10 Manfaat Jus Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

Tinggi serat dan baik untuk kesehatan jantung

10 Manfaat Jus Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Alpukat adalah salah satu buah yang dikenal akan manfaatnya yang luar biasa, terutama bagi ibu hamil. Jus alpukat tidak hanya lezat, tetapi juga sarat dengan nutrisi penting yang mendukung kehamilan yang sehat.

Ibu hamil bisa menjadikan alpukat sebagai camilan sehat, maupun dibuat jus yang menyegarkan. Nah, berikut adalah beberapa manfaat penting dari jus alpukat untuk ibu hamil.

1. Sumber Kalori dan Lemak Sehat yang Penting

Selama kehamilan, kebutuhan kalori seorang ibu meningkat untuk mendukung pertumbuhan bayi. Alpukat adalah pilihan ideal karena satu buah alpukat sedang mengandung sekitar 250 kalori.

Lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak sehat, yang esensial untuk perkembangan otak dan mata janin. Lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat membantu mengurangi risiko inflamasi dan meningkatkan kesehatan jantung, yang sangat penting selama kehamilan.

2. Tinggi Serat untuk Pencernaan yang Sehat

pencernaan lancar
ilustrasi pencernaan lancar (freepik.com/wayhomestudio)

Ibu hamil sering mengalami sembelit karena perubahan hormon yang melambatkan sistem pencernaan. Alpukat dapat menjadi solusi alami karena kaya akan serat. Serat membantu memperlancar pergerakan usus, sehingga mengurangi risiko sembelit dan memastikan pencernaan yang lebih efisien.

Dengan mengonsumsi jus alpukat, ibu hamil dapat mencukupi kebutuhan serat harian mereka, yang juga membantu dalam mengontrol kadar gula darah.

3. Vitamin dan Mineral untuk Kesehatan Optimal

Alpukat merupakan buah yang kaya nutrisi, menyediakan berbagai vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan selama kehamilan. Vitamin C yang ada di dalamnya penting untuk penyembuhan luka, menjaga kesehatan gusi, dan melawan infeksi.

Sementara itu, vitamin E membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif dan meningkatkan kesehatan kulit. Lebih lanjut, menurut National Library of Medicine, asam folat dalam alpukat berperan penting dalam membantu mencegah cacat lahir utama yang mempengaruhi otak dan tulang belakang bayi.

4. Mencegah Anemia dengan Zat Besi

perempuan pusing karena anemia
ilustrasi perempuan pusing karena anemia (freepik.com/jcomp)

Anemia adalah masalah umum selama kehamilan yang dapat menyebabkan kelelahan dan komplikasi lain. Alpukat mengandung zat besi yang membantu dalam produksi hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Protein dan zat besi penting untuk mencegah anemia dan memastikan bahwa baik ibu maupun bayi mendapatkan cukup oksigen.

Baca Juga: ​8 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil, Adakah Bahayanya? 

5. Mencegah Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional adalah kondisi yang mempengaruhi kadar gula darah selama kehamilan. Serat yang tinggi dalam alpukat membantu dalam mengelola kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan glukosa ke dalam darah.

Hal ini dapat membantu mengurangi risiko mengembangkan diabetes gestasional, yang jika tidak diatur dapat menyebabkan komplikasi selama persalinan.

6. Mengurangi Risiko Preeklampsia

ibu hamil minum
ilustrasi ibu hamil (freepik.com/senivpetro)

Preeklampsia adalah kondisi yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan bisa sangat berbahaya. Melansir WebMD, kalium dalam alpukat membantu mengurangi tekanan darah dengan menyeimbangkan efek natrium dalam tubuh. Konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu mengurangi risiko mengembangkan preeklampsia.

7. Menjaga Kesehatan Jantung dengan Mengatur Kolesterol

Alpukat memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL (buruk) sambil meningkatkan kolesterol HDL (baik). Ini penting untuk menjaga kesehatan jantung ibu selama kehamilan, yang bekerja lebih keras selama periode ini.

8. Efisiensi dalam Penyerapan Nutrisi

jus alpukat
ilustrasi jus alpukat (unsplash.com/Art Rachen)

Lemak sehat dalam alpukat meningkatkan penyerapan vitamin larut lemak, yang sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Ini termasuk vitamin A, yang penting untuk penglihatan, pertumbuhan, dan fungsi imun; vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang; dan vitamin E, yang melindungi sel-sel dari kerusakan.

9. Perlindungan Mata dengan Antioksidan

Lutein dan zeaxanthin adalah antioksidan yang terkandung dalam alpukat yang berperan dalam kesehatan mata. Kedua antioksidan tersebut juga membantu melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak, potensial memberikan manfaat jangka panjang bagi ibu dan bayi.

10. Mendukung Kesehatan Tulang dan Pembekuan Darah

sayuran yang tidak boleh untuk ibu hamil
ilustrasi ibu hamil (unsplash.com/juan encalada)

Vitamin K dalam alpukat sangat penting untuk pembentukan tulang dan proses pembekuan darah yang sehat. Vitamin ini penting tidak hanya untuk pertumbuhan bayi, tetapi juga membantu mencegah kehilangan darah yang berlebihan selama dan setelah persalinan.

Baca Juga: 7 Cara Menyimpan Alpukat dengan Tepat Agar Tidak Cepat Busuk

Menambahkan jus alpukat ke dalam menu makan harian selama kehamilan dapat memberikan manfaat kesehatan yang luas. Tidak hanya bagi ibu tetapi juga untuk perkembangan bayi yang sehat.

Pastikan untuk mengkonsultasikan konsumsi jus ini dengan dokter atau ahli gizi, ya. Hal ini untuk memastikan jumlah yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan diet spesifikmu selama kehamilan.

Jika kamu ingin menemukan resep, nutrisi, maupun rekomendasi kuliner lainnya. Kamu bisa download Yummy App! Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Lina Dwi S

Lina Dwi S

Mini Bites Choco Cheesy Toast

Mini Bites Choco Cheesy Toast

(5.0)

6 langkah

119

Artikel Lainnya di nutrisi