purin.

Purin adalah senyawa yang mampu menjalankan metabolisme tubuh, mengontrol pertumbuhan sel, dan juga menyediakan energi. Meskipun terlihat bermanfaat, tapi makanan yang tinggi purin hanya akan mengendap dan tidak bisa diproses oleh tubuh. Zat purin akan mengkristal di persendian dan mengakibatkan kadar asam urat meninggi. 

Untuk menjalankan pola makan yang sehat, ada makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Apa sajakah itu?

1. Jeroan

jeroan usus ayam makanan yang harus dihindari penderita asam urat
ilustrasi jeroan usus ayam (flickr.com/yummyinthetummyblog)

Rasa gurih pada hati sapi, otak, sapi, usus ayam, dan jeroan lainnya tidak dapat kamu nikmati jika menderita asam urat. Makanan ini mengandung purin yang cukup tinggi dan dapat menyebabkan gejala asam urat semakin memburuk.

2. Daging hewan buruan

daging babi
ilustrasi daging babi (pexels.com/nicolaspostiglioni)

Selain jeroan, kamu juga wajib menghindari daging hewan buruan seperti daging rusa atau babi. Daging dari hewan tersebut mengandung purin tinggi yang pantang sekali dikonsumsi. Purin yang tinggi ini hanya akan menyebabkan kadar asam urat naik dan tubuhmu akan terasa nyeri.

3. Daging merah

daging kambing
ilustrasi daging kambing (unsplash.com/Changyoung Koh)

Daging berwarna merah seperti daging sapi, domba, dan babi juga perlu dibatasi. Makanan ini termasuk makanan penyebab asam urat yang ternyata mampu menaikkan kadar asam urat dalam tubuh karena tinggi purin. Kamu masih tetap bisa mengkonsumsi daging merah setiap hari dengan takaran 100 gram per hari saja.

4. Udang

udang goreng saus
ilustrasi udang goreng (pexels.com/RODNAE Productions)

Salah satu seafood yang sebaiknya dihindari dalam menu makanan penderita asam urat adalah udang. Makanan ini mengandung purin dan kolesterol yang tinggi.

Hal ini bisa membuat asam uratmu naik dan memburuk. Tak hanya itu, udang juga bisa membuat kadar kolesterol dalam tubuh naik.

5. Lobster

daging lobster goreng
ilustrasi lobster (unsplash.com/davidtoddmccarty)

Sama halnya dengan udang, lobster juga mengandung kadar purin dan kolesterol yang sangat tinggi. Makanya, makanan ini sepatutnya dihindari dalam menu makananmu sehari-hari. Kamu bisa ganti lobster dengan seafood lainnya seperti ikan lele dan nila.

6. Makanan manis

makanan manis harus dihindari penderita asam urat
ilustrasi makanan manis (pexels.com/pixabay)

Penderita asam urat yang menyukai makanan manis sebaiknya mulai sekarang menghindari makanan jenis ini. Makanan jenis tinggi gula umumnya mengandung fruktosa, senyawa inilah yang akan memperburuk kondisi asam uratmu.

7. Sarden

ikan sarden
ilustrasi ikan sarden (pexels.com/Elle Hughes)

Sarden segar dan sarden kalengan sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita asam urat. Makanan ini mengandung purin yang cukup tinggi yaitu sekitar 210 mg purin di dalam 100 gram ikan sarden. Kamu bisa mengganti ikan sarden dengan ikan lainnya, seperti ikan mas atau ikan kakap merah.

8. Makanan tinggi lemak

Makanan berlemak dengan rasa asam dan pedas
ilustrasi makanan asam, pedas, dan berlemak (pexels.com/makafood)

Salah satu jenis makanan yang dapat memicu asam urat adalah makanan berlemak. Bukan hanya memperburuk asam urat, makanan berlemak juga dapat memicu kadar kolesterol semakin tinggi.

9. Makanan siap saji

kentang goreng dan burger makanan siap saji
ilustrasi makanan siap saji (pexels.com/enginakyurt)

Jangan biasakan untuk mengkonsumsi makanan siap saji jika kamu menderita penyakit tertentu, khususnya asam urat. Makanan ini mengandung berbagai macam zat yang tidak baik untuk tubuh, seperti natrium, lemak jenuh, gula rafinasi, dan kalori yang tinggi.

10. Sereal oatmeal

ilustrasi oatmeal
ilustrasi oatmeal (freepik.com/freepik)

Oatmeal digadang-gadang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun ternyata, oatmeal ternyata tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terlalu banyak oleh penderita asam urat. Sereal oatmeal mengandung tinggi purin yang dapat mengendap dalam tubuh dan mengakibatkan kadar asam urat meninggi.

11. Buah-buahan berfruktosa

Buah anggur berkulit ungu
ilustrasi buah anggur (pexels.com/darinabelonogova)

Buah memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi, buah yang mengandung fruktosa tinggi sebaiknya kamu hindari jika mengidap asam urat. Beberapa buah tersebut adalah anggur, apel, persik, plum, hingga kurma. Buah ini hanya akan memperparah rasa sakit yang diakibatkan tingginya kadar asam urat.

12. Sayur bayam

sayur bayam
ilustrasi sayur bayam (unsplash.com/Mikey Frost)

Meskipun termasuk sayuran hijau, sayur bayam ternyata memiliki kandungan purin yang cukup tinggi, lho. Kamu bisa mengganti sayur bayam dengan makanan lainnya, seperti kale, selada, hingga pakcoy.

13. Asparagus

sayur asparagus
ilustrasi sayur asparagus (unsplash.com/Peter Schad)

Selain sayur bayam, asparagus juga mengandung senyawa purin yang tinggi. Meskipun asparagus memiliki kandungan nutrisi yang bisa membuat tubuh sehat. Khusus penderita asam urat, makanan ini harus kamu hindari terlebih dahulu, ya!

Sudah catat makanan-makanan yang harus dihindari penderita asam urat di atas? Pilihlah makanan yang rendah purin seperti buah ceri, susu rendah lemak, biji-bijian, dan ikan untuk menu makan sehari-hari. Lalu, cobalah untuk menahan diri dari godaan makan berlebihan pada makanan yang mengandung purin, meskipun kadarnya rendah.

Baca Juga: ​12 Makanan dan Minuman yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Kakap Merah Berempah

Kakap Merah Berempah

(5.0)

5 langkah

recooks-0
Xavier Kitchen

Xavier Kitchen

Acar Ikan Cukil (Kakap Putih)

Acar Ikan Cukil (Kakap Putih)

(5.0)

20 mnt

767

Artikel Lainnya di nutrisi