​5 Tips Olahraga Saat Puasa Tanpa Bikin Badan Lemas

​Puasa sehat antimager!

​5 Tips Olahraga Saat Puasa Tanpa Bikin Badan Lemas

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Saat puasa, tubuh kita cenderung akan merasa lelah lebih cepat. Beberapa orang juga cenderung malas beraktivitas karena energi yang ada di dalam tubuh semakin menipis. Namun jika tubuh tidak digerakkan, daya tahan tubuh akan menurun sehingga tubuh akan mudah sakit. 

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga yang teratur setiap harinya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kebugaran tubuhmu saat berpuasa, lho

Meskipun terdengar sulit, ada tips berolahraga yang bisa kamu lakukan saat berpuasa. Tenang saja, semua tips ini gak akan bikin tubuh kamu semakin lelah, kok. Simak tips olahraga saat puasa ala Yummy App di bawah ini, yuk, Sobat Yummy!

1. Tips olahraga di bulan puasa

Olahraga saat puasa
Ilustrasi olahraga saat puasa (freepik.com/tirachardz)

Di bulan puasa beberapa orang mengurangi aktivitasnya agar energi dalam tubuh tetap terjaga hingga waktu berbuka. Tapi, tanpa disadari hal itu justru yang akan membuat imunitas tubuh menurun selama berpuasa. Kegiatan yang harus tetap kamu lakukan selama berpuasa adalah olahraga. 

Olahraga dengan intensitas sedang bisa kamu terapkan di bulan ini. Contohnya, kamu bisa melakukan physical exercise (latihan fisik) untuk menjaga kebugaran tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga setiap hari, atau jika tidak memungkinkan kamu bisa melakukannya 2-3 kali dalam seminggu. 

Kamu bisa memulai dengan peregangan dasar, setelahnya melakukan olahraga yang kamu suka. Beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan saat puasa adalah bulutangkis, basket, lari santai atau sepeda selama 20-30 menit. 

Nah, supaya olahraga yang kamu lakukan tidak terasa berat, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

  • Lakukan olahraga setelah sahur. Ketika udara masih segar, kamu cenderung tidak akan merasa haus. Lakukan olahraga ringan seperti jalan dan lari santai selama 10-30 menit minimal 3 kali seminggu. 
  • Lakukan olahraga 2-3 jam sebelum berbuka puasa dengan durasi minimal 30 menit dan maksimal 2 jam. 
  • Berikan jeda sebanyak 2 jam antara olahraga dengan makan dan tidur.
  • Istirahat yang baik dan cukup dengan melakukan tidur siang selama 10-20 menit.
  • Perhatikan asupan gizi selama sahur dan berbuka. 

Baca Juga: 20 Resep Es Buah Segar untuk Berbuka Puasa ala Yummy App

2. Manfaat olahraga di bulan puasa

Olahraga ringan untuk puasa
Ilustrasi olahraga ringan (freepik.com/freepik)

Setelah melihat tips olahraga di atas, kamu juga perlu tahu apa saja manfaat dari berolahraga di bulan puasa. Bukan cuma untuk meningkatkan imunitas dan menjaga badan tetap bugar, ini dia manfaat lain dari olahraga di bulan puasa:

  • Menjaga kesehatan otot, otak, dan sistem saraf.
  • Mendukung proses pembakaran lemak tubuh yang lebih optimal (karena kamu tidak mengkonsumsi makanan karbohidrat di siang hari).
  • Mengurangi stres karena aktivitas sehari-hari.
  • Meminimalisir adanya penurunan fisik karena jarang beraktivitas. 
  • Melancarkan proses detoksifikasi pada tubuh karena gerakan dalam olahraga mampu memperlancar aliran darah. 
  • Menjaga produktivitas tubuh dan terhindar dari rasa ngantuk atau malas saat berpuasa.

3. Asupan makanan yang sehat di bulan puasa

Makanan sehat untuk puasa
Ilustrasi makana sehat (freepik.com/schantalao)

Meskipun kamu sudah melakukan olahraga di bulan puasa. Rasanya akan percuma jika asupan makanan yang kamu konsumsi tidak bergizi dan bernutrisi. Imunitas yang ada di dalam tubuh manusia sifatnya sangat kompleks, maka perlu dipelihara juga dengan asupan gizi yang seimbang. 

Namun, saat sahur kamu perlu menghindari makanan bergizi yang mengandung prebiotik, probiotik, dan sinbiotik. Pasalnya, makanan tersebut bisa membuat perutmu mulas dan sering buang air kecil. Contoh makanan yang harus kamu hindari adalah yogurt, asinan, susu fermentasi, gandum, buah beri, dan asparagus.

Selain itu di waktu berbuka, makanlah dengan prosi yang cukup dan tidak berlebihan. Hindari makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Sebagai gantinya, kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan. 

Berikut ini tips makanan yang bisa meningkatkan imunitas tubuhmu di bulan puasa, diantaranya:

  • Mengkonsumsi buah sebanyak 3-4 porsi sehari.
  • Mengkonsumsi sayur sebanyak 2-3 porsi sehari.
  • Mengkonsumsi 8 gelas air putih di waktu sahur dan berbuka.
  • Memilih makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks, seperti beras merah dan jagung.
  • Menambahkan lauk yang mengandung protein, seperti dada ayam tanpa kulit, ikan, telur, dan daging sapi.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang berminyak dan bersantan.


Cara mengolah makanan sehat di bulan puasa juga perlu diperhatikan. Jika memungkinkan, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus untuk menghindari minyak jenuh di dalam tubuh. 

Nah, itulah beberapa tips olahraga saat puasa yang bisa kamu terapkan di rumah. Jangan lupa untuk memperhatikan asupan makanan selama puasa agar imunitas tubuh tetap terjaga, ya, Sobat Yummy!

Baca Juga: ​Tips Mengatur Pola Makan Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan 

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Sushi Nasi Merah

Resep Teruji

Sushi Nasi Merah

(4.2)

469,6 Kj

2.5 rb

Artikel Lainnya di nutrisi