​12 Makanan dan Minuman yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Apa iya, penderita asam urat tidak boleh makan daging?

​12 Makanan dan Minuman yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Asam urat adalah sejenis arthritis (nyeri sendi) yang melibatkan nyeri secara mendadak, pembengkakan, hingga radang sendi. Biasanya seseorang yang memiliki riwayat penyakit ini akan merasa nyeri di sekitar pergelangan tangan, lutut, tumit, hingga jari. 

Gejala asam urat bisa muncul jika kamu memiliki terlalu banyak asam urat (uric acid) di dalam darah. Uric acid ini merupakan limbah yang dibuat oleh tubuh ketika tubuh kamu mencerna makanan tertentu. 

Ketika kadar asam urat kamu meninggi, asam urat tersebut akan mengkristal dan menumpuk di persendian tubuh. Hal inilah yang membuat beberapa area tubuh kamu membengkak, mengalami peradangan, hingga terasa nyeri yang begitu hebat. Serangan asam urat ini biasanya akan terjadi ketika malam hari dan akan berlangsung selama 3 hingga 10 hari.

Kebanyakan orang yang menderita penyakit ini karena tubuhnya tidak dapat membuang limbah asam urat di dalam tubuhnya secara efisien. Meski begitu, ada juga yang mengidapp penyakit ini dikarenakan genetika atau pola makan yang kurang sehat.

Pola makan penderita asam urat yang tepat

menu makan sehat
ilustrasi menu makan sehat (freepik.com/senivpetro)

Kalau kamu merupakan salah satu penderita asam urat, kamu perlu waspadai beberapa makanan yang memicu kadar asam urat meningkat. Makanan yang dimaksud adalah jeroan, daging merah, seafood, alkohol, dan juga beer

Makanan pemicu asam urat tadi umumnya mengandung purin yang tinggi. Purin merupakan zat alami yang ditemukan di dalam makanan. Ketika kamu mengkonsumsi makanan mengandung purin, tubuh akan membuat asam urat sebagai limbah dalam tubuh. 

Masalahnya adalah penderita asam urat tidak dapat menghilangkan kelebihan asam urat ini secara efisien. Maka dari itu, diet direkomendasikan untuk para pengidap asam urat.

Bagaimana diet asam urat yang baik untuk dilakukan? Kuncinya adalah di pola makan yang sehat. Berikut ini rekomendasi pola makan sehat untuk penderita asam urat. 

Sarapan

  • Pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi, seperti oatmeal. Kamu juga bisa mengkonsumsi oatmeal dengan campuran susu skim dan buah-buahan.
  • Kamu juga bisa mengkonsumsi teh dan kopi di pagi hari. Selama kamu aman dari penyakit lambung.
  • Jangan lupa untuk mengkonsumsi dua gelas air putih.

Makan siang

  • Salad berisi sayuran hijau dengan tambahan dua butir telur rebus dan alpukat bisa jadi pilihan yang tepat. 
  • Kamu juga bisa membuat sup kacang hitam atau sayur sup dengan sayuran sehat lainnya.
  • Jangan lupa untuk mengkonsumsi dua gelas air putih.

Makan malam

  • Kamu bisa menikmati makan malam dengan nasi merah dan 6 ons dada ayam tanpa kulit.
  • Buat juga tumisan sayuran hijau seperti brokoli dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak kanola.
  • Jangan lupa untuk mengkonsumsi dua gelas air putih.

Baca Juga: Diet untuk Penderita Asam Lambung yang Aman dan Sehat

Makanan dan minuman yang baik untuk asam urat

Supaya menu diet asam urat tadi lebih bervariasi. Kamu bisa mengkombinasikan beberapa makanan dan minuman yang aman untuk asam urat di bawah ini.

1. Buah-buahan

jeruk dan stroberi
ilustrasi jeruk dan stroberi (pexels.com/Jane Doan)

Penderita asam urat sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C. Vitamin ini berfungsi untuk mengurangi kadar asam urat pada tubuh dengan menghancurkan limbah tersebut dan mengeluarkannya melalui urine. Buah yang mengandung vitamin C tinggi, antara lain lemon, jeruk, ceri, tomat, dan lainnya.

2. Sayuran Hijau

sayuran berdaun hijau
ilustrasi sayuran berdaun hijau (pexels.com/Stella Schafer)

Kadar antioksidan di dalam sayuran hijau sangat penting untuk penderita asam urat. Antioksidan dipercaya dapat mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Sayuran berdaun hijau yang bisa digunakan, antara lain brokoli, pakcoy, bayam, asparagus, selada, kale, sawi hijau, dan lainnya.

