9 Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan

Temukan keunikan dan manfaat luar biasa dari jus buah naga!

9 Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Buah berwarna merah cerah ini seringkali dijumpai pada hidangan tropis. Selain rasanya yang menarik, buah naga memiliki kekayaan nutrisi yang luar biasa.

Buah naga kaya akan vitamin C, B1, B2, dan B3. Selain itu, buah ini juga mengandung zat besi, kalsium, serat, dan fosfor. Tak ketinggalan, buah naga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, yang bisa membantu tubuh memerangi radikal bebas.

Nah, pada artikel ini, kita akan membahas kandungan gizi dan manfaat jus buah naga buat kesehatan tubuhmu. Yuk, simak sampai habis!

1. Menjaga daya tahan tubuh

Memanjakan diri dengan segelas jus buah naga bisa menjadi rahasia di balik peningkatan daya tahan tubuh, lho, Sobat Yummy. Ini karena buah naga dibekali kandungan vitamin C dan karotenoid yang berperan penting dalam menguatkan sistem kekebalan.

Selain itu, senyawa antioksidan dalam buah naga juga bantu melindungi sel darah putih dari kerusakan akibat radikal bebas. Menjaga sel darah putih tetap efektif dalam menangkal zat berbahaya.

Untuk meningkatkan kualitas nutrisi, Sobat Yummy dapat mencampurnya dengan buah lain seperti mangga, jeruk, apel, pepaya, kiwi, pisang, atau bahkan yoghurt rendah lemak.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Jus buah naga merupakan minuman super yang dapat melancarkan proses pencernaan. Kaya akan serat alami dan dilengkapi kandungan air yang cukup, manfaat jus buah naga membantu memastikan tinja memiliki tekstur ideal dan mudah dikeluarkan.

Lebih lanjut, minuman ajaib ini juga diperkaya dengan prebiotik, yang berperan vital dalam memelihara keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Dengan serat yang melimpah, jus buah naga menghindarkan kamu dari risiko sembelit dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

3. Meningkatkan fungsi otak

buah naga untuk menurunkan darah tinggi
ilustrasi buah naga (pexels.com/anylane)

Buah naga merah juga kaya akan manfaat untuk otak kita, lho. Buah eksotis ini mengandung vitamin B dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan otak dan memperbaiki fungsi kognitif.

Tak hanya itu, kandungan magnesium dalam jus buah naga punya peran krusial dalam mengurangi stres dan mengoptimalkan fungsi otak. Konsumsi jus buah naga merah secara teratur dapat memperkuat daya ingat dan meningkatkan kemampuan belajar.

Jadi, memasukkan jus buah naga merah ke dalam menu harian adalah strategi cerdas untuk mendukung kinerja otak dan mencegah risiko degenerasi saraf.

Baca Juga: 10 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah, Vitamin Otak hingga Antikanker!

4. Menjaga kesehatan jantung

Kaya akan magnesium, jus buah naga tidak hanya lezat, tapi juga bisa bantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, lho. Pigmen cerah seperti beta-karoten dan likopen dalam buah naga turut memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung Sobat Yummy agar tetap sehat.

Mengandung serat, kalium, dan lemak sehat termasuk omega-3 dan omega-6, jus buah naga bekerja keras untuk mengontrol kolesterol jahat dan menjaga pembuluh darah Sobat Yummy agar tidak menyempit.

Dengan setiap tegukan jus buah naga, Sobat Yummy tidak hanya menikmati kesegaran alami. Tapi juga mendukung kesehatan jantung dengan cara yang menyenangkan dan mudah.

6. Mencegah penyakit kronis

Radikal bebas yang tidak stabil ini dapat merusak sel dan menimbulkan berbagai penyakit. Namun, dengan antioksidan dan vitamin C yang ada di dalam buah naga, Sobat Yummy bisa menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan menghindari peradangan yang bisa berujung pada penyakit kronis.

Penelitian berjudul The oxidative stress theory of disease: levels of evidence and epistemological aspects mengungkapkan bahwa diet kaya antioksidan, seperti yang terdapat dalam buah naga, dapat menjadi benteng pertahanan tubuh dalam menghadapi diabetes, penyakit jantung, radang sendi, bahkan kanker.

7. Mencegah dehidrasi

ilustrasi buah naga
ilustrasi buah naga (freepik.com/wirestock)

Jus buah naga kaya akan kandungan air dan elektrolit, menjadikannya pilihan yang sempurna dalam memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Dengan mengonsumsinya, Sobat Yummy dapat menikmati cara yang lezat dan menyegarkan untuk menjaga keseimbangan hidrasi tubuh.

Baca Juga: ​15 Makanan Mengandung Kalsium Tinggi, Baik untuk Tulang

8. Mencegah penuaan dini

Manfaat jus buah naga selanjutnya yaitu dapat membantu mencegah penuaan dini. Ini berkat antioksidan dalam buah naga yang bekerja dengan menghambat enzim yang bisa merusak kolagen dan asam hialuronat, komponen vital untuk menjaga kekenyalan dan kelembapan kulit.

Ditambah lagi, kandungan vitamin C dan vitamin B yang tinggi dalam buah naga berperan aktif dalam memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Tidak heran jika jus buah naga menyimpan rahasia kesehatan yang luar biasa untuk kecantikan kulitmu.

9. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah naga juga kaya akan mineral penting seperti magnesium, kalsium, dan fosfor yang berperan vital dalam memelihara kekuatan dan kesehatan tulang.

Studi dalam Food Revolution Network mengungkap, satu cangkir buah naga potong bisa memberi sekitar 80 mg magnesium. Jumlah ini mencakup 22% dari kebutuhan magnesium harian yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan, yaitu sebesar 360 mg.

Kandungan nutrisi tersebut menjadikan buah naga pilihan cerdas bagi Sobat Yummy yang berusaha mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jus buah naga tidak hanya menyegarkan dan mudah didapat, tapi juga menyimpan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi rutin jus buah naga, kamu sudah membantu merawat kesehatan jantung, kulit, memenuhi cairan dalam tubuh, hingga mencegah penyakit kronis.

Jadi, jangan ragu lagi untuk memasukkan jus buah naga ke dalam menu sehari-hari kamu, ya.

Jika kamu ingin menemukan fakta menarik tentang makanan dan minuman, resep, nutrisi, maupun rekomendasi kuliner lainnya. Kamu bisa download Yummy App! Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Rinka Loumitha

Rinka Loumitha

Chocolate Dragon Fruit Smoothie

Chocolate Dragon Fruit Smoothie

(5.0)

6 langkah

154

Artikel Lainnya di nutrisi