9 Manfaat Ikan Gindara yang Kaya akan Omega-3

Ikan ini disebut juga sebagai "white tuna"

9 Manfaat Ikan Gindara yang Kaya akan Omega-3

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Ikan gindara (Lepydocybium flavobrunneum) adalah ikan laut perairan dalam yang termasuk famili Gampulidae. Ikan gindara berwarna hitam keabu-abuan pada tubuhnya, dan akan menjadi lebih gelap seiring bertambah usia.

Ikan ini lebih dikenal dengan sebutan escolar, sablefish, hingga black cod. Teksturnya yang lembut dan cita rasa berlemak membuat gindara juga disebut sebagai "butterfish". Sehingga gindara menjadi komiditi unggulan untuk olahan daging ikan seperti sushi dan sashimi. 

Di balik rasanya yang membangkitkan nafsu makan, manfaat ikan gundara juga telah banyak didiskusikan. Selengkapnya baca di Yummy App berikut, yuk!

Informasi menarik tentang ikan gindara

potret ikan gindara
potret ikan gindara (flickr.com/Derek Bissonnette)

Ikan gindara hidup di dasar laut dan ditemukan di kedalaman lebih dari 1 mil di bawah permukaan laut. Meski penampakan fisik ikan gindara mirip ikan kod hitam, tapi keduanya tidak berkaitan. Alasan mengapa keduanya disebut bergantian adalah karena rasa yang dihasilkan ikan gindara menyerupai ikan kod.

Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi membuat ikan ini punya nutrisi seperti salmon dan trout. Dengan alasan yang sama, rasa gurih yang sangat kaya juga muncul berkat omega-3 tersebut. Istimewanya lagi, ikan gindara dianggap lebih ramah lingkungan karena bisa menjadi alternatif dari budidaya salmon yang eskploitatif. 

Menurut The Spruce Eats, ikan gindara memiliki tingkat merkuri sedang jadi aman dikonsumsi orang dewasa 4 porsi per minggu dan 2 porsi setiap pekan untuk anak-anak. Nah, biar semakin semangat mengonsumsi ikan penuh nutrisi ini, berikut fakta manfaat ikan gindara buat kesehatan.

1. Meningkatkan kecerdasan otak

Pemberian nutrisi pada otak merupakan hal penting terutama bagi ibu hamil dan anak-anak yang masih dalam usia pertumbuhan. Hal ini dimaksudkan agar seorang anak dapat memiliki tingkat kecerdasaan lebih baik ketika di sekolah. 

Ikan gindara merupakan jenis ikan yang banyak mengandung omega-3 sehingga baik dikonsumsi anak-anak atau bahkan orang tua yang berusia 50 tahun ke atas. 

Kandungan omega-3 yang tinggi ternyata berfungsi sebagai nutrisi penting untuk perkembangan otak, kecerdasan otak, dan juga menjaga agar kinerja otak berjala optimal. Semua manfaat ikan gindara itu bisa mendorong kemampuan berpikir secara maksimal.

Tidak hanya itu, kandungan zat besi sebesar 1,39 mg dalam 85 g ikan gindara matang juga menyumbang peran penting terhadap perkembangan otak. Manfaat zat besi ini dipaparkan dalam riset bertajuk Iron Deficiency and Brain Development, di mana itu membantu pasokan oksigen ke otak karena menggunakan 20 persen oksigen. 

Zat besi dikaitkan dengan fungsi otak dan kesehatannya. Melalui  mempromosikan tindakan kognitif dan pembentukan jalur saraf yang membantu mencegah penyakit Alzheimer dan demensia.

2. Mampu menurunkan kadar kolesterol

ilustrasi olahan ikan gindara
ilustrasi olahan ikan gindara (flickr.com/JF K)

Bagi seseorang yang punya kadar kolesterol tinggi, setiap makanan yang dikonsumsi perlu diperhatikan benar. Apalagi jika hidangan tersebut ternyata bisa meningkatkan kadar kolesterol, kamu sebaiknya waspada.

Dilansir Share Healthy, nutrisi dalam ikan gindara bisa melarutkan kolesterol dalam tubuh. Oleh sebab itu, jika dikonsumsi rutin dengan pengolahan yang tepat, maka secara perlahan itu mendukung penurunan kolesterol. 

Tentu hal ini jadi kabar menyenangkan bagi orang dengan kolesterol tinggi, karena itu bisa menjadi tindakan preventif untuk memiliki kadar kolesterol yang seimbang.

3. Mendorong sistem kekebalan tubuh

Bagian tubuh ikan gindara yang berguna untuk mendorong sistem kekebalan tubuh manusia terdapat pada minyak ikannya. Kandungan minyak ikan itu berperan penting dalam menstabilkan dan meningkatkan antibodi tubuh.

Jika daya tahan tubuh meningkat, kamu tidak akan mudah terserang penyakit dan terinfeksi. Sayangnya belum banyak yang tahu manfaat ikan gindara, padahal mengonsumsinya secara rutin bisa menjaga kesehatan. 

Temuan protein sebesar 14,6 g dari 85 g ikan gindara matang juga mendukung kesehatan kekebalan tubuh. Antibodi menghilangkan dan menonaktifkan unsur asing seperti antigen, jadi kamu bisa selalu sehat.

4. Mencegah penyakit jantung

ilustrasi olahan ikan gindara
ilustrasi olahan ikan gindara (flickr.com/scout.magazine)

Tahukah kamu kalau penyakit jantung bisa disebabkan oleh kolesterol jahat yang bersarang di pembuluh darah? Penyakit jantung juga dapat diakibatkan peningkatan tekanan darah karena terlalu banyak beban pikiran.

