10 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Simak berbagai manfaat buah mangga

10 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Buah mangga tidak hanya memikat lidah dengan kelezatannya, tetapi juga menyuguhkan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Dengan kandungan nutrisi yang kaya, seperti vitamin C, A, dan serat, mangga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan meningkatkan pencernaan.

Kali ini Yummy App akan membahas secara menyeluruh tentang keajaiban buah mangga yang tidak hanya menggoda selera, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi kesehatan kita.

Bagi para pengguna Yummy App yang selalu mencari sensasi rasa lezat dan manfaat sehat dalam satu gigitan, mangga menjadi pilihan yang tak terelakkan. Kita akan merinci bagaimana buah ini tidak hanya memanjakan lidah dengan kelezatan alaminya, tetapi juga menghadirkan berbagai vitamin, antioksidan, dan mineral yang memperkaya nutrisi harian.

Dengan membaca informasi berikut ini, Sobat Yummy akan semakin memahami kenapa mangga bukan hanya sekedar buah lezat, melainkan investasi untuk kesehatan yang lebih baik, mari simak beberapa manfaat buah mangga berikut ini.

Kandungan Nutrisi Buah Mangga

ilustrasi buah mangga (freepik.com/jcomp)
ilustrasi buah mangga (freepik.com/jcomp)

Mangga tidak hanya diminati karena cita rasanya yang lezat, melainkan juga karena kandungan gizinya yang beragam. Sebagai contoh, berikut ini adalah kandungan nutrisi segelas mangga segar berbobot 165 gram berdasarkan info dari Healthline

  • Kalori: 99 kkal.
  • Protein: 1,4 gram.
  • Karbohidrat: 24,7 gram.
  • Lemak: 0,6 gram.
  • Serat: 2,6 gram.
  • Gula: 22,5 gram.
  • Vitamin C: Mencapai 67 persen dari kebutuhan harian.
  • Tembaga: Menyediakan 20 persen dari kebutuhan harian.
  • Folat: Sebanyak 18 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin A: Mencapai 10 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin E: Memberikan 10 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B6: Memberikan 12 persen dari kebutuhan harian.
  • Niasin: Sejumlah 7 persen dari kebutuhan harian.
  • Kalium: Menyediakan 6 persen dari kebutuhan harian.
  • Vitamin K: Menyumbang 6 persen dari kebutuhan harian.
  • Riboflavin: Menyumbang 5 persen dari kebutuhan harian.
  • Magnesium: Sejumlah 4 persen dari kebutuhan harian.
  • Tiamin: Memberikan 4 persen dari kebutuhan harian.


Dengan rincian ini, satu cangkir (165 gram) mangga segar memberikan hampir 67 persen kebutuhan harian vitamin C, yang memiliki peran vital dalam mendukung sistem kekebalan, penyerapan zat besi, serta meningkatkan pertumbuhan sel dan perbaikan tubuh.

Selain itu, mangga juga menjadi sumber tembaga dan folat yang berharga, terutama dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin selama kehamilan.

Baca Juga: Jenis-jenis Mangga di Indonesia yang Populer dengan Rasa Legit!

10 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

ilustrasi buah mangga (freepik.com/jcomp)
ilustrasi buah mangga (freepik.com/jcomp)

1. Kesehatan pencernaan

Manfaat buah mangga yang pertama adalah menjaga kesehatan pencernaan. Mangga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Sobat Yummy. Mangga mengandung senyawa amilase dan serat pangan, yang dapat membantu mencegah sembelit.

Senyawa amilase dapat membantu melarutkan makanan lain di perut, memecah pati yang sulit. Sementara itu, serat dalam mangga dapat lebih efektif untuk mengatasi sembelit dibandingkan suplemen serat yang setara.

2. Kesehatan jantung

Manfaat buah mangga yang kedua adalah bermanfaat untuk mendukung sistem kardiovaskular Sobat Yummy. Mangga merupakan sumber magnesium dan potasium yang baik, keduanya terkait dengan tekanan darah rendah dan detak jantung yang teratur.

Selain itu, mangga mengandung senyawa yang disebut mangiferin, yang menurut penelitian awal dapat mengurangi peradangan pada jantung.

