10 Manfaat Susu Sapi Murni bagi Kesehatan yang Harus Diketahui

Suka minum susu sapi? Kenali manfaat baiknya berikut ini!

10 Manfaat Susu Sapi Murni bagi Kesehatan yang Harus Diketahui

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Suka minum susu sapi ternyata punya banyak manfaat yang dapat mendukung kesehatan, lho! Manfaat susu sapi ini hanya dapat diperoleh jika dikonsumsi dengan tepat sesuai kebutuhan tentunya.

Ada banyak jenis susu sapi yang biasanya beredar. Kali ini Yummy App akan membahas mengenai manfaat susu sapi murni sekaligus efek sampingnya bagi tubuh. Lantas, apa bedanya susu sapi murni dengan susu sapi lainnya?

Susu sapi murni tidak sama dengan susu pasteurisasi atau susu UHT (Ultra High Temperature). Dua istilah tersebut merujuk pada proses pengolahan dan sterilisasi susu sapi untuk mencegah berkembangnya bakteri dan mikroorganisme jahat di dalam susu segar. Proses ini juga dilakukan agar susu lebih aman dikonsumsi dan lebih tahan lama. Sayangnya, proses pemanasan ini seringkali membuat kandungan gizi pada susu berubah, atau bahkan hilang.

Sementara pada susu sapi murni, proses sterilisasi dan pemanasan dilakukan secara singkat dengan suhu sekitar 70 derajat Celcius. Hal ini memungkinkan susu murni untuk tetap menyimpan kandungan gizinya dengan baik saat masuk ke tubuh. Namun, susu murni tidak dapat bertahan lebih dari enam jam pada suhu ruang, sehingga harus segera dikonsumsi.

Kandungan nutrisi susu sapi murni

manfaat susu sapi segar bagi kesehatan
ilustrasi susu sapi segar (freepik.com/freepik)

Kandungan nutrisi pada susu sapi murni meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, fosfor, zat besi, kalium, asam amino, magnesium, dan zinc. Jumlah nutrisi tersebut sebetulnya juga dapat berbeda-beda tergantung dari proses pengolahan susunya.

Untuk dapat mengetahui manfaat susu sapi murni lebih lanjut, berikut informasi yang Yummy App rangkum untuk kamu!

1. Menghindari risiko penyakit jantung

jantung sehat
ilustrasi jantung sehat (freepik.com/freepik)

Ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk merawat kesehatan jantung, salah satunya bisa didapatkan dari manfaat susu sapi murni. Kandungan kalium dan potasium yang terdapat di dalamnya, dapat membantu meningkatkan fungsi jantung serta mengurangi tekanan darah.

Saat jantung sehat dan peredaran darah berjalan lancar, beragam risiko penyakit berbahaya pun dapat dicegah sedini mungkin.

2. Mendukung pertumbuhan tulang

anak-anak dalam masa pertumbuhan
ilustrasi anak-anak dalam masa pertumbuhan (freepik.com/jcomp)

Sudah bukan rahasia lagi bahwa manfaat susu sapi murni dapat membantu pertumbuhan tulang, terutama bagi anak-anak di masa pertumbuhan. Kalsium, fosfor, dan zat besi adalah kandungan mineral pada susu sapi murni yang berkontribusi dalam meningkatkan kepadatan tulang.

Kandungan nutrisi dan mineral penting tersebut dapat menunjang tumbuh kembang anak dan mencegah pengeroposan tulang. Untuk itu, agar tubuh dapat tumbuh dengan baik, sangat dianjurkan mengonsumsi susu sapi murni secara rutin, maksimal satu gelas per hari.

3. Mengurangi risiko osteoporosis

penyakit osteoporosis
ilustrasi penyakit osteoporosis (freepik.com/jcomp)

Osteoporosis atau radang sendi, dapat dicegah dengan mengonsumsi susu sapi murni secara rutin. Kandungan vitamin K dan magnesium menjadikan susu sapi bermanfaat dalam mengurangi risiko osteoporosis di masa depan.

4. Mencegah kerusakan gigi

kesehatan gigi
ilustrasi gigi (freepik.com/racook_studio)

Kerusakan gigi dapat terjadi karena terkikisnya enamel gigi atau lapisan terluar gigi akibat penumpukan plak dan bakteri. Selain membersikan bakteri dengan cara menyikat gigi, kamu juga harus membentuk kembali enamel gigi yang rusak. Caranya bisa dilakukan dengan mengonsumsi susu sapi murni.

Pada susu sapi murni, terdapat kandungan mineral seperti kalsium, vitamin D, fosfor, serta kalium yang memiliki peran dalam mengembalikan mineral dan membentuk kembali enamel gigi yang terkikis. Hal ini akan membuat gigi menjadi lebih kokoh dan terlindung dari kerusakan.

5. Merawat kulit

kulit wajah yang terawat
ilustrasi kulit yang terawat (freepik.com/freepik)

Sudah pernah dengar mengenai manfaat susu sapi murni yang satu ini? Kandungan asam amino memiliki peran dalam pembentukan kolagen sehingga kulit tampak cerah dan terawat. Sifat anti-inflamasi pada susu sapi murni membuatnya juga dapat menenangkan sekaligus menyejukkan kulit.

Selain sifat anti-inflamasinya, kandungan zinc, juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan menghentikan pendarahan di kulit. Zinc bekerja sama dengan fibrinogen untuk membentuk jaringan baru pada kulit yang terluka.

Saat ini juga banyak ragam produk kecantikan yang hadir dengan memperkenalkan manfaat susu sapi murni sebagai salah satu bahan perawatan kulit dan tubuh.

