5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

Beragam manfaat jagung bagi kesehatan tubuh

5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Jagung memiliki segudang manfaat yang berperan dalam metabolisme energi dan pembentukan sel darah merah. Kekayaan mineral seperti magnesium dan fosfor dalam jagung mendukung kesehatan tulang dan gigi. 

Dengan mengintegrasikan manfaat jagung ke dalam pola makan sehari-hari, kita dapat memperoleh manfaat yang signifikan untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

1. Melindungi Kesehatan Mata

Manfaat jagung yang pertama adalah dapat melindungi kesehata mata. Mengkonsumsi jagung rebus tanpa tambahan garam atau mentega memberikan manfaat karotenoid, terutama zeaxanthin dan lutein, yang melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula.

Kedua senyawa ini berperan sebagai antioksidan yang kuat, membantu dalam menjaga kejernihan penglihatan serta mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Mengkonsumsi jagung rebus dalam pola makan sehari-hari bisa menjadi kebiasaan yang mendukung kesehatan mata jangka panjang, terutama jika diimbangi dengan pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat lainnya.

2. Mencegah Divertikulosis

ilustrasi jagung (pexels.com/pixabay)
ilustrasi jagung (pexels.com/pixabay)

Manfaat jagung yang kedua adalah dapat membantu mencegah divertikulosis, gangguan usus besar, yang jika terjadi dapat menyebabkan gejala seperti perut begah dan kram.

Dengan kandungan seratnya yang tinggi, jagung dapat memperlancar proses pencernaan, mengurangi risiko terjadinya sembelit, serta mengurangi tekanan pada usus besar, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya divertikulosis.

Baca Juga: 5 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh, Kulit dan Sistem Pencernaan

3. Mengurangi Risiko Cacat Bawaan

Bagi ibu hamil, mengkonsumsi jagung yang kaya asam folat dapat membantu mencegah cacat lahir seperti spina bifida pada bayi. Mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat seperti jagung tidak hanya membantu mengurangi risiko cacat lahir pada bayi, tetapi juga mendukung pertumbuhan yang sehat dan optimal selama masa kehamilan.

Penting untuk diingat bahwa asam folat memainkan peran penting dalam sintesis DNA dan pertumbuhan sel, yang menjadikannya sangat vital selama tahap-tahap awal kehidupan janin.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

ilustrasi jagung (pexels.com/adonyigábor)
ilustrasi jagung (pexels.com/adonyigábor)

Manfaat jagung yang selanjutnya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Beta-karoten, yang secara alami hadir dalam jagung, merupakan senyawa penting yang berperan dalam penyediaan vitamin A yang diperlukan untuk mendukung berbagai aspek kesehatan, termasuk pertumbuhan yang optimal, menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat, serta mendukung perkembangan bayi yang sehat.

Kehadiran vitamin A yang berasal dari beta-karoten dalam jagung menjadikannya pilihan cemilan yang tidak hanya lezat tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: 9 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

5. Perlindungan Saluran Kemih dari Rambut Jagung

Rambut jagung, yang merupakan bagian dari tanaman jagung, telah dikenal memiliki sifat-sifat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Sifat diuretik dan antiseptik yang dimiliki oleh rambut jagung telah terbukti secara tradisional dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga kesehatan saluran kemih.

Rambut jagung memiliki kemampuan untuk mengurangi retensi cairan dalam tubuh, sehingga membantu dalam proses detoksifikasi dan membantu memperbaiki fungsi saluran kemih.

Dengan melihat semua manfaat jagung yang luar biasa tersebut untuk kesehatan tubuh, sangat jelas bahwa menambahkan jagung ke dalam pola makan kita dapat memberikan kontribusi positif.

Dari serat yang baik untuk pencernaan hingga kandungan nutrisi yang kaya, jagung dapat menjadi pilihan makanan yang sangat baik. Jangan ragu untuk menginstal aplikasi Yummy sekarang. Temukan berbagai hidangan enak yang dapat memberikan manfaat sekaligus memanjakan lidah Sobat Yummy!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

silvia nur kholifah

silvia nur kholifah

Grontol Jagung

Grontol Jagung

(5.0)

30 mnt

1.3 rb

Artikel Lainnya di nutrisi