Nah, untuk mencegah risiko itu kamu bisa mengonsumsi ikan gindara yang mengandung banyak omega-9. Kandungan nutrisi itu sangat penting untuk meningkatkan kesehatan jantung, sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, asam lemak omega-9 juga berperan aktif menjadi kolesterol baik yang mengurangi kolesterol jahat yang menumpuk di pembuluh darah. Dampaknya sistem peredaran darah jadi lancar dan penyumbatan berkurang. 

Baca Juga: 6 Cara Pengawetan Ikan yang Tepat agar Tetap Segar saat Dikonsumsi

5. Mencegah terjadinya strok

Selain bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, ternyat ikan gindara juga bisa mencegah penyakit stroke. Penyakit yang menyerang sistem saraf ini diawali dengan penyumbatan dan penumpukan kolesterol jahat pada aliran darah. 

Kandungan asam lemak omega-9 pada ikan gindara berfungsi menjaga agar sistem pembuluh darah tetap lancar, terutama di bagian yang menuju otak. Sehingga dengan mengonsumsi ikan gindara dipercaya bisa membuat tubuh akan jauh lebih sehat.

6. Menyembuhkan demam berdarah

ilustrasi olahan ikan gindara
ilustrasi olahan ikan gindara (flickr.com/Jaime Walker)

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aygepti. Pada musim penghujan populasi nyamuk akan tumbuh signifikan karena muncul banyak genangan air yang digunakan untuk perkembangbiakan nyamuk.

Ikan gindara memiliki kandungan vitamin B12 yang dapat menyembuhkan demam berdarah secara perlahan. Vitamin B12 sangat penting untuk memelihara sel-sel dalam tubuh. Seperti melakukan fungsi perbaikan, pembentukan dan pemeliharaan sel darah merah.

Dengan nutrisi itu, ikan gindara mampu meningkatkan jumlah trombosit darah pada tubuh manusia. Jadi, jika kamu terkena demam berdarah, segera konsumsi ikan gindara, ya. Ini bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan demam berdarah.

7. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Osteoporosis dan radang sendi adalah dua gangguan umum yang memengarui sistem kerangka manusia. Penelitian tahun 2020 dalam Journal of Food Biochemistry menunjukkan bahwa omega-3 bisa meningkatkan kekuatan tulang dengan mendorong jumlah kalsium di tulang. 

Menariknya, omega-3 juga dinilai dapat mengobati radang sendi berdasarkan temuan penelitian tahun 2021 yang bertajuk "Effect of Omega-3 on Painful Symptoms of Patients with Osteoarthritis of the Synovial Joints: Systematic Review and Meta-Analysis". Temuan itu mengungkap kalau konsumsi omega-3 mampu mengurangi rasa sakit secara signifikan pada penderita osteoartritis sendi sinovial.

Selain omega-3, kandungan fosfor dalam ikan gindara juga sangat penting untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Fosfor mempromosikan kesehatan enamel (lapisan luar) gigi dan gusi. Fosfor juga  turut mendukung kondisi osteoporosis, sehingga ini memastikan kesehatan struktur kerangka secara keseluruhan.

8. Menambah kesehatan mata

potret olahan ikan gindara
potret olahan ikan gindara (flickr.com/Kitaohji Bangkok)

DHA (Docosahexaenoic Acid) adalah asam sejenis omega-3 yang menjadi komponen struktural utama retina. Kalau kamu tidak mendapatkan cukup DHA, masalah penglihatan bisa muncul kapan saja. 

Untungnya, memenuhi omega-3 telah dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula, salah satu penyebab utama kerusakan mata permanen dan kebutaan di seluruh dunia. 

Vitamin A yang cukup tinggi dalam ikan gindara juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan penglihatan. Ini bisa mencegah mata kering dan mencegah rabun senja. Mengonsumsi ikan gindara bisa mengoptimalkan kesehatan retina dan mata secara menyeluruh.

9. Mengurangi stres dan kecemasan

Tidak hanya DHA, ikan gindara juga sarat akan asam pantotenat atau eicosapentaenoic acid (EPA). Asam lemak omega-3 tersebut bisa membantu menurunkan stres dan masalah mental seperti kecemasan serta depresi. 

Ikan gindara bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran pikiran melalui stabilisasi hormon yang menyebabkan masalah mental di atas. Hal ini dibuktikan dalam riset tahun 2019 yang dimuat jurnal Translational Psychiatry, di mana konsumsi suplemen omega-3 bisa memperbaiki gejala cemas dan depresi.

Temuan itu diperkuat dengan hasil studi tahun 2021 dalam jurnal Nutrition Research and Practice, yang mengungkap kalau orang yang mengonsumsi omega-3 secara teratur cenderung tidak mengalami depresi. Jadi, tidak perlu ragu dengan manfaat ikan gindara ini.

Dengan profil nutrisi yang sarat akan omega-3, vitamin, mineral dan kalsium, ikan gindara adalah pilihan terbaik untuk dikonsumsi. Manfaat ikan gindara mencakup untuk meningkatkan kesehatan mata, tulang, otak, hingga mencegah penyakit jantung. Jika tertarik dengan manfaat tersebut, kamu mungkin perlu memasukkan ikan gindara di daftar belanjaan!

Baca Juga: ​15 Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan Tubuh dan Kandungan Gizinya

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Heny Rosita

Heny Rosita

Ikan Asin Pari Tumis Asam

Ikan Asin Pari Tumis Asam

(5.0)

7 langkah

345

Artikel Lainnya di nutrisi