10 Makanan Penyebab Kolesterol Harus Diwaspadai

Batasi konsumsi kolesterol harianmu

10 Makanan Penyebab Kolesterol Harus Diwaspadai

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Kolesterol merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel, vitamin dan hormon. Namun, kadar kolesterol tinggi juga berbahaya untuk kesehatan jantung. Untuk itu penting mengetahui apa saja makanan penyebab kolesterol, agar Sobat Yummy bisa lebih cermat dalam mengonsumsinya.

Terdapat 2 jenis kolesterol yang terdapat pada makanan maupun minuman, LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik). LDL membawa kolesterol ke seluruh tubuh, termasuk ke pembuluh darah. Mengutip dari Medical News Today, kolesterol jenis ini dapat menumpuk di pembuluh darah, yang dapat memicu serangan jantung maupun stroke. Sebaliknya, HDL bekerja membawa kolesterol jahat dari pembuluh darah ke hati untuk dibuang. 

Pada beberapa makanan yang Sobat Yummy konsumsi sehari-hari, bisa jadi terdapat makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh. Apa saja itu? Nah, berikut ini 10 makanan penyebab kolesterol yang harus kamu waspadai berserta penjelasannya.

1. Fast Food

Fast food
Ilustrasi fast food (freepik.com)

Di balik kepraktisannya, fast food seperti burger dan pizza menyimpan bahaya tersembunyi bagi kesehatan, yaitu kandungan kolesterol yang tinggi. Misalnya saja, kadar kolesterol pada 1 porsi cheese burger menurut My Food Data mencapai 174 mg. Terlebih lagi, fast food memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi. Lemak ini meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

2. Steak

steak sapi
ilustrasi steak sapi (freepik.com/denamorado)

Steak memang terasa lezat, aromanya pun menggoda. Namun, makanan ini mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi. Konsumsi kolesterol jenuh berlebihan dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang berpotensi menyebabkan penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Namun, kamu tetap bisa mengonsumsi steak secukupnya, dengan memilih bagian daging rendah lemak seperti sirloin, tenderloin, top round, dan bottom round.

3. Es krim

resep es krim vanila
ilustrasi es krim (pexels.com/minche)

Es krim memang menggoda, apalagi jika dinikmati saat cuaca panas. Namun, cemilan satu ini dapat meningkatkan kolesterol dalam radah loh! Mengutip dari Medical News Today, es krim umumnya dibuat menggunakan susu dan krim penuh lemak, dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Lemak jenuh ini dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Selain itu, es krim sering kali mengandung gula tambahan yang tinggi, yang tentunya berdampak buruk bagi tubuh.

4. Paha Ayam

Paha ayam
ilustrasi paha ayam (freepik.com/KamranAydinov)

Meski lezat dan disukai banyak orang, paha ayam mengandung kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan bagian ayam lainnya. Kulit paha ayam, khususnya, kaya akan lemak jenuh dan kolesterol. Mengonsumsi paha ayam secara berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang berbahaya untuk tubuh. Oleh karena itu, penting untuk membatasi konsumsi paha ayam, terutama bagian kulitnya. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih bagian ayam dengan kolesterol yang lebih rendah seperti dada ayam.

Baca Juga: 10 Menu Bumbu Marinasi Ayam yang Mudah Dibuat

5. Jeroan

Jeroan hati ayam
Ilustrasi hati ayam (pixabay.com/arinaja)

Jeroan seperti hati, usus, paru, dan lidah mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Konsumsi jeroan berlebihan, terutama bagi individu dengan kolesterol tinggi atau berisiko penyakit jantung, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Selain itu, makanan ini juga memiliki kandungan sodium yang cukup tinggi dan berdampak buruk untuk kesehatan. Karena itu, penting untuk mengonsumsi jeroan dengan dalam jumlah yang wajar dan proses memasakan yang sehat.

6. Seafood

Ilustrasi seafood (youtube.com/kubiler)
Ilustrasi seafood (youtube.com/kubiler)

Beberapa jenis seafood, seperti udang, cumi-cumi, dan kerang mengandung kolesterol yang cukup tinggi. 1 porsi cumi-cumi seberat 100 gram menurut informasi gizi dari Fat Secret, mengandung hingga 233 mg kolesterol. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua kolesterol berefek negatif pada tubuh. Selain itu, seafood juga kaya akan protein, omega-3, dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan. Kamu tetap bisa menikmati seafood, dengan memilih jenis seafood yang tepat seperti ikan salmon atau tuna.

7. Daging Olahan

ilustrasi sosis bakar (freepik.com/racool_studio)
ilustrasi sosis bakar (freepik.com/racool_studio)

Daging olahan seperti sosis, nugget, bacon, dan daging asap merupakan makanan penyebab kolesterol yang harus kamu batasi jumlah konsumsinya. Karena, makanan-makanan ini telah melalui proses pengolahan seperti penggilingan, pencampuran, dan penambahan bahan pengawet, pewarna, dan perasa yang dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dan kolesterol dalam daging. 

8. Dessert Manis

Ilustrasi dessert box (youtube.com/lisachmady)
Ilustrasi dessert box (youtube.com/lisachmady)

Tahukah kamu? Dibalik rasanya yang lezat, aneka dessert manis seperti kue, pai, puding, dan mousses ternyata bisa meningkatkan kolesterol. Keju, coklat, whipping cream, mentega, dan krim yang digunakan untuk membuat dessert mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi. Konsumsi lemak jenuh yang berlebih  menyebabkan peningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang berdampak buruk untuk kesehatan. Agar lebih aman, kamu bisa buat sendiri dessert yang lebih sehat dan enak.

9. Telur

Telur Makanan untuk Bulking
ilustrasi telur rebus (flickr.com/vanessa lollipop)

Telur memang kaya akan kolin dan protein, namun kuning telur juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Meski begitu, mengonsumsi telur utuh tidak secara langsung buat kolesterol darah naik. Sebaliknya, justru dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) yang bagus untuk tubuh. Buat kamu yang sehat, konsumsi telur dalam jumlah wajar masih terbilang aman, yaitu 1-2 butir per hari.

10. Produk Susu

Produk Susu Makanan untuk Bulking
ilustrasi produk susu (flickr.com/Kavya Sharma)

Produk susu penuh lemak termasuk krim, susu murni, cream cheese, dan mentega sering dikaitkan dengan peningkatan kolesterol. Produk-produk ini mengandung lemak jenuh dalam jumlah yang cukup tinggi. Sebagai contoh, pada 100 gram cream cheese menurut data gizi dari Fat Secret, terdapat sekitar 30 gram lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 

Itu dia 10 makanan penyebab kolesterol yang patut Sobat Yummy waspadai. Tapi tidak perlu takut. Sobat Yummy tetap bisa menikmati makanan-makanan tersebut asalkan dikonsumsi dalam jumlah wajar, sambil mengomsumsi makanan penuh nutrisi lainnya. Atau, Sobat Yummy bisa mencari alternatif makanan tersebut agar tetap sehat dan nikmat.

Penulis: Citra Irhamna

Baca Juga: 8 Makanan Pantangan Kolesterol yang Harus Dihindari

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

mama salma

mama salma

Salmon Panggang Saus Lemon

Salmon Panggang Saus Lemon

(5.0)

7 langkah

4.9 rb

Artikel Lainnya di nutrisi