10 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah, Vitamin Otak hingga Antikanker!

Tak disangka, ternyata bawang putih mentah banyak manfaat!

10 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah, Vitamin Otak hingga Antikanker!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Bawang putih merupakan rempah paling populer dalam dunia perdapuran. Umbi bernama latin Allium sativum ini dapat memberikan taste yang lebih gurih hingga memperkuat aroma harum pada masakan. Karenanya, bawang putih menjadi bahan yang tidak boleh dilewatkan pada setiap masakan.

Sobat Yummy harus tahu, nih, dikutip dari studi terbitan Medical Journal of Lampung University (2017), ternyata bawang putih kaya akan nutrisi di dalammya. Kandungan bawang putih antara lain, protein, serat, vitamin C, mangan, selenium, asam amino, kalsium, bahkan sejumlah senyawa organosulfur, seperti allicin, ajoene, diallyl sulfide, dan lainnya, yang dapat berperan sebagai antikanker, antidiabetes, antibiotik, serta anti koagulan dalam darah.

Banyaknya nutrisi baik yang terkandung, membuat si rempah berwarna putih ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh saat dikonsumsi, terlebih dimakan mentah-mentah. Hal ini karena, bawang putih yang masih mentah jumlah kandungan nutrisinya masih untuh, sehingga lebih optimal dalam memberikan manfaat.

So, manfaat makan bawang putih mentah yang akan kamu dapatkan dirangkum dalam artikel Yummy App kali ini. Mau tahu apa saja? Yuk, catat!

1. Antidiabetes

Manfaat makan bawang putih mentah, yakni mencegahmu dari resiko penyakit diabetes. Dinyatakan dalam jurnal terbitan Free Radical Biology & Medicine (2006), agen utama pada bawang putih yang berperan sebagai antidiabetes ialah senyawa allicin. Senyawa organosulfur ini mampu meningkatkan kerja sekresi insulin pada pankreas. Sehingga kadar glukosa dalam tubuh lebih terkontrol dan cepat terproses.

Peran allicin dalam bawang putih mentah yang efektif dalam stimulan insulin tubuh ini, bahkan dikembangkan oleh para ahli sebagai pengobatan alternatif yang lebih aman tanpa efek samping. In fact, senyawa allicin ini yang bertanggung jawab dalam memberikan bau khas dari bawang putih.

2. Vitamin otak

ilustrasi otak
ilustrasi kesehatan otak (unsplash.com/robina weermeijer)

Siapa sangka, makan bawang putih mentah ternyata dapat meningkatkan kesehatan otak, lho!

Dilansir dari Alodokter, bawang putih mentah kaya akan antioksidan yang dapat menghambat segala jenis kerusakan pada sel tubuh yang terjadi karena bertambah usia, termasuk sel pada otak. Sehingga gemar mengonsumsi jenis rempah ini dapat meningkatkan daya ingat dan Kesehatan otak terpelihara.

3. Antikanker

Tinggi senyawa organosulfur pada bawang putih, memiliki peran besar dalam kesehatan tubuh. Senyawa organosulfur pada bawang, bersifat terapeutik sebagai antikanker, antibakteri, antijamur, antiprotozoal, hingga hipolipidemik.

Mekanisme singkat dari peran organosulfur bawang putih pada tubuh yang dijelaskan studi terbitan Cancer Epidemiology Biomarkers & Prevention (2016), yakni menghambat inisiasi kanker, menekan cikal bakal hingga segala sel kanker yang terbentuk, hingga mencegah kerusakan oksidatif yang terjadi.

Beberapa studi eksperimental yang telah dilakukan membuktikan bahwa bawang putih mentah bersifat antikanker terhadap kanker paru-paru, hati, payudara, usus besar, kulit, lambung, kandung kemih, hingga prostat.

4. Meningkat imunitas

tubuh sehat
ilustrasi orang sehat imunitas tinggi (pixabay.com/4993578)

Salah satu aktor penting dalam bawang putih mentah yang berperan sebagai imunomodulator, yakni vitamin C. Kandungan ini jika masuk dalam tubuh memiliki tugas penting dalam fungsi dan kinerja sel darah putih. Sehingga segala infeksi yang terdapat pada tubuh dapat teratasi.

Selain itu, vitamin C mampu menghasilkan protein interferon yang mendukung kerja sistem imun, dengan mendeteksi dan melawan patogen.

5. Mengatasi kondisi hipertensi

Manfaat makan bawang putih mentah selanjutnya, yakni dapat mencegah hingga mengatasi kondisi hipertensi. Dilansir dari laman Halodoc, bawang putih memiliki sejumlah kandungan baik, salah satunya allicin, yang mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Allicin dan beberapa nutrisi baik lainnya, dapat menstimulasi produksi zat nitric oxide dan hydrogen sulphide, yang bertugas dalam meningkatkan relaksasi pada pembuluh darah. Sehingga turunnya ketegangan dalam pembuluh darah, akan menurunkan juga tekanan darah.