3. Lentil

lentil
ilustrasi lentil (unsplash.com/Betty Subrizi)

Lentil merupakan biji mirip kacang hijau yang masih satu keluarga dengan kacang-kacangan. Lentil mengandung rendah purin dan protein nabati yang baik dikonsumsi para penderita asam urat.

4. Kacang dan Biji-bijian

biji-bijian
ilustrasi biji-bijian (pexels.com/Miguel Á. Padriñán)

Sama seperti lentil, kacang dan biji-bijian juga sangat aman dikonsumsi penderita asam urat karena rendah purin. Kamu bisa memasukkan berbagai produk kacang kedelai ke dalam menu diet asam urat.

5. Nasi Merah

beras merah
ilustrasi beras merah (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Nasi merah merupakan makanan yang rendah kalori yang bisa membantu proses penyembuhan asam urat. Sama halnya dengan nasi putih, nasi merah juga mampu memberikan energi yang cukup untuk aktivitasmu sehari-hari.

6. Susu Skim

Segelas susu putih
ilustrasi segelas susu (pexels.com/pixabay)

Susu skim pasti sudah akrab di telinga penggiat pola hidup sehat. Ternyata susu skim ini adalah minuman yang baik untuk penderita asam urat. Susu skim mengandung rendah purin yang tidak akan menambah kenaikan limbah asam urat dalam tubuh.

7. Yogurt Low Fat

semangkuk yogurt
ilustrasi semangkuk yogurt (pexels.com/Pixabay)

Yogurt yang rendah lemak juga dipercaya dapat mengurangi resiko terkena penyakit asam urat. Yogurt low fat juga bisa membantu penurunan kadar asam urat dan memperkecil kemunculan gejala yang bisa saja menyerang tiba-tiba.

8. Telur

Telur ayam
Ilustrasi telur (pexels.com/pixabay)

Telur ayam aman dikonsumsi para penderita asam urat setiap harinya. Telur yang tinggi protein ini juga ternyata rendah purin sehingga dapat mengontrol kadar asam urat, namun tetap buat kamu kenyang!

9. Kopi dan Teh Hijau

Kopi sebagai minuman berkafein
Ilustrasi kopi berkafein (pexels.com/brigittetohm)

Ternyata kopi dan teh hijau bisa membantu penurunan kadar asam urat di tubuh, lho. Antioksidan yang ada pada teh hijau mampu membantu mengatasi masalah peradangan karena tingginya kadar asam urat. Selain itu, kopi juga mengandung kafein yang memiliki kandungan metil xantin. Kandungan ini dapat menjaga kadar asam urat tetap normal.

10. Minyak Sehat

minyak kelapa
ilustrasi minyak kelapa (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Minyak kanola, minyak kelapa, dan minyak zaitun ternyata mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Vitamin E pada ketiga minyak di atas dapat meredakan peradangan dan menjaga kadar asam urat tetap stabil. Kamu bisa menggunakan ketiga jenis minyak tadi untuk menumis menu diet setiap hari.

11. Kentang

kentang yang belum dikupas
ilustrasi kentang yang belum dikupas (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Kadar purin yang sangat rendah di dalam kentang mampu menjaga kadar asam urat dalam tubuh tetap stabil. Selain itu, kentang merupakan sumber karbohidrat yang mampu memberikan energi. 

12. Roti dan Pasta

roti gandum dan pasta
ilustrasi roti gandum dan pasta (pexels.com/cheervinska)

Makanan terakhir yang baik untuk asam urat adalah roti dan pasta. Kamu bisa menggunakan roti dan pasta yang berbahan dasar gandum agar kadar asam urat tetap stabil. Kandungan karbohidrat komplek pada dua bahan makanan ini bisa memberikan energi utama pada tubuh.

Lalu, bagaimana dengan daging? Apakah penderita asam urat boleh mengkonsumsi daging? Selain jeroan dan ikan (ikan herring, mackerel, tuna, sarden). 

Kamu masih bisa menyantap daging dengan porsi tertentu, baiknya tidak lebih dari 115-170 gram. Namun tidak untuk dikonsumsi sehari-hari. Pilihan daging yang masih bisa dikonsumsi dalam jumlah tertentu adalah daging ayam, sapi, babi, domba, dan salmon kaleng. 

Itulah dia makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi penderita asam urat. Supaya kadar asam urat tetap stabil, tetap lakukan diet dengan mengkonsumsi makanan pilihan di atas, ya. Semoga membantu, Sobat Yummy!

Baca Juga: ​10 Menu Jus Sehat yang Bagus untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Aisah

Aisah

Lodeh Nangka Muda dan Kacang Lentil

Lodeh Nangka Muda dan Kacang Lentil

(5.0)

8 langkah

637

Artikel Lainnya di nutrisi