10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Beragam manfaat daun kelor yang baik untuk kesehatan

10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Daun kelor, tanaman yang telah lama dikenal dalam pengobatan tradisional, semakin mendapatkan perhatian luas karena kaya akan manfaat kesehatan yang terkandung di dalam manfaat daun kelor.

Daun hijau kecil ini, yang berasal dari pohon Moringa oleifera, salah satu manfaat daun kelor tidak hanya menjadi bagian integral dari berbagai masakan di berbagai budaya, tetapi juga dihargai karena potensinya dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Artikel ini akan menjelajahi berbagai manfaat daun kelor, dari kandungan nutrisi hingga dampak positifnya pada tubuh manusia.

1. Menghadang Tanda-Tanda Penuaan Dini

ilustrasi daun kelor (freepik.com/freepik)
ilustrasi daun kelor (freepik.com/freepik)

Manfaat daun kelor sebagai sumber antioksidan seperti flavonoid dan polifenol terkenal dapat memberikan dampak positif pada kulit.

Dengan aktif memerangi kerutan, senyawa-senyawa tersebut menciptakan efek antiinflamasi yang secara efektif mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan dini, memberikan manfaat daun kelor yang signifikan untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Dengan manfaat daun kelor yang luar biasa, terutama karena tingginya kalsium dan fosfor dalam daun tersebut. Kedua mineral ini, bersama dengan manfaat antiinflamasi, bekerja bersama untuk menjaga kesehatan tulang dengan mengatasi radang sendi dan mempercepat proses penyembuhan.

Dengan demikian, manfaat daun kelor menjadi kunci untuk memelihara kepadatan tulang dan mencegah masalah tulang yang umum.

Baca Juga: 10 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

3. Membantu Menahan Perkembangan Sel Kanker

ilustrasi bubuk hijau (freepik.com/dianagrytsku)
ilustrasi bubuk hijau (freepik.com/dianagrytsku)

Manfaat daun kelor sebagai agen antioksidan efektif terbukti mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, termasuk kanker usus besar, pankreas, dan payudara.

Keberadaan ekstrak dari kulit batang dan daun kelor menjadi senjata ampuh dalam melawan penyakit mematikan ini, menjadikan manfaat daun kelor sebagai perisai pertahanan terhadap risiko kanker.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Mempertahankan fungsi serta menjaga kesehatan otak memiliki manfaat daun kelor yang signifikan.

Hal ini disebabkan oleh keberadaan antioksidan dalam daun kelor, yang tidak hanya berfungsi sebagai penangkal radikal bebas tetapi juga mampu menurunkan risiko tubuh dari potensi penyakit Parkinson dan Alzheimer seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: ​5 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan Tubuh

5. Merasa Lebih Berenergi

ilustrasi daun kelor (pexels.com/nothingahead)
ilustrasi daun kelor (pexels.com/nothingahead)

Dengan manfaat daun kelor untuk stamina, terutama karena kandungan vitamin dan mineral yang melimpah. Dari zat besi hingga vitamin B, C, dan D, daun kelor memberikan dorongan energi alami tanpa kafein.

Inilah yang membuatnya menjadi pilihan populer sebagai sumber daya energi yang berkelanjutan.

6. Menjaga Kesehatan Hati

Dengan manfaat daun kelor yang mempercepat perbaikan sel hati. Konsentrasi polifenol tinggi dalam daun kelor bertindak sebagai perisai melawan kerusakan oksidatif, melindungi organ hati dari bahaya.

Dengan demikian, manfaat daun kelor menjadi krusial untuk mereka yang ingin merawat kesehatan hati mereka secara alami.

Baca Juga: 10 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

7. Membantu Melancarkan Pencernaan

ilustrasi daun kelor (pexels.com/nothingahead)
ilustrasi daun kelor (pexels.com/nothingahead)

Manfaat daun kelor termanifestasi melalui kandungan serat larut dan tidak larutnya. Serat larut berubah menjadi gel dalam air, memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang.

Di sisi lain, serat tidak larut menambah volume feses, memudahkan perjalanan melalui saluran pencernaan, dan mengurangi risiko sembelit. Manfaat daun kelor ini memberikan dukungan utama bagi pencernaan yang sehat.

8. Meningkatkan Ketahanan Tubuh dan Melawan Radikal Bebas

Salah satu manfaat daun kelor yang sangat signifikan adalah kemampuannya dalam membantu meningkatkan ketahanan tubuh dan melawan radikal bebas.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun kelor berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti stres oksidatif yang berdampak pada penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Baca Juga: ​5 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan Tubuh

9. Menurunkan Kadar Gula Darah

ilustrasi daun kelor (pexels.com/shivanshsharma)
ilustrasi daun kelor (pexels.com/shivanshsharma)

Selain itu, manfaat daun kelor juga memiliki kemampuannya menurunkan kadar gula darah. Daun kelor bekerja dengan meningkatkan efektivitas insulin, yang pada gilirannya dapat mencegah resistensi insulin. Dengan demikian, daun kelor memberikan kontribusi positif dalam menjaga keseimbangan gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Manfaat daun kelor untuk menurunkan kadar gula darah menjadi poin penting dalam memanfaatkannya sebagai bagian dari gaya hidup sehat dan pencegahan penyakit terkait gula darah.

10. Mengontrol Tekanan Darah

Salah satu manfaat daun kelor yang menonjol, terutama dalam mengatur kadar gula darah.

Tidak dapat diabaikan bahwa salah satu kandungan penting dalam daun kelor adalah kalium, suatu unsur yang memiliki kemampuan luar biasa dalam mengontrol tekanan darah di dalam tubuh.

Baca Juga: 10 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Dengan melihat beragam manfaat kesehatan yang dimiliki oleh daun kelor, tidak ada alasan untuk tidak memasukkannya dalam gaya hidup sehari-hari. Dari peningkatan sistem kekebalan tubuh hingga sumber nutrisi yang kaya, daun kelor memberikan kontribusi positif bagi kesehatan kita.

Untuk lebih mendukung gaya hidup sehat Sobat Yummy, jangan lupa untuk menginstal Yummy App. Aplikasi ini tidak hanya memberikan resep lezat berbasis daun kelor, tetapi juga menyajikan berbagai masakan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Sobat Yummy.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Dapur RENNI

Dapur RENNI

Gulai Telur Daun Kelor

Gulai Telur Daun Kelor

(5.0)

60 mnt

1.6 rb

Artikel Lainnya di nutrisi