10 Makanan untuk Orang Diare, Baik Dikonsumsi agar Cepat Sembuh

Jangan biarkan diare menghambat aktivitasmu

10 Makanan untuk Orang Diare, Baik Dikonsumsi agar Cepat Sembuh

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Diare merupakan kondisi di mana seseorang mengalami masalah pencernaan. Gejalanya adalah tekstur feses yang cair atau encer saat buang air besar serta mengalami perut kembung dan mulas.

Penyebab diare umumnya beragam. Bisa terjadi karena alergi, hingga keracunan makanan yang menyebabkan tubuh harus mengeluarkan virus atau bakteri yang masuk lewat sistem pencernaan.

Meski umum terjadi, namun tetap saja diare merupakan kondisi yang seringkali membuat kita tidak nyaman. Pilihan makanan pun jadi terbatas karena dikhawatirkan dapat memicu diare yang lebih parah.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa rekomendasi makanan untuk orang diare agar cepat sembuh. Berikut rekomendasi menu makanan untuk orang diare yang bisa kamu catat.

1. Buah pisang

ilustrasi buah pisang
ilustrasi buah pisang (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Dalam daftar pertama makanan untuk orang diare kali ini adalah buah pisang. Saat diare, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang mudah dicerna dan tinggi serat. Salah satu yang baik dikonsumsi saat diare adalah buah pisang. Buah pisang merupakan sumber potasium yang baik menggantikan elektrolit yang hilang saat diare.

Buah pisang juga mengandung pektin, yakni sejenis cairan yang dapat menyerap kelebihan cairan pada usus sehingga memperlambat gerakan feses.

2. Nasi putih

ilustrasi nasi putih
ilustrasi nasi putih (freepik.com/KamranAydinov)

Makanan yang dianjurkan dikonsumsi saat diare adalah nasi putih. Nasi putih merupakan makanan yang mudah dicerna dan bersifat mengikat. Hal ini akan dapat membantu memadatkan feses, sehingga direkomendasikan dikonsumsi untuk membantu mengurangi masalah pada sistem pencernaanmu.

3. Apel yang dihaluskan

ilustrasi apple sauce atau apel yang dihaluskan
ilustrasi apple sauce atau apel yang dihaluskan (freepik.com/freepik)

Sama halnya dengan buah pisang, apel juga merupakan sumber pektik yang baik untuk membantu menghentikan diare. Kamu bisa mengonsumsi apel saus atau apel yang sudah dihaluskan, alih-alih mengonsumsi buah apel utuh. Sebab, pada kulit apel terkandung serat tidak larut yang dapat mengganggu sistem pencernaan.

4. Roti panggang (toast)

ilustrasi roti tawar putih yang dipanggang
ilustrasi roti tawar putih yang dipanggang (freepik.com/freepik)

Rekomendasi makanan untuk orang diare selanjutnya adalah roti putih. Meskipun biasanya lebih disarankan untuk mengonsumsi roti yang terbuat dari gandum utuh karena lebih sehat, namun saat diare, kamu sebaiknya menggantinya dengan roti putih.

Roti putih lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan. Selain itu juga dapat membantu mengembalikan keseimbangan natrium di dalam tubuh karena mengandung garam. Kamu bisa membuat roti panggang dari roti putih ini sebagai menu makanan untuk diare.

Baca Juga: 10 Makanan Penurun Kolesterol yang Lezat dan Sehat, Jantung Terawat

5. Makanan yang mengandung probiotik

ilustrasi yogurt sebagai salah satu makanan probiotik
ilustrasi yogurt (freepik.com/jcomp)

Makanan yang mengandung probiotik juga dapat menjadi pilihan untuk membantu diare agar cepat sembuh. Hal ini karena probiotik mampu membantu keseimbangan bakteri baik di dalam usus.

Pilihlah makanan probiotik yang tidak berasal dari produk olahan susu, karena akan sangat sulit dicerna, terutama jika kamu intoleransi laktosa.

