Rahasia Cara Memasak Pare agar Tidak Pahit dan Tetap Hijau

Olah paremu seperti ini agar tidak pahit dan tetap nikmat!

Rahasia Cara Memasak Pare agar Tidak Pahit dan Tetap Hijau

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Buah pare biasa ditemui pada olahan makanan, seperti siomay, botok, dan berbagai masakan yang ada di warteg. Siapa sangka, menurut data dari Kemenkes, buah bernama latin Momordica charantia L. ini, kaya akan nutrisi seperti kalsium, vitamin, fosfor, mineral nabati, hingga karotenoid. Sehingga pare memiliki sejumlah manfaat keren bagi tubuh.

Buah hijau ini, mampu menurunkan gula dalam darah, sebagai pencahar, sumber vitamin, memiliki sifat anti kanker, hingga meningkatkan imun tubuh.

Meskipun nutrisi dan manfaat yang segudang, nyatanya sebagian besar masyarakat tidak menyukai pare, karena rasanya yang pahit.

Tapi tahukah Sobat Yummy, sebenarnya rasa pahit pada masakan pare disebabkan karena cara mengolah yang salah. Pentingnya memperhatikan cara mengolah pare yang benar, akan menghasilkan rasa pare yang tidak pahit, dengan warna yang masih cantik dan tetap enak saat dinikmati. Kamu bisa ikuti tips berikut agar pare yang dimasak tidak lagi pahit.

1. Keruk bagian tengah buah

Setelah dicuci, metode pertama yang harus dilakukan dalam cara memasak pare agar tidak pahit dan tetap hijau yakni, kamu bisa mengeruk bagian putih yang terdapat banyak biji pare. Pasalnya bagian tersebut memiliki cita rasa paling pahit dibandingkan dengan area lainnya.

Sobat Yummy bisa membelah pare terlebih dahulu, kemudian keruk bagian pahit tersebut dengan sendok, hingga bersih. Setelah itu, kamu bisa memotong-motong pare sesuai selera.

2. Diremas dengan garam

cara memasak pare agar tidak pahit dan tetap hijau
ilustrasi garam (pixabay.com/mkupiec7)

Cara lain yang bisa kamu lakukan dalam misi menghilangkan rasa pahit pada pare yakni, dengan meremas pare dengan garam. Trik ini sangat populer di jagat media. Caranya dengan memotong kecil-kecil terlebih dahulu buah pare, masukkan dalam wadah yang lebih, kemudian taburi dengan garam.

Sobat Yummy bisa remas-remas pare hingga mengeluarkan juice atau air dari pare itu sendiri. Buah air, dan bilas pare dengan air mengalir berulang kali, hingga garam hilang dan tak merusak cita rasa pare.

3. Rendam dengan air garam

Masih dengan garam, Sobat Yummy bisa membuat larutan garam. Kemudian merendam buah pare pada larutan tersebut selama 15 menit. Setelah itu, kamu bisa cuci bersih pare hingga garam luruh. Pare pun siap untuk diolah lebih lanjut.

Baca Juga: Tips Memasak Lobak Putih agar Tidak Terasa Pahit

4. Diremas dengan gula

cara memasak pare agar tidak pahit dan tetap hijau
ilustrasi gula (pixabay.com/designfoto)

Selain dengan garam, ternyata kamu juga bisa menghilangkan rasa pahit dari pare dengan gula pasir, lho! Caranya mirip dengan metode meremas dengan garam.

Setelah dicuci bersih, keruk bagian tengah pare, kemudian potong kecil-kecil. Taburi pare dengan gula, remas-remas hingga pare layu yang mengeluarkan juice. Setelah itu, Sobat Yummy bisa bilas pare hingga sisa-sisa gula hilang. Pare pun siap untuk diolah.

5. Rebus dengan daun jambu biji

Cara memasak pare agar tidak pahit berikutnya yakni, kamu bisa mengkombinasikan daun jambu biji saat merebus pare. Perlu Sobat Yummy tahu, daun jambu biji ternyata bisa menetralisir cita rasa pahit pada pare, lho!

Setelah pare dicuci dan dibuang bagian tengahnya, kamu bisa rebus buah tersebut bersamaan dengan daun jambu biji, pada air mendidih. Masak selama 5–10 menit, kemudian angkat dan tiriskan, sebelum diolah lebih lanjut.

6. Masak dengan makanan bercita rasa kuat

cara memasak pare agar tidak pahit
ilustrasi masakan pare (pixabay.com/sharonang)

Nah, setelah kamu mencoba trik di atas, untuk mengolah pare kamu bisa memasaknya dengan cita rasa yang kuat, seperti asin, atau asam yang kuat. Sehingga rasa pahit yang tersisa pada pare tersamarkan. Contoh masakan, Sobat Yummy bisa menumis pare dengan ikan asin.

So, itulah beberapa cara memasak pare agar tidak pahit yang bisa kamu coba langsung. Dijamin akan menyamarkan rasa pahit, bahkan tidak merubah warna hijau pare. Setelah itu, Sobat Yummy bisa mengolahnya pada masakan kering ataupun berkuah.

Baca Juga: ​6 Cara Merebus Daun Pepaya agar Tidak Pahit, Mudah dan Cepat

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laylla gama

Laylla gama

Oseng Pare Tempe Saus Tiram

Oseng Pare Tempe Saus Tiram

(5.0)

30 mnt

194

Artikel Lainnya di tips