6 Tips Aman Puasa untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Adakah yang harus dipantang selama berpuasa?

6 Tips Aman Puasa untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Dalam Islam, bulan Ramadan adalah bulan suci yang digunakan untuk merefleksikan diri. Umat muslim menghabiskan sebanyak 30 hari penuh untuk berpuasa, mulai dari matahari terbit hingga terbenam. 

Ibu hamil yang memutuskan untuk berpuasa di bulan Ramadhan mungkin akan merasa khawatir dengan kesehatan janinnya. Secara umum, puasa memang tidak berbahaya bagi janin dan ibu selama hamil selama keduanya dalam keadaan sehat. Namun, kondisi kehamilan seseorang pasti mengalami perbedaan. 

Nah, agar puasa di bulan Ramadhan ini bisa lebih aman, Yummy App merangkum tips berpuasa untuk ibu hamil yang bisa kamu ikuti.Yuk, simak informasinya agar kamu bisa puasa dengan tenang tahun ini.

Amankah jika ibu hamil berpuasa?

Ibu hamil sedang menggenggam cangkir
Ilustrasi ibu hamil (freepik.com/freepik)

Di luar dari kondisi hamil, puasa dapat membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh seseorang. Puasa dapat membantu membakar kelebihan kalori dan mencegah penambahan berat badan. 

Namun, bagi ibu hamil mungkin ada kekhawatiran yang muncul ketika berpuasa sehari penuh di bulan Ramadan. Otoritas Islam setuju, seseorang yang mengkhawatirkan kesehatan janin selama kehamilan di bulan puasa adalah hal yang sah untuk berbuka. Masih banyak cara lain untuk menebus puasa tersebut.

Meskipun demikian, banyak wanita muslim yang memilih untuk tetap puasa selama bulan Ramadan. Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa puasa selama Ramadan dapat dilakukan tanpa adanya efek buruk. 

Pada akhirnya, puasa memang menjadi pilihan setiap individu di bulan Ramadan. Meski begitu, ibu hamil harus tetap dalam keadaan fit sebelum berpuasa. Pastikan kebugaran fisik kamu dengan cek kandungan dan berkonsultasi pada dokter sebelum puasa dimulai.

Baca Juga: 20 Ide Menu Masakan Berbuka Puasa untuk Dicoba di Rumah

Tips aman berpuasa untuk ibu hamil

ibu hamil memegang clipboard
Ilustrasi ibu hamil (freepik.com/freepik)

Meski puasa bagi beberapa ibu hamil dikatakan aman, kamu juga perlu aware dengan kondisi badan dan janinmu sendiri. Agar puasamu lebih tenang, lihat dulu tips aman berpuasa di bawah ini, yuk!


1. Cek kondisi kandungan dan konsultasikan dengan dokter

Ibu hamil yang dalam keadaan sehat dapat berpuasa tanpa rasa takut dengan kesehatan dan pertumbuhan bayinya. Tetapi, kamu juga perlu berkonsultasi setiap keadaanmu dengan dokter kandungan. Dokter akan memastikan apakah kamu bebas dari masalah kesehatan seperti gula darah tinggi atau tekanan darah tinggi sebelum berpuasa. 

Sebisa mungkin, jangan menutupi apapun keadaan kandunganmu kepada dokter. Bisa jadi saran dan tips akan berbeda berdasarkan keadaan kandungan yang kamu rasakan. 


2. Tetap terhidrasi

Dehidrasi adalah masalah serius yang harus diwaspadai selama hamil. Wanita hamil membutuhkan lebih banyak air karena air diperlukan untuk membentuk plasenta yang memberi nutrisi pada bayi yang sedang tumbuh. Tidak mendapatkan cukup air dapat menyebabkan ketuban cairan rendah, produksi ASI rendah, hingga menyebabkan persalinan prematur. 

Ada beberapa gejala kekurangan cairan yang mudah dikenali, yaitu mulut kering, sakit kepala, dan urin berwarna kuning. Namun, jika kamu mengalami pusing, badan lemas, hingga pingsan kamu perlu periksa gejala ini pada dokter. 

Kamu juga bisa menyiasati kekurangan cairan ini dengan menyantap makanan dengan kandungan air yang tinggi saat sahur. Hindari juga minuman berkafein seperti teh dan kopi yang membuat tubuh kehilangan banyak air. 


3. Jangan lewatkan makan sahur

Sahur dengan makanan bergizi seimbang sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil. Pastikan untuk mengkonsumsi karbohidrat baik, seperti roti gandum, oat, ubi jalar, dan produk multigrain. Hidangan seperti ini dapat melepaskan gula secara perlahan di hari yang sama. 

Konsumsi juga makanan kaya serat dan vitamin yang dapat mencegah sembelit, terutama pada masa kehamilan trimester ketiga. Selain itu, tambahkan juga makanan yang mengandung protein seperti telur, tempe, dan susu yang dapat memperpanjang penyerapan gula dari usus. Protein baik yang dikonsumsi dapat menambah energi dan membantu pertumbuhan janin. 


4. Perhatikan porsi makanan

Mengkonsumsi makanan sehat dan tidak melewatkan sahur adalah hal yang sangat penting untuk memenuhi gizi selama berpuasa. 

Ibu hamil perlu memperhatikan kualitas makanannya dibandingkan kuantitasnya. Makan berlebihan dalam porsi besar apalagi mengandung gula dan garam yang tinggi hanya dapat mengganggu sistem pencernaan dan menambah berat badan saja. Akan lebih baik, kamu mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil namun tinggi gizi. 


5. Hindari makanan berlemak, asin dan manis yang berlebihan

Menginginkan makanan yang manis, asin, dan berlemak adalah hal yang sangat wajar saat kita lapar. Namun, makanan seperti ini sangat tinggi kalori dan tidak baik untuk kesehatan kandungan.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkalori dan tidak dibarengi dengan aktivitas yang tinggi berisiko terkena tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ibu hamil saat berpuasa adalah:

  • Sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng, kamu bisa mengolah makanan dengan cara dikukus, ditumis, atau dipanggang. 
  • Hindari juga makanan kering yang mengandung mentega atau margarin, sebab mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi.
  • Hindari makanan olahan yang tinggi garam, seperti sosis, makanan ringan, ikan asin, hingga daging olahan. 
  • Sebagai gantinya, kamu bisa mengganti makanan manis dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung air, seperti buah semangka atau persik. 


6. Tetap aktif selama puasa

Tips terakhir yang harus kamu lakukan adalah tetap beraktivitas selama puasa. Lakukan jalan kecil setiap hari setelah makan. Tetap aktif di malam hari untuk membantu meningkatkan sistem pencernaan dan penyerapan makanan. 

Itulah beberapa tips aman berpuasa untuk ibu hamil yang bisa kamu terapkan tahun ini. Jangan lupa untuk memeriksakan kondisi kehamilan sebelum berpuasa ya. Pastikan keadaan kamu dan janin sehat! Semoga tips di atas membantu.

Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: 7 Asupan Gizi dan Nutrisi Untuk Ibu Hamil Muda 

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nulli

Nulli

Ikan Salmon Kuah Asam

Ikan Salmon Kuah Asam

(5.0)

5 langkah

1.4 rb

Artikel Lainnya di nutrisi