10 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh

Simak berbagai manfaat ikan lele untuk tubuh

10 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Ikan lele sudah lama dikenal sebagai sumber protein hewani yang lezat dan mudah didapat. Lele atau ikan keli merupakan ikan air tawar dengan tubuh yang licin, agak pipih memanjang, dan mempunyai dua kumis yang mencuat di sekitar mulut.

Apakah Sobat Yummy mengetahui kalau ikan lele juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh? Dilansir situs nilaigizi, berikut informasi kandungan di dalam 100 gram ikan lele:

  • 92 kkal Energi
  • 2.82 gram Lemak total
  • 70 mcg Vitamin A
  • 0 gram Karbohidrat total
  • 16.20 gram Protein
  • 0 gram Serat pangan
  • 14 mg Kalsium
  • 42 mg Natrium
  • 0.25 mg Besi.

Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenaimanfaat ikan lele bagi kesehatan tubuh, yuk simak rangkuman Yummy App di bawah!

Baca Juga: 10 Resep Ikan Bakar Enak dan Mudah Dibuat

1. Membantu menurunkan kolesterol

cek kolesterol
ilustrasi cek kolesterol (pexels.com/thirdman)

Ikan lele mengandung asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, ikan lele juga merupakan sumber protein rendah lemak, yang cocok bagi Sobat Yummy yang ingin kadar kolesterolnya tetap terjaga.

2. Mengatasi peradangan dalam tubuh

Manfaat ikan lele selanjutnya adalah anti-inflamasi atau dapat mengurangi peradangan dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh pereaksi protein yang tinggi dan kandungan omega-3 yang berfungsi sebagai anti-inflamasi alami.

3. Menjadi sumber protein yang baik

Ikan lele merupakan sumber protein yang baik dan lengkap. Protein ini penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta memproduksi enzim dan hormon.

4. Menjaga kesehatan saraf

Ikan lele kaya akan vitamin B12 dan B6 yang penting untuk menjaga kesehatan saraf. Keduanya mampu membantu menjaga keseimbangan sel saraf dan mencegah kerusakan saraf.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Ilustrasi pengecekan jantung
Ilustrasi pengecekan jantung (istockphoto.com/KSChong)

Manfaat ikan lele juga mencakup pekerjaan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Omega-3 dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan risiko penyakit jantung.

6. Mengoptimalkan kesehatan otak

Omega-3, yaitu salah satu komponen penting ikan lele, adalah nutrisi penting yang sangat diperlukan oleh otak. Omega-3, terutama DHA, memiliki peran penting dalam pengembangan dan fungsi otak.

Ikan lele juga mengandung eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA), kedua asam lemak tersebut baik untuk menjaga kesehatan otak. 

7. Menurunkan risiko anemia

Ikan lele kaya akan vitamin B12, salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk memproduksi sel darah merah serta mencegah anemia. Dengan mengonsumsi ikan lele, Sobat Yummy akan memenuhi kebutuhan harian akan vitamin B12.

8. Menjaga kesehatan otot

membangun otot kuat
ilustrasi otot (pexels.com/samer daboul)

Ikan lele merupakan sumber protein yang sangat baik. Protein sendiri sangat penting untuk pertumbuhan dan pemulihan otot, sehingga menjadikan ikan lele makanan ideal setelah olahraga atau aktivitas fisik.

9. Menjadi alternatif asupan ikan yang rendah kalori

Ikan air tawar satu ini mengandung kalori dan kandungan lemak yang rendah. Oleh karenanya, ikan lele dapat menjadi salah satu pilihan makanan yang bagus untuk Sobat Yummy yang sedang diet rendah kalori.

10. Meningkatkan produksi sel darah merah

Kandungan zat besi dalam ikan lele juga bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Mineral ini sangat penting untuk pembentukan hemoglobin yang nantinya bertugas untuk mengikat oksigen di dalam darah. Oleh karena itu, zat besi yang ada dalam ikan lele membantu dalam produksi sel darah merah, yang tentunya akan mencegah anemia defisiensi besi.

Baca Juga: 10 Manfaat Ikan Marlin yang Harus Kamu Ketahui

Dengan segala manfaat ikan lele yang telah dibahas, tidak ada alasan lagi untuk tidak memasukkan ikan ini dalam menu harian Sobat Yummy. Nah, jika Sobat Yummy ingin mengetahui lebih banyak lagi, yuk, unduh Yummy App dan temukan beragam informasi terkait.

Penulis: Bella Charina Putri

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Hayati MS

Hayati MS

Mangut Lele Pedas

Mangut Lele Pedas

(5.0)

45 mnt

1.7 rb

Artikel Lainnya di nutrisi