Baca Juga: ​6 Jenis Buah untuk Kulit Berjerawat yang Wajib Kamu Ketahui

6. Meningkatkan imunitas

peningkatan sistem imunitas
ilustrasi peningkatan sistem imunitas (freepik.com/freepik)

Kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin, susu sapi murni ternyata juga dapat membantu ketahanan tubuh dan menjaga sistem imun, lho! Kandungan protein, vitamin A, asam lemak omega-3, dan antioksidan di dalamnya dapat membantumu melawan virus dan infeksi penyakit.

Kandungan magnesium juga dapat membantu menjaga tubuh agar tetap fit dan bertenaga meski memiliki aktivitas padat. Jika rutin minum susu sapi murni, hal ini akan sangat membantu bagi kamu yang memiliki banyak kegiatan dengan mobilitas tinggi.

7. Meningkatkan kualitas tidur

tidur yang berkualitas
ilustrasi tidur yang berkualitas (freepik.com/tirachards)

Bagi kamu yang sedang berjuang untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, selain mengatur kembali kebiasaan dan jadwal tidur ideal, kamu juga bisa mengambil manfaat dari susu sapi murni. Bagaimana susu sapi dapat membantumu dalam hal ini?

Susu sapi murni memiliki senyawa tyrosine yang dapat memproduksi hormon serotonin. Hormon inilah yang seringkali berkaitan dengan suasana hati, nafsu makan, hingga kualitas tidur.

Hal-hal kecil yang terjadi saat tidur seperti gerakan kecil atau rasa lapar, dapat diminimalisir dengan minum susu. Sehingga kamu bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

8. Mengoptimalkan fungsi otak

fungsi otak yang optimal
ilustrasi fungsi otak yang optimal (freepik.com/freepik)

Otak merupakan organ penting yang dimiliki tubuh, jadi sudah seharusnya kita berusaha untuk mengoptimalkan fungsi dan kinerjanya. Susu sapi murni mengandung seng, zat leticin, dan iodium yang membantu meningkatkan efisiensi kinerja otak. Jika otak berfungsi optimal, tubuh dan lingkungan pun akan terkoordinasi dengan baik.

Sementara itu, hasil penelitian kandungan nutrisi susu sapi oleh The American Journal of Clinical Nutrition, susu sapi dapat membantu kinerja otak pada orang-orang usia lanjut. Hal ini terjadi berkat peningkatan kadar glutathione pada otak dengan mengonsumsi susu sapi. Glutathione sangat berperan dalam mencegah berbagai permasalahan dan penyakit seperti alzheimer dan parkinson.  

9. Melancarkan pencernaan

pencernaan lancar
ilustrasi pencernaan lancar (freepik.com/wayhomestudio)

Manfaat susu sapi murni yang menarik lainnya adalah membantu mempercepat proses pencernaan. Berkat kandungan kasein dalam susu sapi murni, kandungan fosfor dan kalsium dapat langsung menuju saluran pencernaan, sehingga mendorong adanya pelepasan cairan di perut.

Kasein juga dapat mencegah serangan patogen pada saluran pencernaan, sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi beberapa gangguan seperti infeksi bakteri di saluran pencernaan, tukak lambung, hingga GERD.

Namun, kandungan laktosa pada susu yang bereaksi di perut kosong bisa merangsang rasa mules hingga diare. Karena itu, disarankan minum susu setelah makan, terutama di pagi hari.

10. Menambah massa otot dan mengurangi lemak

massa otot
ilustrasi massa otot (freepik.com/wirestock)

Maanfaat susu sapi berikut ini merupakan kabar gembira bagi kamu yang rutin dan senang berolahraga. Susu sapi rendah lemak telah dibuktikan dalam sebuah studi bisa berdampak baik dalam peningkatan massa otot yang mengurangi lemak pada orang-orang yang rutin berolahraga.

Mengonsumsi susu sapi murni sebagai bagian dari diet seimbang dan perbaikan pola makan, juga dapat membantu mengontrol berat badan dan mencegah risiko obesitas.

Namun yang perlu digarisbawahi adalah, ketercapaian ini hanya berlaku jika diikuti dengan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, serta olahraga dengan teratur. Jika tidak, yang terjadi justru malah sebaliknya, jadi terus perhatikan kebiasaan makan dan aktivitas harianmu, ya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Susu Rendah Lemak untuk Diet, Wajib Dicoba!

Efek samping mengonsumsi susu sapi murni

ilustrasi mengonsumsi susu sapi murni
ilustrasi mengonsumsi susu sapi murni (freepik.com/freepik)

Meski punya manfaat baik, namun minum susu sapi murni secara berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping. Terlebih bagi kamu yang alergi susu sapi dan laktosa intoleran, mangonsumsi susu sapi murni dapat menimbulkan beberapa hal berikut:

  1. gangguan atau alergi susu murni (laktosa intoleran),
  2. mual dan muntah,
  3. sakit perut dan diare,
  4. gangguan fungsi ginjal.

Beberapa gangguan di aas terjadi karena kandungan protein dan kalium yang bisa saja tidak dapat diproses tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Untuk itu, penting agar kamu memperhatikan jumlah asupan nutrisi harian agar tidak menjadi penyebab timbulnya bermacam gangguan kesehatan.

Kini kamu sudah lebih paham mengenai manfaat minum susu sapi murni bagi kesehatan sekaligus efek sampingnya. Perhatikan juga aktivitas fisik dan konsumsi makanan bergizi agar khasiat yang didapat lebih maksimal, ya.

Baca Juga: Perbedaan Susu Kental Manis dan Krimer, Yakin Sudah Paham?  

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Dinar Syarif

Dinar Syarif

Es Susu Kurma

Es Susu Kurma

(5.0)

60 mnt

417

Artikel Lainnya di nutrisi