Advertisement

Advertisement

Advertisement

Apa Itu Tepung Maizena? Ini Perbedaannya dengan Tepung Terigu

Cari tahu disini apa itu maizena dan bedanya dengan terigu!

Apa Itu Tepung Maizena? Ini Perbedaannya dengan Tepung Terigu

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Macam-macam tepung memang sangat banyak. Berbagai jenis bahan dasar tepung, mulai dari gandum, jagung, kentang, dan biji-bijian seperti jagung. Pada umumnya, tepung dengan bahan dasar jagung disebut tepung maizena. Tepung inilah yang sering digunakan sebagai pengental olahan makanan.

Tepung maizena jika disandingkan dengan tepung terigu sekilas sangat mirip, karena tampilan fisik yang sama, berbentuk serbuk dengan warna putih, dan tekstur yang halus. Maka dari itu terkadang kamu sulit untuk membedakannya.

Apa itu tepung maizena dan apa perbedaannya dengan tepung terigu? Kali ini Yummy App telah merangkum serba-serbi mengenai tepung maizena dan perbedaannya dengan tepung terigu untuk kamu yang masih kesulitan membedakannya. Yuk, cari tahu dibawah ini!

Baca Juga: ​10 Fungsi Tepung Maizena, Tidak Hanya untuk Makanan

Advertisement

Apa itu tepung maizena?

Apa itu tepung maizena? Ternyata tepung maizena sebenarnya merupakan nama merek tepung jagung yang berasal dari Mexico. Akan tetapi di Indonesia sendiri, nama merek tersebut dijadikan penyebutan untuk tepung jagung.

Tepung maizena merupakan tepung yang terbuat dari bahan dasar pati jagung. Tepung ini didapatkan melewati beberapa metode yakni pemipilan jagung, perendaman dengan air dan larutan kapur, pengeringan untuk mengurangi kadar air, kemudian penggilingan dan pengayakan.

Secara umum, tepung maizena digunakan sebagai pengental berbagai olahan makanan. Seperti pembuatan saus, ataupun sup dengan kuah kental. Bahan dapur ini mampu mengikat air dengan baik saat pemasakan, karena adanya kandungan amilopektin.

Tak hanya sebagai pengental, campuran tepung maizena juga berguna dalam membuat kulit gorengan lebih crispy, juga sebagai pelembut dalam pembuatan kue kering, seperti kastengel.

Dari penelitian terbitan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat(2017), maizena memiliki nutrisi baik di dalamnya seperti, serat, karbohidrat, berbagai vitamin, bahkan rendah kalori. Nutrisi tersebut sangat cocok menjadi asupan kamu yang sedang menjalani program diet. Tepung maizena merupakan salah satu tepung yang free gluten, sehingga ringan dicerna bahkan untuk penderita celiac yang sulit menerima kehadiran gluten di pencernaan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tepung Protein Tinggi dengan Harga Terjangkau

Advertisement

Perbedaan tepung maizena dan tepung terigu

tepug maizena
ilustrasi tepung (Pixabay.com/kerdkanno)

Terkadang sulit untuk membedakan setiap tepung maizena dan tepung terigu hanya sekali melihat. Secara fisik dan tampilan kedua memiliki karakteristik yang sama. Tetapi jika diperhatikan dengan baik antara tepung maizena dan tepung terigu, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan tepung maizena dan tepung terigu:

1. Bahan dasar

Bahan dasar antara tepung maizena dan tepung terigu terbuat dari biji yang berbeda. Maizena terbuat dari pati jagung, sedangkan terigu berbahan dasar dari gandum.

2. Warna

Warna tepung maizena cenderung lebih putih bersih dibandingkan tepung terigu yang memiliki warna putih yang sedikit kusam. Tetapi beberapa merek tepung maizena memiliki warna putih dengan sedikit kekuningan.

3. Tekstur

Dari segi tekstur, jika disentuh oleh tangan, tepung maizena memiliki tekstur yang lebih halus dan licin. Sedangkan terigu memiliki tekstur yang lebih kesat.

4. Kandungan 

Dalam 100 g tepung maizena memiliki kandungan baik seperti, 85 g karbohidrat, 20 mg kalsium, 220 mcg tembaga, 6 mg natrium, 20 mg fosfor, maizena juga mengandung serat dan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, serta vitamin B3.

Sedangkan 100 g tepung terigu memiliki kandungan baik, 77 mg karbohidrat, 9 mg protein, 22 mg kalsium, 150 mg fosfor, 1,30 mg zat besi, dan memiliki jenis vitamin yang sama seperti tepung maizena.

Selain itu, tepung maizena yang berbahan dasar jagung tidak memiliki kandungan gluten, dibandingkan dengan tepung terigu yang bahan dasarnya dari gandum dan mengandung protein berupa gluten.

Sobat Yummy perlu tahu, tidak semua orang dapat mencerna gluten. Bagi beberapa orang protein gluten dapat menyebabkan masalah kesehatan khususnya pada penderita penyakit celiac dan penderita penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

5. Kegunaannya dalam dapur

Baik maizena ataupun terigu, memiliki kegunaan yang berbeda-beda pada urusan dapur. Maizena lebih berpotensi jika dalam tugas mengentalkan makanan. Tepung ini mampu mengikat air dengan baik dan memiliki konsistensi kekentalan. Serta jika dipanaskan, warna maizena tidak keruh atau lebih transparan daripada terigu.

Tetapi dalam urusan olahan makanan seperti roti, cake, mie dan lainnya, terigu lebih berpotensi sebagai bahan utamanya, dibandingkan tepung maizena.

Bagaimana, sudah mengetahui apa itu tepung maizena dan perbedaan tepung maizena dengan tepung terigu? Meskipun sekilas mereka sama, tapi secara warna, tekstur, bahkan manfaatnya dalam pengolahan makanan ternyata sangat berbeda, lho!

Baca Juga: ​15 Resep Makanan dari Tepung Beras, Manis, Enak, dan Murah 

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

Riska Wijaya

Riska Wijaya

Udang Goreng Maizena

Udang Goreng Maizena

(5.0)

6 langkah

473

Artikel Lainnya di nutrisi

Advertisement