Kalori Telur Rebus dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Telur rebus, makanan super dengan kalori yang rendah

Kalori Telur Rebus dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Halo, Sobat Yummy! Pagi ini ada yang sarapan menggunakan telur rebus? Telur rebus merupakan pilihan menu sarapan yang cukup populer, khususnya bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet.

Tahukah kamu? Selain rasanya yang lezat dan mengeyangkan, telur rebus memiliki jumlah kalori yang rendah. Tidak hanya itu,  mengonsumsi telur rebus juga memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Yuk, kita bahas lebih lanjut.

Mengapa kalori dalam telur rebus penting?

Kalori adalah jumlah energi yang diperoleh tubuh dari makanan dan minuman. Tubuh manusia membutuhkan kalori sebagai sumber energi dan bahan bakar untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya itu, mengutip EatingWell, tubuh manusia juga memerlukan kalori minimun agar bisa menjalankan fungsi metabolisme yang menopang kehidupan, meliputi respirasi, sirkulasi, produksi sel, sintesis protein, pengolahan nutrisi dan transportasi ion pada tubuh. Itulah mengapa kalori sangat penting bagi tubuh.

Maka dari itu, penting juga mengetahui berapa kalori terlur rebus dan makanan lain yang dikonsumsi sehari-hari. Menurut FatSecret, pada 1 butir telur rebus ukuran sedang Sobat Yummy mendapatkan 68 kalori terdapat 68 kalori yang berguna untuk keseimbangan tubuh, yang terdiri dari 64 persen lemak, 3 persen karbohidrat, 33 persen protein.

Baca Juga: Nutrisi Telur Rebus: Jumlah Kalori hingga Resep Olahan

Apa saja manfaat kalori telur rebus untuk kesehatan?

Selain rendah kalori, telur rebus merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang berguna untuk membangun jaringan pada tubuh. Telur rebus juga mengandung beragam nutrisi lain yang baik untuk kesehatan, seperti lemak, vitamin, mineral, hingga antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi telur rebus bagi kesehatan tubuh.

1. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan kalori yang rendah pada telur rebus dapat membantumu mengurangi asupan kalori harian. Selain itu, kandungan protein yang tinggi pada telur rebus juga membuatmu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan, yang baik untuk proses menurunkan berat badan. 

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Protein juga berperan dalam proses metabolisme. Mengonsumsi telur rebus dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang baik memberikan banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh, dari mempercepat pembakaran kalori, produksi energi yang lebih banyak, sistem pencernaan yang sehat, hingga membantu regulasi hormon pada tubuh.

3. Menjaga kesehatan mata

Telur rebus memiliki kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin yang membantu menjaga kesehatan mata. Seperti yang dikutip dari WebMD, kedua senyawa ini juga berperan dalam melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet yang berbahaya.

4. Menjaga kesehatan otak

Kolin merupakan nutrisi esensial yang bisa diperoleh dari telur rebus. Mengutip dari WebMD, senyawa organik ini berperan penting dalam meningkatkan perkembangan otak dan daya ingat yang baik untuk kesehatan otak. 

5. Meningkatkan kesehatan tulang dan otot

Telur rebus merupakan makanan yang baik untuk sistem muskuloskeletal yang terdiri dari otot, tulang, dan sendi. Seperti yang dikutip dari MedicineNet, telur mengandung protein, kalsium, fosfor, magnesium, serta vitamin D yang berperan penting untuk membentuk otot dan tulang yang kuat.

6. Menjaga tekanan darah dan kolesterol

Meski telur mengandung kolesterol, namun mengonsumsinya dalam jumlah wajar sebenarnya baik untuk jantung dan pembuluh darah. Terlebih lagi, telur rebus juga memiliki kandungan antioksidan, kalium, serta kolesterol baik yang dapat membantu menjaga tekanan darah dan kolesterol yang berpegaruh pada kesehatan jantung.

Bagaimana cara mengkonsumsi telur rebus yang baik?

Pada dasarnya, telur rebus merupakan makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan. Namun, kamu juga perlu memerhatikan beberapa hal saat mengomsumsi telur rebus agar memperoleh nutrisi yang berimbang.

Kalori telur rebus akan tetap rendah jika tidak ditambahkan bahan lain yang bisa meningkatkan kalorinya. Hindari penggunaan bumbu tambahan seperti mayones atau saus yang dapat meningkatkan jumlah kalori pada telur rebus.

Hindari juga penggunaan garam berlebih saat merebus telur untuk menghidari peningkatan jumlah natrium yang masuk ke tubuh. Natrium yang berlebih dapat meningkatkan resiko penyakit lain seperti sakit kepala, tekanan darah tinggi, hingga gagal jantung.

Kendalikan porsi konsumsi telur rebus harianmu. Sebaiknya konsumsi 1-2 butir telur rebus per hari dan hindari konsumsi telur mentah untuk mencegah risiko keracunan salmonela.

Jadi, Sobat Yummy, telur rebus bisa menjadi snack sehatmu di siang atau malam hari. Tidak perlu khawatir berat badan bakal naik, asalkan konsumsi dengan bijak.

Itulah penjelasan tentang kalori telur rebus dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Ingat, konsumsi telur rebus secara teratur dan bijak untuk mendapatkan manfaatnya. Jangan lupa juga untuk tetap mengimbanginya dengan konsumsi makanan bergizi lainnya.

Penulis: Citra Irhamna

Baca Juga: Berapa Menit Merebus Telur Setengah Matang? Ini Waktu yang Diperlukan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Hana Arnin

Hana Arnin

Boiled Eggs with Mushroom Sauce

Boiled Eggs with Mushroom Sauce

(5.0)

6 langkah

847

Artikel Lainnya di nutrisi