15 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh dan untuk Ibu Hamil

konsumsi kacang tanah untuk peroleh beragam manfaat

15 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh dan untuk Ibu Hamil

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Kacang tanah menjadi salah satu jenis kacang yang sering kali dijadikan berbagai olahan makanan, mulai dari kacang rebus hingga dijadikan olahan untuk bumbu makanan. Selain rasanya yang enak, manfaat kacang tanah juga ternyata bagus untuk kesehatan tubuh dan ibu hamil, lho.

Pada nyatanya, kacang tanah mempunyai banyak kandungan bermanfaat seperti lemak tak jenuh, serat, karbohidrat, protein, energi, vitamin, kalsium, fosfor, zinc, dan masih banyak lainnya. Yuk, cari tahu apa saja manfaat kacang tanah untuk kesehatan dan ibu hamil.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung koroner

jantung
ilustrasi detak jantung sehat (pixabay.com/geralt)

Selain kandungan yang telah disebutkan di atas, kacang juga mengandung resveratrol yang mempunyai peran dalam menurunkan resiko penyakit jantung. Peran kacang tanah untuk menurunkan resiko penyakit jantung ini dijelaskan pada studi yang dilakukan dan dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information.

Dalam penelitian yang dilakukan, memperlihatkan bahwa orang yang mengkonsumsi kacang tanah dalam jumlah tertentu mengalami penurunan risiko kematian karena penyakit jantung, dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi kacang tanah.

2. Menurunkan berat badan

menimbang berat badan
ilustrasi menimbang berat badan (unsplash.com/i yunmai)

Kacang tanah juga dipercaya mampu menurunkan berat badan karena mengandung karbohidrat yang cukup membuat kamu merasa kenyang lebih cepat. Meskipun kacang tanah mempunyai kandungan kalori yang cukup tinggi, namun kalori tersebut tidak semuanya diserap oleh tubuh. Sehingga aman untuk kamu konsumsi tanpa perlu khawatir berat badan akan naik.

3. Mencegah Obesitas

obesitas
ilustrasi perut obesitas (pexels.com/andresayrton)

Manfaat kacang tanah selanjutnya berkesinambungan dengan manfaat yang sebelumnya. Karena kalori dan lemak yang terkandung pada kacang tanah tidak diserap seluruhnya, berat badan tubuh akan terjaga dengan baik sehingga mencegah dan menurunkan resiko terkena obesitas.

Obesitas sendiri biasanya disebabkan oleh kandungan lemak dan gula yang dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga: Khasiat Kacang Almond: Gizi, Rasa, dan Manfaat Kesehatan

4. Menurunkan kadar kolesterol

putih telur menjaga kadar kolesterol
ilustrasi pemeriksaan kolesterol (unsplash.com/hush naidoo jade photography)

Kacang tanah juga memiliki peran dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan lemak tak jenuhnya mampu melawan dan membantu mengurangi jumlah kadar kolesterol jahat penyebab utama kolesterol.

Penurunan kadar kolesterol ini juga berkaitan dengan kesehatan jantung yang lebih baik. Karena jantung yang tidak sehat bisa disebabkan oleh penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah ke jantung.

5. Mencegah diabetes pada wanita

pemeriksaan diabetes
ilustrasi pemeriksaan diabetes (unsplash.com/matt c)

Dalam jurnal Nutrition Center for Biotechnology Information juga dijelaskan bahwa, kacang tanah dapat mencegah dan menurunkan resiko diabetes pada wanita. Diabetes sendiri bisa disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol.

Kacang tanah memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

6. Menurunkan resiko stroke

stroke
ilustrasi orang terkena stroke (pexels.com/rdnestockproject)

Kandungan resveratrol pada kacang tidak hanya bisa menurunkan resiko penyakit jantung, namun bisa juga membantu untuk mencegah dan menurunkan resiko terkena penyakit stroke. Resveratrol dalam kacang tanah mampu memperlancar aliran dalam pembuluh darah, yang bisa mengurangi resiko stroke akibat penyumbatan pembuluh darah ke otak.

7. Mengurangi peradangan

peradangan kulit
ilustrasi kulit mengalami peradangan (pexels.com/picasjoe)

Peradangan merupakan sebuah respon perlindungan ketika mengalami gangguan baik dari luar maupun dari dalam tubuh. Nah, manfaat kacang tanah yang lainnya adalah mampu membantu mengurangi peradangan yang terjadi, contohnya pada kulit. Kandungan senyawa fenoliknya bersifat anti-inflamasi yang dapat mencegah dan mengurangi jika terjadi peradangan.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Goreng Kacang Mete agar Gurih, Renyah, dan Tidak Pahit

8. Mencegah anemia asam folat

perempuan pusing karena anemia
ilustrasi perempuan pusing karena anemia (freepik.com/jcomp)

Anemia tak hanya disebabkan oleh kekurangan darah saja, namun bisa juga terjadi karena tubuh kekurangan asam folat.

