​Sering Dijumpai, Ini Dia 4 Buah Yang Mengandung Vitamin D

​Bisa diolah jadi sajian lezat!

​Sering Dijumpai, Ini Dia 4 Buah Yang Mengandung Vitamin D

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Vitamin menjadi salah satu nutrisi harian yang penting untuk tubuh. Termasuk vitamin D yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tulang.

Vitamin D merupakan nutrisi yang membantu penyerapan kalsium dan fosfor pada tubuh. Terdapat dua jenis Vitamin D yaitu vitamin D2 dan vitamin D3 yang dibedakan berdasarkan sumbernya. Vitamin D2 didapat dari makanan sumber nabati, sedangkan untuk vitamin D3 bersumber dari hewani.

Selain untuk kesehatan tulang, vitamin D juga memiliki manfaat lain mencakup untuk meningkatkan imun, mengurangi risiko penyakit jantung dan paru, menurunkan resiko diabetes, serta membantu mengatasi depresi.

Kebutuhan harian akan vitamin D harus selalu tercukupi agar kesehatan tubuh terjaga. Buah-buahan menjadi salah satu sumber untuk mendapatkan vitamin D. Berikut daftar buah yang mengandung vitamin D.

1. Alpukat

Potongan buah alpukat yang sudah matang
ilustrasi buah alpukat (pexels.com/gustavofring)

Alpukat menjadi daftar pertama buah yang mengandung vitamin D. Kandungan minyak alami pada alpukat menjadi sumber dari vitamin D yang dipercaya dapat mempercepat penyembuhan dan memberi efek menenangkan pada kulit.

Terdapat berbagai cara untuk mendapatkan manfaat dari nutrisi vitamin D dalam buah ini. Alpukat bisa dikonsumsi dalam bentuk buah, digunakan untuk minyak esensial, atau dicampur pada olahan makanan.

2. Jeruk

manfaat jus jeruk untuk ibu hamil
ilustrasi jus jeruk (unsplash.com/Mateusz Feliksik)

Paling dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin C ini, ternyata juga kaya akan vitamin D.

Terlebih lagi bagi orang yang alergi dengan susu atau produk olahan susu. Jeruk ini bisa menjadi pengganti sumber vitamin D yang aman diminum sekaligus ramah bagi vegan.

Berbeda dengan alpukat, jeruk dapat menjadi buah yang mengandung vitamin D apabila dikonsumsi menjadi minuman seperti jus. Satu cangkir jus jeruk memiliki 100 IU (International Units) vitamin D yang ideal dikonsumsi tiap hari.

Baca Juga: Vitamin B12 Apa Saja? Ini Sumber Makanan yang Bisa Dicoba

3. Pisang

ilustrasi pisang ambon lumut
ilustrasi pisang ambon lumut (unsplash.com/Samuel Boadi)

Pisang mudah kita temui di berbagai tempat atau acara. Buah ini mengandung magnesium yang dapat membantu kinerja vitamin D dalam tubuh. Dengan kata lain pisang bukanlah buah yang mengandung vitamin D secara langsung.

Namun, magnesium yang tersimpan dalam pisang dibutuhkan untuk keseimbangan magnesium dan vitamin D dalam tubuh. Sebab, apabila terdapat kekurangan pada salah satunya dapat meningkatkan resiko kerapuhan tulang, terutama pada perempuan.

Dengan demikian, mengonsumsi pisang bisa menjadi upaya untuk menjaga kesehatan tulang. 

4. Mangga

segelas jus mangga
ilustrasi jus mangga (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Sama halnya dengan pisang, buah mangga juga mengandung magnesium yang tinggi sehingga dapat membantu mengaktifkan vitamin D di dalam tubuh. Selain menjadi buah yang mengandung vitamin D, manga juga memiliki banyak nutrisi mulai dari karbohidrat, serat, magnesium, vitamin C, dan vitamin E. 

Kamu akan mendapat semua nutrisi berharga itu jika menikmati potongan buah mangga segar. Atau juga bisa dibuat menjadi sorbet mangga dingin dengan campuran susu, jadi bisa mendapatkan vitamin D tambahan.  

Dengan mengonsumsi buah yang mengandung vitamin D seperti alpukat, jeruk, pisang, dan mangga, itu bisa membantu mencegah tubuh dari kekurangan vitamin D.

Pasalnya, jika seseorang mengalami defisiensi vitamin D maka kesehatannya berisiko terganggu dengan osteoporosis pada orang dewasa dan kejang pada bayi. Jadi, pastikan untuk mengkonsumsi vitamin D sesuai kebutuhan tubuh agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan, ya.

Baca Juga: ​15 Makanan yang Mengandung Vitamin B, Baik untuk Metabolisme

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Heny Rosita

Heny Rosita

Sorbet Mangga

Sorbet Mangga

(5.0)

5 langkah

463

Artikel Lainnya di nutrisi