8 Makanan yang Mengandung Kalium untuk Kesehatan Jantungmu!

Daftar makanan ini mudah ditemui untuk penuhi asupan kalium!

8 Makanan yang Mengandung Kalium untuk Kesehatan Jantungmu!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Mengonsumsi cukup makanan yang bergizi sangat diperlukan untuk pemenuhan asupan nutrisi yang lengkap bagi tubuh. Tapi sering kali, banyak orang yang lebih fokus pada pemenuhan asupan makronutrien (karbohidrat, protein, dan lemak), dan menyepelekan mikronutrien. Padahal mikronutrien tidak kalah penting untuk memenuhi keseimbangan nutrisi tubuh, seperti halnya mineral kalium.

Berdasarkan studi terbitan Jurnal Akademika Kimia, jenis mineral tersebut memegang peran penting dalam mengendalikan tekanan darah, meningkatkan kesehatan sistem saraf, dan pencegah stroke. Bahkan kekurangan kalium bisa berdampak pada detak jantung yang melambat, hingga kelumpuhan otot.

Konsumsi cukup makanan yang mengandung kalium akan menjauhkanmu dari berbagai penyakit kronis. Kalium atau disebut potasium sendiri, hadir di beberapa makanan yang tidak sulit untuk ditemukan. Mungkin juga ada di lemari esmu sekarang. Mau tahu apa saja? Let’s get to the list!

1. Kentang

Makanan yang mengandung kalium salah satunya, yakni kentang. Umbi sumber karbohidrat ini, bahkan mengandung 600 mg kalium dalam satu buahnya.

Tapi yang perlu Sobat Yummy perhatikan, agar kentang tidak kehilangan gizi kaliumnya, pengelolahan yang tepat adalah dengan memanggang atau merebusnya. Kemudian tidak berlebihan dalam penambahan garam pada kentang, agar tidak menambah jumlah natrium yang berlebih, maka manfaat kalium tidak dapat dinikmati. Selain tinggi kalium, kentang juga mengandung sejumlah gizi seperti protein, kalsium, fosfor, vitamin C, dan vitamin B1.

2. Alpukat

Alpukat makanan yang tinggi kalium
ilustrasi alpukat (unsplash.com/annemarie gruden)

Kalium juga ditemukan pada super fruit seperti alpukat. Bahkan kandungan kalium pada alpukat mencapai 900 mg dalam satu buahnya. Tingginya kandungan kalium inilah membuat alpukat dapat memenuhi 15% kebutuhan kalium per hari.

Buah ini dapat diolah menjadi jus yang dicampur dengan buah kaya nutrisi lainnya, seperti pisang, dengan tambahan madu. Atau Sobat Yummy bisa olah alpukat menjadi makanan asin, seperti isian toast.

3. Tomat

Tomat menjadi makanan berikutnya yang mengandung kalium. Buah yang selalu dianggap sayuran ini memiliki kalium yang cukup besar. Dalam 100 g memiliki total 360 mg kalium.

Selain itu tomat merupakan sumber vitamin C, vitamin K, vitamin A, vitamin B6, folat, antioksidan dan lainnya yang bagus untuk kesehatan mata, kulit, jantung, hingga pencernaan.

Cara mengolah tomat agar mendapatkan manfaat kaliumnya yaitu bisa dengan dikonsumsi langsung, maupun dibuat jus.

4. Pisang

Pisang makanan yang mengandung kalium
ilustrasi pisang (unsplash.com/anastasia eremina)

Buah yang sering ditemui seperti pisang juga merupakan sumber kalium. Buah berwarna kuning ini mengandung sekitar 420 mg kalium dalam satu buahnya, yang dapat memenuhi 10% dari kebutuhan kalium per hari.

Selain itu, jika Sobat Yummy mengonsumsi pisang, kamu juga akan dapat karbohidrat dan serat yang membuat kenyang lebih lama dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Dijamin Matang Merata, Ikuti 5 Cara Agar Pisang Cepat Matang Ini!

5. Kacang-kacangan

Sobat Yummy harus tahu, umumnya semua jenis kacang mengandung tinggi kalium, lho! Kacang tanah yang kerap digunakan sebagai saus gado-gado, rujak, ataupun ketoprak memiliki 536 mg kalium di setiap 100 gramnya.

Sementara itu, kacang almond mengandung 684 mg kalium, kacang hijau mengandung 815 mg kalium, hingga kacang merah mencapai 600-1151 kalium per 100 g.

Bahkan kacang merah disebut sebagai salah satu sumber kalium terbaik untuk pemenuhan asupan nutrisi. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung gizi lainnya, seperti tinggi folat, vitamin, kalsium, hingga zat besi.

6. Blewah

Blewah makanan yang mengandung kalium
ilustrasi blewah (unsplash.com/townsend walton)

Siapa di sini yang suka minum es blewah? Buah tinggi kadar air yang manis dan menyegarkan ini ternyata memiliki kandungan kalium di dalamnya.

Dalam 100 g buah blewah mengandung sekitar 267 hingga 420 mg kalium. Selain itu, buah ini juga sumber vitamin A dan vitamin C, sehingga manfaatnya tidak hanya bagus untuk kesehatan jantung, tetapi juga mampu meningkatkan kesehatan mata dan kulit.

7. Seafood

Makanan tinggi kalium juga terdapat pada seafood. Biasanya ragam ikan merupakan sumber kalium yang baik, seperti halnya salmon, tuna, dan tenggiri. Ikan salmon memiliki 628 mg kalium per 100 g, kalium dalam 100 g tuna sekitar 400 mg, sedangkan tenggiri mengandung 446 mg kalium.

Selain itu, ikan juga tinggi akan omega-3 yang mampu mencegah penumpukan kolesterol. Sehingga kolaborasi antara gizi kalium dan omega-3 akan meningkatkan kesehatan jantung.

Tapi untuk menikmati manfaat dari ragam gizi seafood, lebih baik diolah dengan direbus atau dikukus. Hal ini karena proses penggorengan akan menurunkan kadar kalium dalam seafood.

8. Sayur Hijau

Bayam merupakan makanan tinggi kalium
ilustrasi bayam (unsplash.com/amanda frank)

Sayur mayur berdaun hijau juga menjadi sumber kalium yang baik. Contohnya yakni bayam dan brokoli. Dalam 100 g bayam memiliki 558 mg kalium, sedangkan brokoli mengandung 325 mg kalium. Selain itu, kedua sayur ini tinggi akan folat, yang mana gizi tersebut juga berperan penting dalam kesehatan jantung.

Itulah 8 pilihan sumber mineral kalium yang baik. Paling penting, jika Sobat Yummy berencana untuk memenuhi asupan kalium dari list makanan di atas, ada baiknya diolah dengan tidak digoreng.

Karena proses penggorengan dapat menurunkan kadar kalium daripada dalam keadaan mentah. So, kamu suka makanan sumber kaium yang mana?

Baca Juga: 7 Sayuran yang Mengandung Vitamin D, Pasti Ada Dikulkasmu!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nita95

Nita95

Sup Salmon Fillet

Sup Salmon Fillet

(5.0)

30 mnt

539

Artikel Lainnya di nutrisi