Pada ibu hamil, anemia dapat menjadi penyakit yang mengancam keselamatan ibu dan janin. Karena itu, mengkonsumsi kacang tanah yang mempunyai kandungan asam folat bisa membantu mencegah anemia terjadi ketika masa kehamilan.

Selain itu, asam folat juga dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya keguguran dan menurunkan risiko bayi lahir prematur.

9. Menjaga kesehatan organ hati

tubuh sehat
ilustrasi tubuh yang sehat (pexels.com/marcusaurelius)

Tak hanya organ jantung, manfaat kacang tanah juga bisa untuk menjaga kesehatan organ hati. Kandungan arginin dalam kacang tanah dapat membantu melakukan proses detoks dan pengeluaran racun yang berbahaya bagi hati.

Mengkonsumsi kacang secara rutin dan secukupnya dapat membantu organ hati agar tetap sehat.

10. Menambah energi tubuh

tubuh sehat
ilustrasi orang sehat imunitas tinggi (pixabay.com/4993578)

Pada masa kehamilan, sering kali para ibu hamil cepat merasa lelah dan lemas. Kacang tanah mempunyai kalori yang cukup untuk menambah energi dalam tubuh, sehingga bermanfaat untuk ibu hamil agar kembali semangat ketika melakukan aktivitas sehari-hari. 

11. Mengurangi rosiko kanker

sel kanker
ilustrasi sel kanker (unsplash.com/nantionalcancerinstitute)

Walaupun ukurannya kecil, namun peran kacang tanah bagi tubuh sangat besar. Kacang tanah juga disebut mampu mencegah penyakit kanker. Hal ini dilakukan oleh kandungan resveratrol mampu melindungi tubuh dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kandungan fitosterol juga dikatakan dapat mencegah pertumbuhan tumor prostat pada pria, serta mencegah penyebaran sel kanker ke bagian tubuh lainnya.

12. Mencegah penyakit Alzheimer

alzheimer
ilustrasi orang yang mengalami alzheimer (pexels.com/andreapiacquadio)

Alzheimer sendiri merupakan penyakit yang berkaitan dengan penurunan kognitif atau kemampuan daya ingat seseorang. Resveratrol pada kacang tanah dipercaya juga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit pada saraf seperti Alzheimer dan penyakit degenerasi saraf yang lainnya.

13. Mengontrol tekanan darah

ilustrasi pencegahan tekanan darah tinggi
ilustrasi cek tekanan darah (iStockphoto.com)

Kacang tanah mampu mengontrol tekanan darah pada ibu hamil karena kandungan magnesium dan potasiumnya. Hal ini bagus untuk para ibu hamil yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi.

Dengan mengkonsumsi kacang, tekanan darah akan menjadi lebih stabil dan cenderung mengalami penurunan.

14. Mengatasi sembelit

sakit perut karena sembelit
ilustrasi sakit perut karena sembelit (freepik.com/freepik)

Kacang tanah dapat bermanfaat untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil yang tentu rasanya sangat tidak nyaman. Melancarkan pencernaan merupakan tugas dari kandungan serat yang dimiliki oleh kacang tanah.

Adapun arginin merupakan kandungan kacang tanah yang memiliki peran dalam melindungi saluran cerna.

15. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

kulit sehat
ilustrasi kulit wajah sehat (pexels.com/ronlach)

Terkadang hormon saat hamil bisa menyebabkan beberapa dampak yang kurang baik bagi ibu hamil, salah satunya adalah kulit dan rambut menjadi terlihat lebih kusam.

Mengkonsumsi kacang tanah, cukup dapat membantu untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut dengan kandungan vitamin E yang terdapat di dalamnya. Vitamin E mampu membuat kulit jadi lebih lembab dan kulit menjadi lebih elastis.


Ternyata ada banyak manfaat yang bisa diberkan kacang tanah untuk kesehatan, ya. Terlebih bagi ibu hamil, konsumsinya bisa dirutinkan agar buah hati sehat hingga lahir. Ayo mulai konsumsi karena manfaat kacang tanah sangat berlimpah bagi kesehatan tubuh!

Baca Juga: 8 Makanan dari Kacang Kedelai yang Enak, Unik, dan Bergizi

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Astri Anjarwati

Astri Anjarwati

Bakpao Pandan Isi Kacang Tanah

Bakpao Pandan Isi Kacang Tanah

(5.0)

8 langkah

1.2 rb

Artikel Lainnya di nutrisi