6 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan dengan Daging Sapi

simak apa saja yang tidak boleh dimakan bersama daging sapi

6 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan dengan Daging Sapi

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Siapa sih yang tidak suka makan daging sapi? Daging sapi adalah salah satu bahan masakan top untuk diolah menjadi beragam hidangan. Mulai dari rendang, steak, hingga sate, semuanya mampu menggoyang lidah banyak orang. Tetapi, tahukah Sobat Yummy bahwa daging sapi tidak boleh dimakan dengan beberapa jenis makanan dan minuman?

Nah, kali ini Yummy App akan membahas enam makanan yang sebaiknya tidak dimakan bersamaan dengan daging sapi. Yuk simak!

1. Telur

Telur rebus
(flickr.com/Brent Hofacker)

Telur mengandung protein tinggi yang apabila dimakan bersama daging akan memberikan energi instan pada tubuh. Namun, energi yang didapatkan tersebut malah akan membuat tubuh menjadi lemas karena energi akan cepat hilang. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi dua bahan makanan ini tidak dalam waktu yang berdekatan.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Telur yang Baik dan Berkualitas Tinggi

2. Produk Olahan Susu

Produk Susu Makanan untuk Bulking
ilustrasi produk susu (flickr.com/Kavya Sharma)

Mengonsumsi produk susu bersama dengan daging sapi dapat menghambat penyerapan zat besi dari daging. Kalsium dalam susu bersaing dengan zat besi untuk diserap oleh tubuh, sehingga mengurangi efisiensi penyerapan zat besi yang penting untuk pembentukan sel darah merah.

3. Cuka

Merendam daging dengan cuka
Ilustrasi cuka (instagram.com/healthy.961)

Mengonsumsi makanan yang sangat asam bersama dengan daging sapi dapat memperlambat pencernaan protein. Asam dalam makanan ini bisa menurunkan aktivitas enzim pencernaan yang diperlukan untuk memecah protein dalam daging, sehingga memperpanjang waktu yang diperlukan untuk mencerna makanan dan bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Alkohol

makanan yang harus dihindari saat sedang batuk
ilustrasi minuman beralkohol (freepik.com/tirachardz)

Mengonsumsi alkohol bersama dengan daging sapi dapat mengganggu pencernaan protein dan lemak. Alkohol dapat memperlambat pengosongan lambung dan mengganggu sekresi enzim pencernaan, yang dapat menyebabkan rasa kembung dan gangguan pencernaan lainnya

5. Makanan yang Sangat Manis

makanan yang harus dihindari saat sedang batuk
ilustrasi makanan manis (freepik.com/KamranAydinov)

Makanan yang sangat manis bisa memperlambat pencernaan protein dan lemak dari daging sapi. Gula tinggi dalam makanan manis dapat menyebabkan peningkatan gula darah yang cepat, yang kemudian bisa mengganggu proses pencernaan normal dan menyebabkan ketidakseimbangan gula darah.

6. Semangka

Ilustrasi Semangka
Ilustrasi Semangka (freepik.com/grmarc)

Semangka memiliki banyak kandungan air sehingga mampu mendinginkan tubuh Sobat Yummy. Namun, akan berdampak buruk jika dikombinasikan dengan daging sapi yang bersifat panas. Nutrisi daging sapi yang  harusnya dapat diserap akan berkurang.

Baca Juga: 7 Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas Agar Awet dan Enak!

Itulah alasan mengapa daging sapi tidak boleh dimakan dengan beberapa makanan dan minuman di atas. Menghindari mengonsumsi makanan di atas bersamaan dengan daging sapi akan mencegah dampak buruk ke tubuh Sobat Yummy.

Nah, jika Sobat Yummy ingin melihat informasi lebih banyak lagi mengenai makanan, yuk, unduh dan jelajahi Yummy App.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Rani Rarun

Rani Rarun

Abon Daging Sapi

Abon Daging Sapi

(5.0)

60 mnt

891

Artikel Lainnya di nutrisi