Ini Manfaat Buah Nanas untuk Wanita, Bisa Cegah Kanker Payudara?

Ketahui manfaat buah nanas untuk wanita

Ini Manfaat Buah Nanas untuk Wanita, Bisa Cegah Kanker Payudara?

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Buah nanas yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus adalah buah tropis yang terkenal dengan rasa manis dan asamnya yang khas. Selain sebagai buah yang lezat, nanas memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu:

  1. Vitamin C: Buah nanas kaya akan vitamin C, yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu penyerapan zat besi, dan menjaga kesehatan kulit.
  2. Bromelain: Ini adalah enzim yang unik dalam buah nanas. Bromelain dapat membantu memecah protein dalam tubuh, meningkatkan pencernaan, dan mengurangi peradangan.
  3. Mangan: Buah nanas mengandung mangan, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzimatik yang tepat dalam tubuh. Mangan juga penting untuk perkembangan tulang dan produksi kolagen.
  4. Serat: Nanas mengandung serat, yang membantu menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan pergerakan usus, dan mencegah sembelit.

Merujuk pada Healthline, dari kandungan yang terdapat pada nanas tersebut memberikan manfaat tersendiri untuk para wanita. Berikut adalah penjelasannya.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat buah nanas untuk wanita
ilustrasi manusia (pixabay.com/silviarita)

Buah nanas memang kaya akan vitamin C, yang merupakan nutrisi penting bagi sistem kekebalan tubuh manusia. Vitamin C berperan dalam meningkatkan produksi dan aktivitas sel-sel kekebalan tubuh, sehingga membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit.

Wanita memiliki beberapa faktor yang membuat mereka cenderung lebih rentan terhadap infeksi tertentu, seperti infeksi saluran kemih dan infeksi ragi. Infeksi saluran kemih sering terjadi pada wanita karena anatomi mereka, di mana uretra (saluran yang menghubungkan kandung kemih dengan luar tubuh) lebih pendek dan lebih dekat dengan anus. Ini memungkinkan bakteri lebih mudah naik ke saluran kemih dan menyebabkan infeksi.

Sedangkan infeksi ragi, seperti infeksi vagina yang disebabkan oleh jamur Candida albicans, juga dapat lebih umum terjadi pada wanita karena perubahan hormon, kehamilan, atau penggunaan antibiotik. Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui asupan vitamin C yang cukup, wanita dapat membantu melindungi diri dari infeksi ini.

2. Nanas jaga kesehatan kulit

Manfaat buah nanas untuk wanita
ilustrasi kulit perempuan (pixabay.com/thisismyurl)

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam nanas berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Vitamin C memiliki peran kunci dalam produksi kolagen, protein yang memberikan struktur dan kekuatan pada kulit. Kolagen membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan dan garis-garis halus, yang merupakan tanda-tanda penuaan. Dengan meningkatkan produksi kolagen, vitamin C dapat membantu menjaga kulit tetap kencang, lembut, dan tampak lebih muda.

Selain itu, nanas mengandung antioksidan lain seperti beta-karoten dan flavonoid. Antioksidan bertindak sebagai pertahanan terhadap kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan sel.

Radikal bebas dapat dihasilkan dari paparan sinar matahari, polusi lingkungan, dan stres. Dengan melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, antioksidan dalam nanas membantu menjaga kulit sehat, mencegah kerutan, dan memberikan perlindungan terhadap penyakit kulit seperti kanker kulit.

Selain dikonsumsi secara langsung, nanas juga dapat digunakan sebagai bahan alami dalam perawatan kulit. Misalnya, jus nanas segar dapat digunakan sebagai toner wajah untuk memberikan kelembapan dan menyegarkan kulit. Enzim bromelain dalam nanas juga dapat digunakan sebagai eksfolian alami, membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

Namun, perlu diingat bahwa manfaat nanas bagi kesehatan kulit ini akan lebih efektif ketika dikombinasikan dengan gaya hidup sehat secara umum. Mulai dari menjaga pola makan seimbang, merawat kebersihan kulit, hingga penggunaan tabir surya dan pelembap.

Penting juga untuk menyadari bahwa setiap individu memiliki jenis kulit yang berbeda dan mungkin memiliki sensitivitas atau alergi terhadap bahan tertentu. Jika kamu memiliki masalah kulit tertentu atau ingin mencoba produk perawatan kulit yang mengandung nanas, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk saran yang lebih spesifik.

