7 Makanan Khas Banjarmasin yang Unik dan Bikin Nagih!

Kuliner enak yang bisa kamu coba di kota Banjarmasin

7 Makanan Khas Banjarmasin yang Unik dan Bikin Nagih!

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Banjarmasin merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Kalimantan Selatan. Kota Banjarmasin dijuluki dengan Kota Seribu Sungai, karena setidaknya ada 102 sungai di wilayah Banjarmasin, salah satunya adalah Sungai Barito. 

Tak hanya sungai, Banjarmasin juga punya makanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Ada beberapa makanan khas Banjarmasin yang perlu kamu coba dan nikmati kelezatan rasa khas Kalimantan Selatan. Yuk, kenalan dulu dengan makanan khas Banjarmasin!

1. Soto banjar

soto banjar makanan khas banjarmasin
ilustrasi soto banjar (instagram.com/rumah_kuliner_yulisupandi)

Makanan khas Banjarmasin yang paling populer adalah soto banjar, yang bahan utamanya dibuat dari daging ayam. Berbeda dari kuah soto lainnya yang dibuat menggunakan kunyit, kuah soto banjar dibuat menggunakan kayu manis.

Daging ayam yang disuwir menjadi kecil-kecil, akan mempermudah kamu ketika menyantapnya. Biasanya, penyajian soto banjar sering ditambahkan dengan telur rebus dan perkedel.

Bagi kamu yang ingin bereksperimen untuk membuat soto banjar di rumah, ikuti resep pada laman Yummy App ini!

2. Nasi kuning banjar

nasi kuning banjar makanan khas banjarmasin
ilustrasi nasi kuning banjar (instagram.com/ridwan.muhammady)

Pada umumnya, nasi kuning pasti dibuat dengan menggunakan nasi yang pulen. Namun, di Banjarmasin nasi kuning dibuat dari nasi pera atau nasi yang agak sedikit keras.

Dibanding menggunakan serai dan daun salam untuk aroma yang harum, nasi kuning Banjar hanya menggunakan kunyit dan daun pandan saja dalam proses pembuatannya.

Lauk yang digunakan sebagai pelengkap nasi kuning adalah serundeng yang dipadukan dengan bumbu merah khas Banjar. Meski berbeda dengan nasi kuning Jawa, namun membuat nasi kuning banjar mudah, kok!

3. Ketupat kandangan

ketupat kandangan makanan khas banjarmasin
ilustrasi ketupat kandangan (instagram.com/hairiyanti)

Selain soto banjar, ada makanan khas Banjarmasin berkuah lainnya yang bisa kamu nikmati, yaitu ketupat kandangan. Jika biasanya ketupat dibuat tanpa isi, di Banjarmasin, ketupat diisi dengan ikan gabus asap yang menambah kelezatannya.

Kuah ketupat kandangan terbuat dari berbagai rempah-rempah yang dicampur dengan santan, menghasilkan kuah gurih yang kental. Penyajiannya sering dibarengi dengan ikan gurame ataupun ikan patin. Resep ketupat kandangan juga bisa kamu sontek di Yummy App, nih!

Baca Juga: 8 Oleh-Oleh Makanan Khas Sorong Paling Terkenal, Pernah Cobain?

4. Asam cacapan

asam cacapan makanan khas banjarmasin
ilustrasi asam cacapan (instagram.com/depot_pelangi)

Setiap daerah biasanya memiliki ciri khas rasa makanannya masing-masing. Banjarmasin sendiri mempunyai ciri khas rasa makanan yang cenderung yang asam, gurih, manis, dan pedas.

Salah satunya asam cacapan yang mirip seperti asinan yang biasanya dijadikan pelengkap dan pendamping lauk seperti ikan. Cacapan biasanya terbuat dari campuran buah-buahan yang rasanya asam, bawang merah, garam, penyedap rasa, dan juga cabe rawit.

Apabila kamu ingin resep lebih lanjut untuk membuat cacapan di rumah, bisa ikuti resep dan cara buatnya di laman Yummy App, ya.

5. Lontong orani

lontong orari makanan khas banjarmasin
ilustrasi lontong orari (instagram.com/sotobanjar_ading)

Makanan khas Banjarmasin selanjutnya adalah lontong orari. Di dalam lontong orari terdapat telur bumbu merah, ikan gabus, dan irisan labu yang dilumuri dengan kuah santan yang gurih.

Uniknya, lontong berbentuk segitiga, bukan memanjang seperti bentuk lontong pada umumnya. Jika kamu hendak membuat lontong orari Banjar sendiri di rumah, ikuti resep dari laman Yummy App ini!

6. Sambal acan

sambal acan makanan khas banjarmasin
ilustrasi sambal acan (instagram.com/resep.sambal)

Sambal acan merupakan sambal khas Banjarmasin yang rasanya pedas dan asam. Sambal ini terbuat dari berbagai macam buah-buahan seperti, mangga asam, binjai, terong, dan limau wangkang, yang dicampur bersama dengan cabai.

Sambal acan termasuk ke dalam sambal tradisional yang cukup populer di Banjarmasin. Kamu bisa juga membuat sambal acan di rumah secara individu, dengan mengikuti resep dan cara membuatnya di laman Yummy App.

7. Sop mutiara

sop mutiara makanan khas banjarmasin
ilustrasi sop mutiara (instagram.com/e_ndro)

Ada lagi satu makanan khas Banjarmasin yang berkuah dan cocok dimakan saat cuaca sedang dingin yaitu sop mutiara. Kuah sop mutiara khas Banjar ini terbuat dari campuran susu, bawang putih dan bawang merah, serta buah pala, sehingga rasa kuahnya sangat gurih dan lezat.

Isian dari sop mutiara merupakan daging ayam yang diolah menjadi halus dan dibentuk menjadi bulat. Kamu juga bisa membuat sop mutiara di rumah, dengan resep dari Yummy App!

Makanan khas Banjarmasin ini sangat unik-unik, kan? Walaupun secara nama dan bentuk banyak yang hampir mirip dengan makanan daerah lain yang biasa kamu temukan, namun selalu ada yang membedakan makanan khas Banjarmasin dengan makanan khas daerah lain. Seperti ketupat kandangan yang diisi dengan olahan daging. 

Jangan sampai ketinggalan untuk cicipi semua makanan ketika berkunjung ke Banjarmasin!

Baca Juga: 10 Makanan Khas Ambon yang Enaknya Kebangetan!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Lila Wahyu Lestari

Lila Wahyu Lestari

Nasi Kuning Banjar #JagoMasakMinggu9Periode3

Nasi Kuning Banjar #JagoMasakMinggu9Periode3

(4.8)

5 langkah

1.2 rb

Ratna Puspita

Ratna Puspita

Sambal Acan Bejarang Khas Banjar

Sambal Acan Bejarang Khas Banjar

(5.0)

5 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di kuliner