​15 Pilihan Makanan yang Mengandung Vitamin C, Bagus untuk Imun Tubuh!

​Mulai dari buah hingga sayuran

​15 Pilihan Makanan yang Mengandung Vitamin C, Bagus untuk Imun Tubuh!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Ada berbagai vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah vitamin C. 

Vitamin C dikenal sebagai asam askorbat yang dapat larut di dalam air yang berfungsi sebagai antioksidan dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C juga dapat melindungi kesehatan jantung, memulihkan jaringan, dan meningkatkan penyerapan nutrisi lain di dalam tubuh. 

Tubuh membutuhkan asupan vitamin C setiap harinya agar kondisi tetap fit. Hal yang terjadi jika tubuh kekurangan vitamin C adalah kamu akan mudah terkena memar, gusi berdarah, kelelahan, imun yang rendah, dan masalah kesehatan kulit.

Lalu, berapa banyak asupan vitamin C yang dibutuhkan tubuh? Berikut ini kebutuhan vitamin C harian yang sudah Yummy App rangkum dari Kemenkes Indonesia:

  • Umur 0-5 bulan memerlukan sebanyak 40 mg yang berasal dari ASI.
  • Umur 6-11 bulan memerlukan sebanyak 50 mg yang berasal dari MPASI.
  • Umur 1-3 tahun memerlukan sebanyak 40 m.
  • Umur 4-9 tahun memerlukan sebanyak 45 mg.
  • Umur 10-12 tahun memerlukan sebanyak 50.
  • Laki-laki berumur 13-15 tahun memerlukan sebanyak 75 mg.
  • Perempuan berumur 13-15 tahun memerlukan sebanyak 65 mg.
  • Laki-laki berumur 16-80 ke atas tahun memerlukan sebanyak 90 mg.
  • Perempuan berumur 16-80 ke atas tahun memerlukan sebanyak 75 mg.
  • Ibu hamil memerlukan tambahan vitamin C sebanyak 10 mg (menyesuaikan dengan umur).
  • Ibu menyusui memerlukan tambahan vitamin C sebanyak 45 mg (menyesuaikan dengan umur).

Vitamin C bukan cuma bisa kamu temukan di suplemen, lho. Ada beberapa makanan yang mengandung vitamin C tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harianmu. Simak lis makanannya di bawah ini ya, Sobat Yummy!

1. Jambu Biji

ilustrasi jambu biji
ilustrasi jambu biji (freepik.com/freepik)

Jambu biji merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi. Kandungan vitamin C ini dapat meningkatkan imunitas dan menghindari tubuhmu dari penyakit dan infeksi dalam tubuh. Buah tropis dengan wangi khas ini mengandung sebanyak 228,3 mg vitamin C di setiap 100 gramnya.

2. Paprika

paprika mengandunf vitamin C
ilustrasi paprika (unsplash.com/Devi Puspita Amartha Yahya)

Vitamin C juga bisa kamu temukan di dalam paprika. Selain mengandung zat besi, paprika juga mengandung sebanyak 80,4 mg vitamin C di setiap 100 gramnya. Vitamin C dan zat besi adalah dua nutrisi yang berkaitan erat dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi vitamin C kambu bisa membantu tubuh dalam penyerapan zat besi yang optimal.

Baca Juga: Sumber Vitamin K pada Makanan Sehari-hari

3. Brokoli

ilustrasi brokoli tinggi vitamin C
ilustrasi brokoli (unsplash.com/Tyrrell Fitness And Nutrition)

Brokoli adalah sayuran yang kaya akan nutrisi, salah satunya adalah vitamin C. Di dalam 100 gram brokoli kamu bisa menemukan sebanyak 89,2 mg vitamin C yang bisa meningkatkan imun tubuh. Vitamin C pada brokoli ini merupakan sumber antioksidan alami yang dapat melawan virus di dalam tubuh.

4. Kacang Kapri

Ilustrasi kacang kapri tinggi vitamin C
ilustrasi kacang kapri (pexels.com/Karolina Grabowska)

Bukan cuma buah dan sayur, kacang-kacangan juga bisa menjadi sumber vitamin C, lho. Kacang kapri mengandung sebanyak 60 mg vitamin C di setiap 100 gramnya. Vitamin C pada kacang kapri dapat membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan alami.

