​15 Minuman yang Bagus untuk Ibu Hamil, Ibu dan Janin Sehat

Minuman yang sehat dan aman dikonsumsi ibu hamil

​15 Minuman yang Bagus untuk Ibu Hamil, Ibu dan Janin Sehat

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Ketika para ibu sedang hamil, maka nutrisi yang dibutuhkan semakin banyak. Nutrisi tersebut dibutuhkan oleh ibu dan calon bayi.

Namun, sering kali para ibu hamil kesulitan untuk mengonsumsi sesuatu karena rasa mualnya. Untuk itu Yummy merangkum 15 minuman yang bagus untuk ibu hamil bernutrisi baik dan dapat mengatasi rasa mual.

Yuk, langsung simak ulasannya berikut ini!

1. Teh Hijau

1. Teh Hijau

Teh hijau tergolong dalam minuman yang bagus untuk hamil apabila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Teh hijau kaya akan nutrisi yang baik untuk ibu dan calon bayi, mulai dari serat, protein, polifenol, flavanols, flavonoid, dan asam fenolik. Flavanols memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

2. Yogurt

2. Yogurt

Susu merupakan minuman yang bagus untuk ibu hamil. Susu dan produk olahan susu lainnya dapat memenuhi kebutuhan protein dan kalsium bagi ibu dan janin.

Namun, sering kali para ibu hamil kesulitan mengonsumsi susu karena membuat mual. Maka dari itu yogurt adalah solusinya. Kamu bisa menikmati yogurt dari pasaran atau berkreasi dengan resep dari Yummy!

Baca Juga: 8 Rekomendasi Yogurt untuk Salad Buah yang Enak

3. Jus Alpukat

3. Jus Alpukat

Dalam daftar berikutnya minuman yang bagus untuk hamil dari Yummy App kali ini adalah jus alpukat.

Alpukat memiliki asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk ibu hamil. Asam lemak ini baik untuk membantu perkembangan otak, kulit dan jaringan tubuh janin yang menurunkan risiko bayi lahir cacat. 

Dengan alpukat, ibu hamil dapat melengkapi kebutuhan vitamin seperti vitamin K, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Alpukat juga dapat memenuhi kebutuhan serat, kalium, dan tembaga.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Alpukat yang Bagus dan Tepat dengan Mudah

4. Jus Jeruk

4. Jus Jeruk

Jus jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang membuatnya menjadi minuman yang bagus untuk hamil karena sangat dibutuhkan si ibu dan janin. Oleh karena itu, jus ini merupakan minuman yang bagus untuk ibu hamil.

Jus jeruk juga memiliki kandungan-kandungan lain yang dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah ibu hamil. Selain itu, dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh ibu dan janin.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Jeruk yang Manis dan Segar, biar Gak Salah Pilih

5. Green Juice

5. Green Juice

Sayur-sayuran hijau sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Apabila kamu tidak terlalu bernafsu untuk mengkonsumsi sayur, kamu bisa membuat green juice sebagai alternatif.

Kamu bisa menggunakan pokcoy, wortel, seledri, dan timun. Campurkan dengan madu dan lemon sebagai penambah rasa yang lebih segar.

6. Teh Chamomile

6. Teh Chamomile

Dengan khasiat untuk melawan insomnia, teh chamomile juga merupakan minuman yang bagus untuk ibu hamil. Ibu hamil sering kali kesulitan untuk tidur, baik karena ketidaknyamanan dengan tubuh yang semakin berat atau hormon yang tidak stabil. 

Secangkir teh chamomile akan menenangkan pikiran dan membantu kamu untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

7. Teh Jahe

7. Teh Jahe

Dalam daftar berikutnya minuman yang bagus untuk hamil dari Yummy App adalah teh jahe.

Teh jahe memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Manfaat tersebut antara lain adalah mengatasi rasa mual, menambah nafsu makan, mengatasi hiperemesis gravidarum, meredakan kram perut, dan melawan infeksi.

Cara membuatnya mudah, cukup rebus irisan atau parutan jahe hingga mendidih. Saring air rebusan tersebut dan minum sari jahenya.