Baca Juga: ​5 Resep Aneka Sayur Bening Sehat, Enak, dan Praktis

3. Dapat bantu rawat pencernaan

Manfaat buah nanas untuk wanita
ilustrasi buah nanas (pixabay.com/senjakelabu)

Enzim bromelain yang terdapat dalam nanas memang dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan pencernaan. Bromelain adalah sejenis enzim proteinase yang membantu memecah protein dalam makanan. Enzim ini dapat membantu mempercepat proses pencernaan protein dalam saluran pencernaan manusia.

Dengan meningkatkan pencernaan, bromelain dalam nanas dapat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti gas, kembung, atau perut terasa penuh. Ini bisa menjadi manfaat yang berguna bagi wanita yang mungkin mengalami masalah pencernaan yang lebih umum selama siklus menstruasi atau menopause.

Selama siklus menstruasi, perubahan hormonal dapat mempengaruhi sistem pencernaan wanita. Beberapa wanita mungkin mengalami gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, atau kembung. Konsumsi nanas atau suplemen bromelain dapat membantu meredakan gejala ini dengan meningkatkan proses pencernaan, mengurangi peradangan, dan meningkatkan penyerapan nutrisi.

Sedangkan ketika memasuki menopause, perubahan hormonal juga dapat memengaruhi fungsi saluran pencernaan. Beberapa wanita dapat mengalami peningkatan masalah pencernaan seperti lambung kembung, kelebihan gas, atau sulit mencerna makanan tertentu. Bromelain dalam nanas dapat membantu meredakan gejala ini dengan meningkatkan efisiensi pencernaan protein dan mengurangi kelebihan gas yang dapat terbentuk dalam saluran pencernaan.

Namun, beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap enzim ini dan dapat mengalami efek samping seperti iritasi lambung atau alergi. Jadi, tetap konsultasikan dulu dengan dokter, ya.

4. Bantu cegah kanker payudara

Manfaat buah nanas untuk wanita
ilustrasi buah nanas (pixabay.com/Ylanite)

Nanas juga dapat berkontribusi dalam pencegahan kanker secara umum, termasuk kanker payudara, lho. Antioksidan yang terkandung dalam nanas membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat menyebabkan kerusakan pada DNA, yang merupakan salah satu faktor risiko perkembangan kanker.

5. Bantu kesehatan tulang, jauhkan dari osteoporosis

nanas untuk perlambat osteoporosis
ilustrasi sakit pinggang (freepik.com)

Penting untuk memahami bahwa osteoporosis adalah kondisi yang kompleks dan multifaktorial yang melibatkan berbagai faktor seperti genetika, tingkat hormon, asupan nutrisi, dan gaya hidup. kabar baiknya, beberapa nutrisi yang terkandung dalam nanas juga memiliki peran dalam menjaga kesehatan tulang.

Salah satunya yaitu mangan, mineral yang berkontribusi pada pembentukan tulang dan metabolisme tulang yang sehat. Mineral ini membantu memperkuat dan menjaga kepadatan tulang.

Meskipun nanas dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan tulang, penting untuk dicatat bahwa pencegahan osteoporosis melibatkan pendekatan yang komprehensif. Hal ini meliputi mengonsumsi diet yang kaya kalsium dan vitamin D hingga aktivitas fisik yang melibatkan beban pada tulang.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bagi pengidap gastroesophageal reflux (GERD) mungkin mengalami gejala mulas atau refluks yang memburuk karena keasaman nanas yang tinggi.

Bagi kamu yang memiliki alergi lateks,  mungkin lebih rentan terhadap reaksi alergi terhadap nanas karena protein serupa terdapat pada lateks dan nanas (suatu kondisi yang dikenal sebagai sindrom buah lateks).

Selain itu, melansir dari IDN Times, wanita pengidap kista ovarium dilarang untuk mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang banyak. Seimbangkan dengan pola makan sehat, meliputi berbagai jenis buah-buahan dan makanan lainnya untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

Baca Juga: 10 Macam Buah Penambah Darah untuk Mengatasi Anemia

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Lia_Ariani

Lia_Ariani

Cireng Nasi

Cireng Nasi

(5.0)

6 langkah

577

Artikel Lainnya di nutrisi