3. Risiko kanker rendah

Mangga kaya akan beta-karoten, pigmen yang bertanggung jawab atas warna kuning-orange buah ini. Beta-karoten adalah antioksidan, salah satu dari banyak yang terdapat dalam mangga. Antioksidan dalam mangga telah terbukti melawan radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel Sobat Yummy dan berpotensi menyebabkan kanker.

4. Dapat membantu mencegah diabetes

Selama Sobat Yummy mengonsumsi mangga segar dalam jumlah moderat, kemungkinan besar akan mengurangi risiko Sobat Yummy untuk mengembangkan diabetes. Perhatikan bahwa mangga segar tidak mengandung kadar gula per porsi sebanyak mangga kering.

5. Mengandung nutrisi peningkat kekebalan tubuh

Manfaat buah mangga yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Mango merupakan sumber nutrisi peningkat kekebalan tubuh yang baik. Satu cangkir (165 gram) mango menyediakan 10% kebutuhan vitamin A harian Sobat Yummy.

Vitamin A sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Kurang mendapatkan vitamin ini terkait dengan risiko infeksi yang lebih besar.

6. Dapat mendukung kesehatan mata

Buah mangga kaya akan nutrisi yang membantu menjaga kesehatan mata. Dua nutrisi utama yang terkandung dalam mangga adalah antioksidan lutein dan zeaxanthi

Kedua nutrisi ini terkonsentrasi di retina mata Sobat Yummy, bagian yang mengubah cahaya menjadi sinyal agar otak dapat menginterpretasikan apa yang Sobat Yummy lihat. Nutrisi ini terutama terkonsentrasi di bagian tengah retina, yang disebut makula.

7. Dapat meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah mangga memiliki sejumlah kualitas yang menjadikannya sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Salah satunya adalah kandungan sekelompok enzim pencernaan yang disebut amilase.

Enzim pencernaan ini memecah molekul makanan besar sehingga tubuh Sobat Yummy dapat menyerapnya dengan mudah.

8. Kaya akan senyawa tanaman yang baik untuk kesehatan

Buah mangga penuh dengan polifenol, yaitu senyawa tanaman yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh Sobat Yummy. Karena hal tersebut, inilah salah satu manfaat buah mangga yang selanjutnya, yaitu kaya akan senyawa tanaman yang baik untk kesehatan tubuh.

Mangga memiliki lebih dari selusin jenis polifenol yang berbeda, termasuk mangiferin, yang sangat kuat. Polifenol berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh Sobat Yummy.

9. Rendah kalori

Keuntungan lain dari mangga adalah kandungannya rendah kalori. Satu cangkir (165 gram) mangga segar mengandung kurang dari 100 kalori dan memiliki kepadatan kalori yang sangat rendah, artinya memiliki sedikit kalori untuk volume makanan yang disediakan.

10. Serba guna dan mudah ditambahkan ke dalam pola makan

Buah mangga lezat, serba guna, dan mudah ditambahkan ke dalam pola makan Sobat Yummy. Rasanya enak, dan Sobat Yummy bisa menikmatinya dengan berbagai cara. Meski demikian, mengandung lebih banyak gula dibandingkan beberapa buah lainnya, jadi pertimbangkan untuk menikmati mangga secara moderat.

Baca Juga: Rahasia Menggoda Puding Mangga yang Bikin Lidah Kamu Bergoyang

itulah beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan dan kelezatan. Kini, untuk Sobat Yummy yang ingin menjelajahi lebih banyak tips dan resep lezat, saya sangat merekomendasikan untuk menginstal aplikasi Yummy.

Dengan Yummy App, Sobat Yummy dapat menemukan berbagai saran memasak, trik dapur, dan inspirasi kuliner yang pastinya akan memanjakan lidah dan menyajikan pengalaman memasak yang tak terlupakan. Instal sekarang dan mari bersama-sama mengeksplorasi dunia kuliner yang penuh cita rasa.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Hana Arnin

Hana Arnin

Mochi Mangga

Mochi Mangga

(5.0)

45 mnt

2.4 rb

Artikel Lainnya di nutrisi