5. Pepaya

ilustrasi pepaya
ilustrasi pepaya (unsplash.com/Happy Suryani)

Selain jambu biji, pepaya juga mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh. Di dalam 100 gram pepaya. Tomat, kamu bisa menemukan sebanyak 62 gram vitamin C yang bisa menyehatkan sistem pencernaan kamu.

6. Tomat

ilustrasi tomat merah
ilustrasi tomat merah (pexels.com/Pixabay)

Tomat yang matang dan masih segar mengandung sebanyak 37 mg di setiap 100 gram. Dengan jumlah kandungan vitamin C sebanyak itu, kamu sudah bisa memenuhi sebanyak 20 persen kebutuhan vitamin C pada tubuh.

7. Kentang

ilustrasi kentang
ilustrasi kentang (unsplash.com/Lars Blankers)

Kabar gembira untuk kamu yang sedang diet! Selain bisa dijadikan sumber karbo saat diet, kentang juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Di dalam 100 gram kentang, kamu bisa menemukan sebanyak 13 mg vitamin C.

Baca Juga: ​7 Sayuran yang Mengandung Vitamin B12, Baik untuk Tubuh!

8. Lemon

Ilustrasi lemon
ilustasi lemon (pexels.com/Sarah Chai)

Lemon kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Ternyata di dalam 100 gram lemon, kamu bisa mendapatkan sebanyak 39 mg vitamin C.

9. Jeruk

Ilustrasi buah jeruk
ilustrasi jeruk (unsplash.com/Jalvier Balseiro)

Selain lemon, jeruk juga mengandung vitamin C yang tinggi. Di dalam 100 gram jeruk, kamu bisa mendapatkan sebanyak 200 mg vitamin C lho. Yuk, konsumsi jeruk setiap hari!

10. Parsley

Ilustrasi daun parsley
ilustrasi daun parsley (unsplash.com/David Todd McCarty)

Daun parsley seringkali digunakan di dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi hipertensi. Tapi selain itu, 100 gram parsley mengandung sebanyak 8424  IU vitamin C untuk meningkatkan imun tubuh.

11. Melon Hijau

Ilustrasi melon hijau tinggi vitamin C
ilustrasi buah melon hijau (unsplash.com/K8)

Buah segar yang satu ini juga bisa menjadi pilihanmu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C yang bagus untuk kesehatan kulit. Faktanya, di dalam 100 gram buah melon hijau ada sebanyak 34 mg vitamin C.

12. Kale

Daun kale tinggi vitamin C
ilustrasi daun kale (pexels.com/Cindy Shebley)

Kale bisa dibilang sebagai raja sayuran. Ada banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam 100 gram kale, salah satunya adalah vitamin C. Di dalam sayur ini kamu bisa menemukan sebanyak 9990 IU.

13. Kembang Kol

Bunga kol tinggi vitamin C
ilustrasi bunga kol (unsplash.com/Çağlar Oskay)

Sayuran yang satu ini juga ternyata memiliki kandungan vitamin C, lho. Kalau kamu memasak sebanyak 1 cup kembang kol, kamu akan mendapatkan sebanyak 46 mg kandungan vitamin C.

14. Kubis Brussel

ilustrasi kubis brussel
ilustrasi kubis brussel (unsplash.com/Rens D)

Siapa yang suka makan kubis? Kubis brussel ternyata memiliki kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Di dalam ½ cup kubis ini, kamu bisa mendapatkan sebanyak 48 mg kandungan vitamin C.

15. Blewah

buah blewah
ilustrasi blewah (unsplash.com/Martin Moore)

Buah segar seperti blewah ini memang memiliki banyak nutrisi yang baik untuk sistem imun kita. Jika kamu mengonsumsi 1 cup blewah setiap harinya, kamu bisa mendapatkan sebanyak 57,3 mg vitamin C.

Nah, itu dia beberapa makanan yang kaya akan vitamin C untuk tubuh! Jangan lupa untuk menyesuaikan kebutuhan vitamin C tubuh dengan usia, ya.

Mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan juga dapat mengakibatkan gangguan pencernaan hingga membuat asupan nutrisi jadi tidak seimbang.

Baca Juga: 10 Pilihan Sayuran yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ima Na'imah

Ima Na'imah

Guava Smoothies #SmoothiesSobatYummy

Guava Smoothies #SmoothiesSobatYummy

(5.0)

5 langkah

214

Artikel Lainnya di nutrisi