7 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Samping Ketumbar

Mengulik manfaat ketumbar bagi kesehatan

7 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh dan Efek Samping Ketumbar

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Ketumbar bukan hanya sekadar bumbu dapur yang memberi cita rasa unik pada masakan, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat ketumbar yang luar biasa bagi kesehatan. Kaya akan antioksidan, ketumbar membantu mengurangi peradangan pada tubuh serta memberikan perlindungan terhadap kerusakan sel.

Selain itu, kandungan nutrisi di dalamnya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Dalam penggunaan kosmetik, ketumbar juga sering digunakan karena sifatnya yang dapat membersihkan dan menyeimbangkan minyak pada kulit wajah, menjadikannya pilihan alami yang mengagumkan untuk perawatan kecantikan.

Lalu apa sajakah manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh Sobat Yummy? Berikut ini adalah beberapa manfaat ketumbar yang dilansir dari Healthline "8 Surprising Health Benefits of Coriander" simak informasi selengkapnya ya.

1. Dapat Membantu Menurunkan Gula Darah

Ketumbar, baik bijinya, ekstrak, maupun minyaknya, manfaat ketumbar yang pertama adalah dapat membantu menurunkan gula darah.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji ketumbar dapat mengurangi gula darah dengan meningkatkan aktivitas enzim yang membantu mengeluarkan gula dari darah. Namun, sebaiknya digunakan dengan hati-hati oleh orang yang memiliki kadar gula darah rendah atau mengonsumsi obat diabetes.

2. Kaya Akan Antioksidan untuk Meningkatkan Imunitas

ilustrasi ketumbar (pexels.com/widia)
ilustrasi ketumbar (pexels.com/widia)

Manfaat ketumbar yang kedua adalah karena ketumbar mengandung banyak antioksidan yang mampu melawan kerusakan sel oleh radikal bebas.

Senyawa antioksidan ini termasuk terpinen, quercetin, dan tocopherol yang memiliki efek anti-inflamasi, perlindungan terhadap kanker, dan neuroprotektif. Beberapa studi menunjukkan bahwa antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar dapat mengurangi peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: 5 Perbedaan Lada, Merica dan Ketumbar yang Harus Kamu Tahu!

3. Dapat Mendukung Kesehatan Jantung

Studi pada hewan dan percobaan laboratorium menunjukkan bahwa manfaat ketumbar dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL (jahat).

Ekstrak ketumbar terbukti bersifat diuretik, membantu tubuh mengeluarkan natrium dan air berlebih yang dapat menurunkan tekanan darah.

4. Berpotensi Melindungi Kesehatan Otak

ilustrasi ketumbar (freepik.com/topntp26)
ilustrasi ketumbar (freepik.com/topntp26)

Sifat anti-inflamasi ketumbar mungkin melindungi otak dari penyakit seperti Parkinson, Alzheimer, dan multiple sclerosis. Studi pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak ketumbar melindungi sel saraf setelah serangan kejang, sementara penelitian pada tikus menunjukkan bahwa daun ketumbar meningkatkan daya ingat.

Baca Juga: 30 Jenis-jenis Rempah yang Berguna untuk Bumbu Masakan

5. Mungkin Meningkatkan Pencernaan dan Kesehatan Usus

Perlu Sobat Yummy ketahui juga, minyak biji ketumbar dapat mempercepat pencernaan sekaligus mempromosikan pencernaan yang sehat.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa obat herbal yang mengandung ketumbar dapat mengurangi gejala iritasi usus, sementara ekstrak ketumbar juga digunakan sebagai stimulan nafsu makan.

6. Dapat Melawan Infeksi

ilustrasi ketumbar dan cabai (freepik.com/freepik)
ilustrasi ketumbar dan cabai (freepik.com/freepik)

Manfaat ketumbar yang berikutnya adalah karena ketumbar mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi dan penyakit yang ditularkan melalui makanan.

Beberapa studi menunjukkan bahwa ketumbar dapat melawan bakteri Salmonella yang menyebabkan keracunan makanan dan infeksi saluran kemih.

Baca Juga: ​Bumbu Dasar Kuning Rumahan beserta Resep, Kunci Masakan

7. Mungkin Melindungi Kulit

Manfaat ketumbar lainnya adalah untuk kulit, seperti mengurangi ruam ringan seperti dermatitis. Antioksidan dalam ekstrak ketumbar juga dapat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penuaan kuli

Efek Samping Ketumbar dan Cara Mengkonsumsi Ketumbar yang Tepat

Setelah mengetahui beberapa manfaat ketumbar, Sobat Yummy juga perlu mengetahui efek samping mengkonsumsi ketumbar yang bisa saja terjadi pada diri seseorang, berikut ini adalah beberapa efek samping ketumbar pada tubuh manusia:

  1. Menyebabkan masalah dan gangguan pada organ hati tubuh manusia.
  2. Bisa menimbulkan reaksi alergi kulit.
  3. Bagi ibu hamil, beresiko mengalami gangguan kelenjar tiroid dan organ reproduksi.
  4. Kesulitan bernapas.
  5. Kulit menjadi lebih sensitif di bawah sinar matahari bahkan beresiko terkena kanker kulit.
  6. Menyebabkan gangguan pencernaan.
  7. Menurunkan kadar gula darah.

Untuk mencegah berbagai efek samping ketumbar bagi tubuh manusia, tentunya Sobat Yummy juga perlu mengetahui bagaimana cara mengkonsumsi ketumbar yang tepat.

Cara mengkonsumsi ketumbar yang tepat adalah dengan mencampurkannya ke dalam makanan dan menjadikan ketumbar sebagai bumbu makanan. Selain itu, cara mengkonsumsi si ketumbar yang tepat adalah dengan mengolah ketumbar menjadi minuman teh yang menyegarkan dan juga sehat.

Untuk lebih mendalami penggunaan ketumbar dalam masakan Sobat Yummy, jangan ragu untuk menjelajahi resep-resep yang memanfaatkannya sebagai bahan utama di Yummy App.

Aplikasi Yummy App adalah teman setia bagi para pencinta masakan, menawarkan beragam resep dari seluruh penjuru dunia, termasuk tips penggunaan rempah-rempah yang tidak hanya lezat tapi juga sehat.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

izsaiz

izsaiz

Ayam Ungkep Ketumbar

Ayam Ungkep Ketumbar

(5.0)

30 mnt

64

Artikel Lainnya di nutrisi