Baca Juga: 10 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

8. Wedang Uwuh

8. Wedang Uwuh

Selain teh jahe, wedang uwuh juga terbuat dari sari jahe yang menjadikannya minuman yang bagus untuk ibu hamil. Bahan-bahannya adalah kayu manis, secang, jahe geprek, cengkeh, dan kapulaga.

Rebus semua bahan hingga mendidih dan sajikan dengan menambahkan gula atau madu. Rasakan kehangatannya dan keunikan wedang uwuh yang menyehatkan.

9. Air Kelapa

9. Air Kelapa

Air kelapa sangat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi pada ibu hamil. Hal ini dikarenakan, air kelapa yang kaya akan mikro mineral yang dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Selain itu, air kelapa juga sangat baik untuk mengatasi rasa mual dan konstipasi yang sering dialami ibu hamil pada masa kehamilannya.

Baca Juga: ​8 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil, Adakah Bahayanya? 

10. Es Kacang Merah

10. Es Kacang Merah

Kacang merah kaya akan kalsium, protein, dan karbohidrat kompleks. Kandungan-kandungan ini sangat penting dalam pembentukan jaringan dan organ tubuh calon bayi.

Kalsium yang terkandung juga baik untuk memastikan kesehatan tulang ibu hamil tetap kuat dan sehat. Selain itu, juga membantu pembentukan jaringan tulang dan gigi janin.

11. Es Rumput Laut

11. Es Rumput Laut

Bagi para ibu yang tidak mengonsumsi ikan karena bau amisnya atau alergi, rumput laut dapat menjadi alternatif. Kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung pada ikan juga dapat ditemukan di rumput laut.

Kandungan ini merupakan nutrisi yang sehat dan aman bagi ibu hamil dan janinnya. Buat es rumput laut dengan campuran madu, buah, dan perasan lemon.

12. Tropical Juice

12. Tropical Juice

Selain jus jeruk, tropical juice juga merupakan minuman yang bagus untuk ibu hamil. Isi buah segar yang beragam dan kaya akan vitamin juga mineral sangat baik untuk ibu hamil dan janinnya.

Kamu dapat menggunakan buah-buahan tropis seperti manggis, acai, persik, nanas, pisang, mangga, pir, dan apel untuk membuat tropical juice.

13. Lemon-Infused Water

13. Lemon-Infused Water

Lemon kaya akan elektrolit dan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh ibu hamil dan calon bayi. Buah yang satu ini juga bagus untuk menjaga ibu hamil dari dehidrasi.

Vitamin C-nya memudahkan tubuh menyerap zat besi. Ditambah, lemon juga dapat membantu mengatasi rasa mual. Konsumsi lemon dengan merendam lemon di air matang bersama daun mint dan jahe sebagai lemon-infused water.

14. Wedang Secang

14. Wedang Secang

Daftar selanjutnya minuman yang bagus untuk hamil dari Yummy App adalah wedang. Wedang secang merupakan rekomendasi minuman yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya. Kamu cukup merebus kayu secang, cengkih, kayu manis, pala, dan irisan jahe hingga mendidih.

Lalu, kamu dapat menyajikan dengan satu sendok makan madu dan satu iris lemon. Rasa hangat yang diberikan minuman rempah ini baik untuk imunitas ibu hamil.

15. Air Putih

15. Air Putih

Daftar terakhir minuman yang bagus untuk hamil dari Yummy App kali ini adalah tentu saja air putih. Air putih dengan segala kandungannya merupakan minuman yang baik untuk ibu hamil.

Rutin mengonsumsi air putih sangat baik untuk menjaga keseimbangan cairan pada tubuh ibu hamil, sehingga dehidrasi terhindar. Kebaikan-kebaikan lain juga menjadikan air putih sebagai minuman yang bagus untuk ibu hamil.

Ibu hamil sering kali merasa kesulitan untuk mengkonsumsi suatu produk baik makanan maupun minuman. Untuk itu, Yummy merekomendasikan 15 minuman yang bagus untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat, ya!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Yogurt with Purple Rice Youmie Ala Yummy

Yogurt with Purple Rice Youmie Ala Yummy

(4.6)

20 mnt

5.1 rb

Artikel Lainnya di nutrisi