7 Cara Menyimpan Alpukat dengan Tepat Agar Tidak Cepat Busuk

Alpukat jadi tahan lama untuk distok di rumah.

7 Cara Menyimpan Alpukat dengan Tepat Agar Tidak Cepat Busuk

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Alpukat merupakan salah satu dari banyak buah yang menjadi favorit masyarakat. Tidak hanya bisa dikonsumsi langsung, alpukat juga bisa dibuat beraneka macam olahan. Bisa dibuat jus, saus alpukat (Guacamole), es buah, puding, dll. 

Selain rasanya yang enak, alpukat juga memiliki banyak manfaat. Kandungan gizi yang ada di dalamnya juga baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, tidak sedikit masyarakat yang memilih alpukat sebagai stok buah-buahan di rumah.

Namun, alpukat ternyata salah satu buah yang mudah busuk kalau cara menyimpannya kurang tepat. Hal ini harus menjadi perhatian jika kamu mau menyetok buah alpukat di rumah untuk waktu yang lama. Kamu tidak perlu bingung, berikut cara menyimpan alpukat agar tidak busuk yang bisa kamu ikuti. Dengan cara-cara ini, alpukat bisa bertahan hingga 1-3 bulan, loh!

1. Menyimpan di suhu ruang

1. Menyimpan di suhu ruang

Untuk kamu yang membeli buah alpukat masih dalam keadaan belum matang  atau setengah matang, cara menyimpan alpukat pertama yaitu dengan menyimpannya di suhu ruang. Jauhkan dari sinar matahari langsung. Kamu bisa menyimpannya pada wadah atau keranjang di dalam ruangan. 

Dengan cara tersebut, buah alpukatmu bisa tahan hingga 5 hari. Pastikan untuk selalu mengecek alpukat dengan cara menekannya dengan lembut.

2. Menyimpan alpukat di dalam kulkas

2. Menyimpan alpukat di dalam kulkas

Sementara itu, untuk kamu yang membeli alpukat yang sudah matang dan ingin menyimpannya, cara menyimpan alpukat yang tepat adalah dengan menyimpannya di dalam kulkas. Kulkas merupakan tempat yang paling aman dalam menyimpan berbagai buah. 

Alpukat yang disimpan di dalam kulkas, proses pematangannya akan terhambat karena suhu dingin. Jadi alpukat tidak akan cepat membusuk. Dengan menyimpan di dalam kulkas, alpukatmu bisa tahan hingga 3 hingga 5 hari.

3. Meletakkan potongan alpukat di dalam freezer

3. Meletakkan potongan alpukat di dalam

Cara menyimpan alpukat agar tidak busuk selanjutnya adalah dengan menyimpannya di dalam freezer. Cara ini sangat cocok dilakukan olehmu yang akan mengolah buah alpukat menjadi hidangan lain, seperti jus, saus, dan smoothies.

Kamu bisa memotong-motong terlebih dahulu buah alpukat dalam bentuk dadu. Kemudian memasukkannya ke dalam wadah kedap udara. Lalu, simpan di dalam freezer. Jika sewaktu-waktu akan digunakan, ambil sebagian dan simpan kembali sisanya ke dalam freezer.

Dengan cara ini, alpukatmu dapat bertahan jauh lebih lama dari cara-cara sebelumnya. 

Baca Juga: 4 Cara Menyimpan Tahu di Kulkas Agar Awet, Mudah Banget!

4. Simpan di dekat bawang bombai

4. Simpan di dekat bawang bombai

Bawang bombai memiliki kandungan sulfur dioxide yang mampu menghambat pembusukan pada buah. Oleh karena itu, menyimpan buah alpukat di dekat bawang bombai dapat membuat alpukat menjadi awet. Kamu hanya perlu menyimpan alpukat ke dalam kulkas dan posisikan alpukat berdekatan dengan bawang. 

5. Simpan alpukat dengan dibungkus kertas bekas

5. Simpan alpukat dengan dibungkus kertas bekas

Cara menyimpan alpukat agar tidak cepat busuk selanjutnya adalah dengan membungkusnya dengan kertas bekas.

Kamu bisa menggunakan kertas bekas seperti kertas koran, kertas roti, atau kertas apapun untuk menyimpan alpukat agar tahan lebih lama. Hal ini disebabkan karena kertas dapat menyerap uap dari udara. Uap tersebut yang menyebabkan alpukat cepat membusuk.

Selain itu, membungkus alpukat dengan kertas juga berguna untuk mematangkan buah dengan hasil kematangan yang baik.

6. Bungkus dengan plastic wrap

6. Bungkus dengan

Kalau kamu terlanjut mengonsumsi buah dan tidak langsung semua bagian, sisa bagiannya bisa kamu simpan dengan dibungkus menggunakan plastic wrap. Buah alpukat yang terlapisi oleh plastic wrap tidak akan mudah busuk karena lapisan plastik mencegah udara maupun bakteri menempel pada daging buah. Alhasil, alpukatmu menjadi awet dan tidak cepat busuk.

7. Menambahkan kandungan asam pada daging

7. Menambahkan kandungan asam pada daging

Selain membungkus menggunakan kertas maupun plastic wrap, kamu juga bisa menghambat proses pembusukan alpukat dengan mengolesi kandungan asam. Untuk alpukat yang sudah kamu buka dan potong, kamu bisa menambahkan perasan lemon, jeruk nipis, ataupun cuka agar bagian daging buah tidak terpapar udara dan proses oksidasi tidak terjadi. Setelah itu bisa kamu simpan di dalam kulkas agar alpukat menjadi lebih awet dan tetap segar.

Itulah tujuh cara menyimpan alpukat agar tidak busuk. Cara-cara tersebut bisa kamu praktikan di rumah agar kamu bisa menyetok alpukat tanpa khawatir cepat busuk. 

Jika menurutmu artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya kepada teman-temanmu ya, Sobat Yummy!

Temukan informasi dan tips menarik seputar makanan lainnya hanya di Yummy App.

Penulis: Deden Usman Hafidi

Baca Juga: ​7 Cara Menyimpan Brokoli di Kulkas agar Awet dan Tetap Segar

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Anugrah Lestari

Anugrah Lestari

Es Alpukat Susu

Es Alpukat Susu

(5.0)

5 langkah

415

Artikel Lainnya di tips