​15 Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan Tubuh dan Kandungan Gizinya

​Ikan laut yang penuh nutrisi esensial!

​15 Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan Tubuh dan Kandungan Gizinya

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Ikan salmon adalah makanan yang sangat sehat di dunia. Kandungan gizi yang ada pada ikan salmon mampu menghasilkan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. 

Manfaat ikan salmon liar bahkan lebih banyak dibandingkan ikan salmon yang dibudidayakan. Hal ini disebabkan ikan salmon liar mengandung gizi lebih banyak karena memakan makanan alami seperti ikan kecil, crustacea, dan lainnya. Berbeda dengan ikan salmon budidaya yang kebanyakan diberi makanan yang berbentuk pelet. 

Supaya kamu lebih familiar dengan manfaat ikan salmon, berikut ini Yummy App merangkum kandungan gizi dan manfaat ikan salmon.

Kandungan gizi ikan salmon

Potongan ikan salmon segar yang sedang dikuliti
ilustrasi ikan salmon yang sedang dikuliti (pexels.com/ivansamkov)

Kandungan gizi pada ikan salmon bisa bermanfaat untuk otak hingga kulit manusia.

Salmon adalah ikan laut yang populer karena kaya akan nutrisi esensial. Beberapa kandungan gizi yang terdapat pada salmon adalah omega-3, omega-6, vitamin A, vitamin B (mulai dari B1 hingga B12), vitamin D, protein, fosfor, kalium, zat besi, selenium, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, salmon mampu menutupi sebagian besar kekurangan mineral dan vitamin dalam tubuh kita. 

Baca Juga: 6 Cara Pengawetan Ikan yang Tepat agar Tetap Segar saat Dikonsumsi

Manfaat ikan salmon bagi kesehatan

Potongan daging ikan salmon segar
ilustrasi daging ikan salmon (pexels.com/rodnaeproductions)

Kandungan nutrisi esensial pada salmon dapat membantu menjaga kesehatan setiap organ tubuh manusia lho. Berikut ini manfaat ikan salmon bagi kesehatan yang harus kamu ketahui!

1. Memperbaiki jaringan yang rusak

Salmon adalah sumber protein yang baik. Tubuh kita membutuhkan protein sebagai bahan penyusun tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah. 

Protein membantu tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan setelah cedera, melindungi kesehatan dan kepadatan tulang, mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan, dan mempertahankan tingkat metabolisme.

2. Menjaga kesehatan otak

Kandungan DHA yang tinggi bekerja sama dengan vitamin A, vitamin D, dan selenium pada salmon bermanfaat untuk meningkatkan dan memperbaiki fungsi otak. Kandungan ini juga sangat bagus dikonsumsi selama kehamilan untuk membantu perkembangan otak janin. 

Selain itu, kandungan omega-3 pada salmon sering digunakan sebagai suplemen yang dapat mengobati gangguan psikologis seperti alzheimer dan parkinson

3. Membantu melawan peradangan sendi

Lemak omega-3 dalam salmon membantu mengurangi berbagai kondisi peradangan sendi termasuk osteoarthritis. Salmon memiliki protein kecil bernama peptida bioaktif yang disebut kalsitonin, kandungan ini yang membantu menstabilkan kolagen pada kartilago osteoarthritis (tulang rawan). 

4. Membantu kecerdasan kognitif anak

Salmon terkenal karena manfaatnya yang baik untuk pertumbuhan otak janin selama masa kehamilan. Bukan hanya itu, salmon juga mampu membantu keterampilan kognitif dan kemampuan belajar pada anak. Makanya, sangat baik jika si Kecil diberikan menu olahan salmon sedini mungkin untuk meningkatkan kinerja akademiknya. 

5. Meningkatkan kesehatan mata

Salmon yang kaya akan omega-3 dan vitamin A ini bisa menjadi sumber makanan yang luar biasa untuk kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi salmon secara teratur dapat membantu menyembuhkan sindrom mata kering dan gejala age-related macular degeneration (AMD). 

6. Menjaga kesehatan kulit

Asam lemak dan vitamin A pada salmon dapat meningkatkan kualitas kesehatan kulit. Kandungan asam lemak omega-3 bekerja sama dengan antioksidan karotenoid astaxanthin dalam salmon untuk mengurangi kerusakan kulit akibat terpapar radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini.

7. Membantu fungsi tiroid

Seporsi salmon dapat memberikan kandungan selenium dalam jumlah yang cukup banyak untuk tubuh. Salah satu fungsi utama kandungan selenium ini adalah untuk mempertahankan fungsi tiroid pada tubuh bekerja dengan tepat. 

8. Membantu proses penyembuhan kanker

Secara medis, asam lemak omega-3 terbukti memiliki efek mendalam pada sel kanker dan membunuh tumor. Jenis kanker seperti kanker kulit, kanker prostat, kanker kolorektal, kanker hati, kanker kulit akibat UVB, dan tumor otak dapat diobati dan dicegah dengan mengkonsumsi makanan atau suplemen asam lemak omega-3.

9. Membantu proses penurunan berat badan

Makanan sehat ini bisa dimasukan ke dalam menu diet kamu karena kaya akan protein dan rendah kalori. Selain itu, kandungan gizi lainnya pada ikan salmon dapat memenuhi kebutuhan harian saat diet, terutama vitamin dan mineral.

10. Membantu tubuh beristirahat

Asam amino pada salmon yang disebut juga tryptophan adalah kandungan esensial yang hanya bisa didapatkan dari makanan saja. Kandungan tryptophan ini dapat membantu tubuh mendapatkan melatonin dan serotonin yang berfungsi untuk mengatur mood dan siklus tidur. 

11. Meningkatkan imun tubuh

Salmon merupakan sumber vitamin D yang baik. Kandungan vitamin D dalam salmon ini dapat membantu penyerapan kalsium dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

12. Mendukung fungsi sel

Salmon merupakan sumber zat besi yang baik untuk tubuh. Zat besi sendiri dapat membantu mentransfer oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan dan dapat membantu menstabilisasi metabolisme otot. 

13. Mengurangi risiko penyakit jantung

Mengkonsumsi salmon secara teratur dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Hal ini dikarenakan lemak omega-3 yang terkandung dalam salmon. Ketidak seimbangan antara kandungan omega-3 dan omega-6 pada tubuh dapat menyebabkan resiko terkena penyakit jantung meningkat. 

14. Meningkatkan kesehatan mental

Selain bisa menjaga kesehatan otak, salmon juga dianggap dapat meningkatkan kesehatan mental. Kandungan omega-3 pada salmon dapat memperbaiki suasana hati, menurunkan tingkat depresi dan tingkat kecemasan, terutama untuk wanita. 

15. Menjaga kesehatan rambut

Ikan berlemak seperti salmon, harring, hingga makarel sangat bermanfaat untuk menambahkan nutrisi pada rambut kamu. Kandungan omega-3  pada salmon dapat membantu pertumbuhan rambut.

Banyak sekali, kan, manfaat ikan salmon yang harus kamu ketahui? Makan ikan salmon setidaknya 3,5 ons dua kali seminggu agar kamu dapat merasakan manfaatnya. Semoga membantu, Sobat Yummy!

Baca Juga: 6 Cara Pengawetan Ikan yang Tepat agar Tetap Segar saat Dikonsumsi

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Atik Haryono

Atik Haryono

Salmon Saos Tiram

Salmon Saos Tiram

(5.0)

5 langkah

2.8 rb

Artikel Lainnya di nutrisi