Kamu bisa memilih untuk mengonsumsi tempe, kefir, dan yogurt rendah lemak dengan bakteri aktif yang juga rendah gula. Sebab, pemanis tambahan dapat menyebabkan perut kembung, sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi saat diare.

Baca Juga: 10 Manfaat Luar Biasa Makanan Probiotik untuk Kesehatan

6. Makanan yang mengandung protein

ilustrasi daging ikan salmon
ilustrasi daging ikan salmon (freepik.com/yastremskaolga)

Memilih makanan yang mudah dicerna saat diare memang sangat dianjurkan. Salah satunya adalah produk makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging-dagingan. Daging sapi, ayam, kalkun, dan ikan, termasuk protein hewani yang bisa kamu konsumsi untuk menyembuhkan diare.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara dikukus agar lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan.

7. Mengolah makanan dengan cara merebus tanpa bumbu

kentang yang diolah dengan cara direbus untuk diare
ilustrasi kentang (freepik.com/wirestock)

Tambahan bumbu, saus, pemanis, hingga cabai pada makanan dapat membuat diare semakin parah karena menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Untuk itu, saat mengolah makanan sebaiknya diolah dengan cara dikukus tanpa tambahan bahan lain alias polos atau hambar.

Beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi dengan cara seperti ini adalah kentang dan telur. Kentang mengandung potasium yang baik untuk menggantikan elektrolit yang hilang pada penderita diare. Sementara telur merupakan sumber protein hewani yang lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan.

8. Sereal atau oatmeal

ilustrasi oatmeal
ilustrasi oatmeal (freepik.com/freepik)

Sereal dan oatmeal merupakan makanan untuk orang diare yang tepat untuk dikonsumsi karena mudah dicerna dan kaya vitamin. Oat sendiri merupakan sumber serat larut yang dapat memperkuat dan mengikat feses untuk mengurangi diare.

Sebaiknya kamu mengolah atau memasaknya tanpa tambahan bahan lain seperti susu, saus, atau gula. Cukup dimasak hambar dan polos karena beberapa produk seperti susu sapi dapat memperparah diare kamu.

9. Teh herbal

ilustrasi teh chamomile
ilustrasi teh chamomile (freepik.com.freepik)

Beberapa jenis teh yang bisa kamu konsumsi selama mengalami diare adalah teh chamomile, teh hijau, dan teh hitam. Teh mengandung sifat antidiare dan antimikroba yang dapat meredakan gejala mual dan muntah. Kandungan tersebut menjadikannya sebagai obat ampuh mengatasi diare.

Namun, teh hijau dan teh hitam mengandung kafein yang dapat membuatmu mengalami sakit perut atau gejala lainnya jika dikonsumsi berlebihan. Cukup mengonsumsinya satu gelas per hari agar diare sembuh dan kamu bisa kembali beraktivitas dengan normal.

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Hijau yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

10. Oralit

segelas air
ilustrasi segalas air (freepik.com/freepik)

Cairan oralit merupakan campuran air, gula, dan garam atau yang juga disebut sebagai larutan gula garam (LGG) yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Kamu juga bisa mendapatkannya di apotek atau toko obat jika ingin lebih cepat dan praktis.

Oralit berfungsi untuk menggantikan cairan elektrolit yang hilang selama mengalami diare. Pilihan lainnya juga bisa dengan mengonsumsi air kelapa muda dan perbanyak minum air putih untuk menggantikan cairan tubuhmu.

Itu dia informasi mengenai makanan untuk orang diare agar cepat sembuh. Selain itu, kamu juga sangat dianjurkan untuk banyak mengonsumsi cairan seperti air putih, air kelapa muda, atau oralit karena diare membuatmu kehilangan banyak cairan.

Baca Juga: Cara Membuat Oralit di Rumah, Penanganan Pertama Diare dan Muntah

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Siswinarti

Siswinarti

Pure Apel Pisang #JagoMasakMinggu3Periode3

Pure Apel Pisang #JagoMasakMinggu3Periode3

(4.7)

5 langkah

1.8 rb

Artikel Lainnya di nutrisi