Selain itu, Sobat Yummy harus tahu, bawang putih mentah juga membantu dalam penurunan kadar kolestrol pada tubuh, lho! Kolestrol yang semakin berkurang, pula membuat resiko hipertensi semakin kecil.

6. Memelihara kesehatan tulang

anak kuat dan sehat
ilustrasi anak kuat (unsplash.com/ben white)

Bawang putih mentah memiliki kandungan tinggi kalsium, kalium, dan fosfor, yang dapat memelihara kesehatan tulang. Kalsium dan fosfor merupakan pembangun tulang yang kuat.

Sedangkan kalium, berperan dalam mencegah terbuangnya kalsium berlebih pada urine. Maka jika ketiga nutrisi tersebut berkolaborasi dapat mencegah risiko osteoporosis.

Tapi yang perlu diingat, jika Sobat Yummy ingin memelihara kesehatan tulang lebih lanjut, selain mengonsumsi sumber pangan tinggi kalsium, kamu juga harus mengimbanginya dengan olahraga teratur, dan pola hidup sehat.

Baca Juga: ​15 Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi, Baik untuk Tulang

7. Meningkatkan kesuburan

Manfaat mengonsumsi bawang putih mentah yang akan kamu dapat selanjutnya, yakni meningkatkan kesuburan. Kualitas sperma menjadi lebih baik karena kandungan tinggi oksidan pada bawang putih, yang berperan memperbaiki kadar testosterone hingga struktur testicular pada reproduksi pria.

8. Mengatasi jerawat membandel

manfaat bawang putih untuk mengatasi jerawat
ilustrasi jerawat membandel (pixabay.com/alexandergrey)

Membicarakan senyawa super, seperti allicin yang terkandung dalam bawang putih mentah memang tiada habisnya. Pasalnya, senyawa ini sangat banyak manfaat dan peran baiknya dalam tubuh.

Perlu kamu tahu, allicin pada bawang putih juga dapat membantu mengatasi jerawat, lho! Hal ini karena, senyawa tersebut berfungsi sebagai antibakteri yang mampu mengendalikan patogen penyebab jerawat, hingga antiinflamasi yang dapat mengatasi pembengkakan penyebab jerawat.

Selain itu, kandungan selenium, seng, vitamin C, dan vitamin B6 pada bawang putih dapat mengontrol produksi minyak berlebih, pada tubuh termasuk pada wajah. Sehingga mencegah munculnya jerawat.  

9. Antibiotik

Segudang manfaat dari senyawa organosulfur bawang putih mentah tidak hanya berhenti disitu saja. Senyawa tersebut juga dapat difungsikan sebagai antibakteri, lho!

Pada sebuah studi Indian Journal of Forensic Medicine & Toxicology (2021), membuktikan bahwa bawang putih memiliki aktivitas antibiotik terhadap bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut menyebabkan sejumlah penyakit seperti infeksi paru, endocarditis, mual, muntah, hingga diare.

10. Menyembuhkan flu

manfaat bawang putih mentah untuk meredakan flu
ilustrasi sakit flu (unsplash.com/kristine wook)

Di kalangan orang tua zaman dulu, bawang putih sudah popular akan khasiatnya untuk menyembuhkan flu, dengan gejala demam, batuk, pilek, dan sejenisnya. Bahkan, pengobatan flu dengan bawang putih ini, sudah beken dan sering digunakan sejak zaman romawi kuno.

Hal ini karena, vitamin C yang sangat mujarab dalam penyembuhan penyakit seperti flu, kandungannya melimpah di bawang putih mentah. Sehingga sistem imun tubuh menjadi lebih cepat merespon adanya patogen yang masuk.

Rempah dapur yang sering Sobat Yummy gunakan dalam memasak ternyata memiliki manfaat bagi Kesehatan tubuh yang tidak main-main. For your information, ternyata sejumlah manfaat bawang putih kurang optimal jika kamu memasak atau memanaskannya terlebih dahulu, karena sifat antikarsinogen, antikanker dan sebagainya akan menurun kadarnya.

Kamu bisa mencoba mengonsumsi bawang putih mentah untuk menikmati manfaat yang akan didapat. Tapi, tetap bijak dalam mengonsumsi ya, karena jika berlebihan, maka bukan efek bagus yang akan Sobat Yummy dapat.

Baca Juga: 5 Perbedaan Daun Bawang dan Daun Prei, dari Bentuk hingga Nutrisi!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Bella Safira

Bella Safira

Garlic Bread

Garlic Bread

(5.0)

6 langkah

181

Artikel Lainnya di nutrisi